Berita Nasional Terpercaya

Pembayaran Digital Terus Dikenalkan ke Pedagang Pasar Kota Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID– Metode penerimaan pembayaran barang belanjaan secara digital terus dikenalkan ke pedagang pasar rakyat di Kota Yogyakarta. Salah satunya di Pasar Beringharjo yang juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Yogyakarta.

Di Pasar Beringharjo Yogyakarta, pedagang bahkan menerima berbagai aplikasi pembayaran digital yang sudah dikenal luas oleh masyarakat sehingga konsumen cukup memilih aplikasi pembayaran yang akan digunakan.

?Harapannya, Pasar Beringharjo ini sebagai pemantik yang nantidiikuti pedagang di pasar rakyat lain,? kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono, Minggu (16/8/2020).

Pedagang di Pasar Beringharjo yang sudah menerapkan penerimaan pembayaran secara digital tersebut tidak hanya di pedagang fesyen tetapi juga pedagang kuliner yang berada di depan pasar.

Konsumen cukup memindai QR Code yang sudah disiapkan di tiap kios atau lapak. ?Proses pembayarannya sama seperti saat membayar belanja makanan di restoran atau toko besar lain,? katanya.

Walau demikian, Yunianto menyebut, pedagang di pasar rakyat masih membutuhkan sosialisasi yang intensif mengenai metode pembayaran secara digital tersebut, termasuk keuntungan yang bisa diperoleh.

?Kendalanya lebih pada penguasaan dan pemahaman teknologi serta metode pembayaran digital. Namun jika disosialisasikan lebih intensif, maka pedagang pun akan memahami bahwa mereka bisa memperoleh manfaat yang lebih luas,? katanya.

Sebelumnya, lanjut dia, pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta juga sudah dikenalkan dengan teknologi pembayaran retribusi secara digital. Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan aplikasi ojek online melalui menu Gobills yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Di Pasar Beringharjo yang menjadi pasar terbesar di Kota Yogyakarta terdapat sekitar 7.000 pedagang dengan rata-rata nilai transaksi mencapai Rp4 miliar hingga Rp5 miliar per hari pada kondisi normal.

?Untuk saat ini, tentu ada penurunan nilai transaksi tetapi kondisi pasar sudah berangsur-angsur pulih, khususnya di pedagang bahan kebutuhan pokok,? katanya. (den)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.