Numbuk Satuan dan Rencana Pernikahan Suryanti

Penulis : Heru Sang Amurwabumi
Editor : Sabila J. Firda
23 Agustus 2020

Ilustrasi dari pixabay


Bernas.id - Jerit Mak Wariyem di pagi buta membuat Desa Kedung Pingit gempar. Perempuan paruh baya yang hendak menengok ladang jagung itu berteriak histeris seperti orang kesurupan, sambil menunjuk ke arah embung1 yang ada di seberang hamparan ladang penduduk. Pecahlah keheningan desa yang masih pulas, ketika para lelaki masih bergumul dengan kotoran sapi-sapi di kandang, dan perempuan-perempuan masih disibukkan urusan dapur.

“Ada mayat perempuan! Ada mayat perempuan!”

“Di mana? Di mana?”

“Ia mengapung di embung!” jawab Mak Wariyem dengan tubuh menggigil.

Pagi itu, Kedung Pingit yang semula masih senyap, tiba-tiba menggeliat. Kabar yang dibawa Mak Wariyem mengundang rasa penasaran. Orang-orang sontak tumpah di depan rumah, lalu berbondong-bondong menuju embung.

Sesosok mayat tampak mengambang di sana. Rambut panjang perempun nahas itu terjurai di permukaan air, sedikit menutupi perutnya yang mulai menggelembung.

Melihat kejadian mengenaskan itu, rasa keingintahuan orang-orang yang memadati bibir embung berubah menjadi ketakutan. Satu per satu mereka mundur. Suara-suara gaduh pelan-pelan mulai menjauh. Beberapa laki-laki yang bernyali besar menceburkan diri ke embung, berenang menggapai mayat yang mengapung, lalu mendorongnya ke tepian.

***

Begitu sulitnya menjadi bapak bagi anak gadis yang menginjak usia matang untuk menikah. Di Kedung Pingit—sebuah desa di kaki Gunung Pandan, seorang bapak dituntut harus taat kepada aturan adat, paham neptu—hitungan nilai hari kelahiran, sehingga ketika anak mereka memilih pasangan hidup, ia bisa memutuskan apakah neptu anak dan calon menantunya bertabrakan dengan angka tertentu yang menjadi pantangan leluhur mereka atau tidak.

Jika pantangan itu tercipta dari neptu anak yang sudah terlanjur menjalin hubungan dekat dengan lawan jenis, tentu jauh lebih menyulitkan lagi bagi seorang bapak.

Kesulitan itulah yang dialami Pakde Kastardji, ketika anak perempuan semata wayangnya, Suryanti, mengaku bahwa ada seorang laki-laki muda yang berniat meminangnya. Laki-laki yang sebenarnya bukan sosok asing di mata mereka.

Anggoro adalah laki-laki muda yang semasa ingusan pernah dekat dengan keluarga Pakde Kastardji. Tepatnya setelah ibunya yang seorang janda meninggal akibat penyakit menahun. Anggoro masih duduk di bangku SD ketika itu. Kematian ibunya memaksa Anggoro hidup berdamai dengan kemiskinan bersama neneknya. Sementara tidak ada yang tahu, ke mana ayah dari bocah malang itu pergi.

Bertahun-tahun Anggoro menjadi pencari rumput bagi sapi-sapi piaraan Mbah Soma, bapak dari Pakde Kastardji. Sebagai imbalannya, ia diberi makan dan uang. Meski tak banyak, tapi bisa untuk menutup biaya sekolahnya. Itu sebabnya antara Suryanti dan Anggoro sudah saling mengenal sejak kecil.

Usia yang terpaut hampir tiga tahun, menyebabkan Anggoro lebih dulu menyelesaikan sekolah, lalu pergi meninggalkan tanah kelahirannya. Ia merantau ke ibu kota provinsi. Sementara Suryanti tetap tinggal di Kedung Pingit.

Tujuh tahun merantau, Anggoro pulang kembali ke desanya, lalu diterima bekerja sebagai mandor alas di kawasan hutan Perhutani Gunung Pandan. Pertemuan kembali setelah sekian lama berpisah, rupanya menumbuhkan benih cinta di antara dua anak yang sama-sama sudah menginjak dewasa itu.

“Jangan teruskan rencana pernikahan ini. Neptu kalian ketemu Numbuk Satuan2. Sama persis dengan perhitungan neptu aku dan simbokmu,” jelas Pakde Kasrtardji.

“Apa karena dia hanya seorang pencari rumput di rumah simbah, lantas bapak menolaknya?”

“Bukan! Ini soal adat Kedung Pingit!”

“Adat macam apa ini?” Suryanti menyanggah dengan sebuah pertanyaan.

“Kita harus mematuhi aturan adat. Mbah-mbah kita dulu selalu memegang teguh hitung-hitungan neptu. Bagaimanapun juga, Numbuk Satuan adalah pantangan. Berat konsukuensinya jika dilanggar.”

Pakde Kasrtardji menghentikan penjelasannya sesaat. Laki-laki yang sebagian besar rambutnya mulai dipenuhi uban itu menghela napas dalam-dalam. Sejenak kemudian, ia mengeluarkan sebuah lintingan rokok kretek. Dengan korek api bersumbu kapuk randu dan berbahan bakar minyak tanah, ia menyulut ujung rokok. Asap mengepul dari mulutnya.

“Hitungan neptu sudah tidak cocok kalau diterapkan di zaman sekarang, Pak,” sanggah Suryanti lagi.

“Sampai zaman apapun, adat Kedung Pingit tetap melarang Numbuk Satuan.”

“Masa aku harus menolak pinangan Anggoro yang seorang mandor hutan? Masa depannya cerah. Lagi pula, bapak sudah mengenal ia sejak lama. Orang tua macam bapak ini?” Suryanti mencoba meyakinkan bapaknya.

“Carilah laki-laki lain. Masih banyak mandor lajang di Kedung Pingit.”

“Tidak, Pak! Tekadku memilih Anggoro sudah bulat!” bentak Suryanti. Gadis itu beranjak dari tempat duduknya, lalu berdiri di depan bapaknya. Ia menatap tajam mata Pakde Kastardji, seolah sedang menantang. “Hitungan neptu adalah adat yang kejam. Tidakkah bapak sadar kalau tradisi kita telah merampas kebahagiaan anak cucu para leluhur desa ini?”

“Jangan kurang ajar!” seru Pakde Kastardji. Kali ini gigi-gigi gerahamnya mulai bergemeletuk. Urat lehernya terlihat menonjol keluar. Wajahnya memerah, tanda bahwa amarahnya mulai terpancing.

“Tak pantas kau menghina adat. Aku sudah membicarakan masalah ini dengan kakekmu. Ia sepaham denganku. Numbuk Satuan akan membawa kita celaka!” pungkas Pakde Kastardji. Lelaki paruh baya itu bergegas meninggalkan Suryanti yang masih berdiri di ruang tengah rumahnya dengan mulut terbungkam.

Akhir pembicaraan antara anak dengan bapak malam itu membekaskan luka serupa sayatan belati di hati Suryanti. Ia merasa hari-hari yang akan dilaluinya kian berat. Mimpinya telah dilampus oleh aturan adat.

Setelah terjadi adu mulut malam itu, Suryanti berubah menjadi murung. Dalam rongga kepalanya silih berganti berlintasan bayangan wajah Anggoro dan bapaknya. Kedua sosok lelaki itu menjelma badai kecamuk yang mengobrak-abrik pikirannya. Teringat kembali ucapan Anggoro ketika memintanya menjadi teman hidup, sekaligus menjadi ibu dari anak-anak mandor hutan itu kelak. Tetapi tak lama kemudian ganti kata-kata pedas bapaknya yang terngiang. Kata-kata tajam yang menjadi tiang pancang di kepalanya. Menikam janji semati yang ia ucapkan setelah melakukan perbuatan sedemikian jauh dengan Anggoro pada suatu siang di gubuk penjagaan hutan.

Suryanti tak sanggup membayangkan andai bapak dan kakeknya benar-benar menolak pinangan Anggoro. Ia tahu betul watak bapaknya sebagai putra tetua adat di Kedung Pingit, Mbah Soma. Neptu Numbuk Satuan benar-benar akan membuat bapaknya tidak peduli dengan penderitaan yang dialaminya.

Menurut adat Kedung Pingit, jika nilai hari kelahiran kedua calon pengantin terhitung Numbuk Satuan, pernikahan mereka termasuk salah satu jenis pantangan adat. Sangat terlarang untuk dilakukan. Konon, jika nekad menerjangnya, sepanjang kehidupan rumah tangga mereka akan dilanda musibah beruntun. Bahkan tak jarang berakhir pada kematian.

Bukan itu saja, pasangan pengantin yang berani melanggar tradisi turun-temurun itu, akan menjalani hukuman sosial. Mereka akan digunjingkan orang sedesa sebagai penista adat leluhur orang-orang Kedung Pingit.

Suryanti meratapi nasib dengan menangis sesenggukan di dalam bilik. Kuat sekali hitung-hitungan neptu membelenggu kebebasan pemikirannya. Kebebasan untuk memilih laki-laki sebagai pendamping hidup. Laki-laki yang sebenarnya telah membuat ia muntah-muntah pada suatu subuh. Laki-laki yang menjadikan perutnya kian membesar dua bulan ini.

Malam itu, kabut tebal yang turun dari Gunung Pandan menjadi selimut Desa Kedung Pingit. Tepat ketika cericit burung bence memecah keheningan malam, Suryanti mengendap-endap keluar dari rumah. Dalam kecamuk badai putus asa, ia berjalan menerobos kegelapan malam. Hingga mendekati bibir embung, ia berjalan lebih lambat sambil menghitung pijakan kakinya, selangkah demi selangkah. Gadis belia yang tengah mengkal itu merasa yakin, pada langkah kelima akan bertemu kematian.

***

Pakde Kastardji jatuh terduduk di halaman rumahnya, manakala datang tiga lelaki yang sedang menggotong sesosok tubuh basah kuyup. Semula ia abai dengan kegaduhan orang-orang oleh teriakan Mak Mariyem. Kini ia mulai menemukan kesadaran, mayat perempuan yang dikabarkan mengapung di tengah embung tak lain adalah anaknya sendiri.

Beberapa kerabat berusaha membesarkan hatinya. Tetangga-tetangga juga langsung sigap menyiapkan berbagai keperluan pemakaman. Sebagian laki-laki ada yang langsung berangkat ke pekuburan dengan membawa cangkul. Sebagian lagi membantu di rumah duka.

Tepat ketika para kerabat menyandarkan sebuah kembang mayang3—sebab yang meninggal berstatus belum menikah—di samping jasad Suryanti, Pakde Kastardji menunduk, lalu memeluk tubuh anak semata wayangnya yang telah membujur kaku.

Ada sebuah pesan yang hendak dibisikkan Pakde Kastardji ke telinga Suryanti. Tentang rahasia jati diri Anggoro yang tidak pernah diketahui gadis nahas itu. Bahwa, bapaknya bersikukuh menentang pernikahan mereka bukan semata-mata soal neptu Numbuk Satuan. Bahwa, laki-laki yang dipilihnya adalah buah cinta bapaknya kepada perempuan lain, sebelum Suryanti menjadi bunga yang tumbuh di rahim mendiang ibunya oleh semaian cinta Pakde Kastardji. (*Heru Sang Amurwabumi)

 

Catatan kaki:

  1. Telaga, waduk alami penampung air di tengah hutan.
  2. Sebutan untuk salah satu jenis pernikahan terlarang dalam mitologi Jawa.
  3. Hiasan dari daun kelapa muda, bunga pinang dan batang anak pisang. Pelengkap upacara pernikahan, dan pemakaman jenasah seorang bujang/gadis Jawa.


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Stok BBM di Jogja Jelang Long Weekend Aman

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menjelang cuti bersama (long weekend) pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Bagian Tengah mengantisipasi kebutuhan BBM dan LPG dengan menyiagakan stok ...

DIY

Kawulo Ngayogyakarta Tolak Demo Anarkis di Pertigaan UIN Jogja

SLEMAN, BERNAS.ID - Ratusan massa Komunitas Kawulo Ngayogyakarta (KKN) melakukan aksi tolak demo anarkis di Pertigaan UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta, Minggu (25/10/2020). Komunitas ini terdiri dari 50 organisasi masyarakat, relawan da ...

Budaya

PKN 2020, Bukti Keberpihakkan Kepada Seniman Dan Pekerja Seni Dimasa Pandemi Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - PKN adalah upaya negara dan masyarakat di dalam membangun wadah kerja bersama untuk melahirkan ruang-ruang keragaman berekspresi, dialog antar-budaya, serta inisiatif dan partisipasi inovatif yang dikelola secara berjen ...

Budaya

Buku Profil TBY Dihadirkan Untuk Jadi Jendela Bagi Masyarakat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Taman Budaya Yogyakarta (TBY) menghadirkan buku Profil Taman Budaya Yogyakarta ke tengah masyarakat. Lewat itu, Taman Budaya Yogyakarta selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kebudayaan (Tundha Kabudayan) DIY ...

Pendidikan

Pengukuhan Guru Besar UNY Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan

SLEMAN, BERNAS.ID - Revolusi Industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hampir semua komponen pendidikan di SMK perlu terus  disempurnakan, meliputi standar kompetensi lulusan, kurikulum, sarana dan prasa ...

Hukum dan Kriminal

KPK Tahan Walikota Tasikmalaya Periode 2017-2022, Terkait Dugaan Suap Pengurusan DAK TA 2018

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penahanan terhadap Walikota Tasikmalaya periode 2012 – 2017 dan 2017 – 2022, terkait dugaan suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kota Tasikmalaya TA 20 ...

Pariwisata

Kebangkitan Pariwisata DIY Butuh 3 M

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Kesadaran bersama untuk patuh pada protokol kesehatan sangat penting. Memakai masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dan Menjaga jarak (3M), menjadi kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan menggerakan la ...

Pilkada

Tak Hanya Pelanggaran Aturan, Bawaslu Sleman Juga Memetakan TPS Rawan Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman memasukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di zona merah Covid-19 sebagai wilayah rawan. Pemetaan perlu dilakukan sebagai antisipasi persebaran virus Covi ...

DIY

Ada Layang-layang Tersangkut di Pesawat Citilink dari Jakarta

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebuah insiden terjadi pada pesawat Citilink dari Jakarta ketika melakukan pendaratan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada hari Jumat 23 Oktober 2020. Pesawat dengan nomor penerbangan QG 1107 yang berangk ...

Lifestyle

Pameran Fesyen di Pasar Beringharjo Digelar untuk Dongkrak Perekonomian

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berbagai upaya dilakukan untuk kembalikan situasi perekonomian di Kota Jogja. Salah satunya melalui pameran fesyen Tan Mingkuh Tumapaking Jaman Anyar yang dilakukan UPT Pusat Bisnis, Disperindag Kota Yogyakarta. E ...

Nasional

Jawa Tengah Raih TPID Award

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) wilayah Jawa - Bali. Prestasi ini merupakan kali keempat yang diraih Jawa Tengah sejak 2015 sebagai provinsi terbaik pengen ...

Nasional

Libur Long Weekend, KAI Tambah Perjalanan Kereta Api 13%

JAKARTA, BERNAS.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan sebanyak 13% menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober. Penambahan perjalanan KA ini untuk mengantisipas ...

Ekonomi

Pandemi, Penumpang YIA dan Adisutjipto Terima Subsidi Pembelian Tiket Sampai Desember

SLEMAN, BERNAS.ID - Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Adisutjipto menerima stimulus penerbangan melalui subsidi tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U). Dua bandara di bawah naungan PT Angkasa Pura masuk ke dala ...

DIY

Wakil Walikota Meminta Kampung Tangguh Bencana Jogja Mengecek Peralatan yang Dimiliki

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta seluruh Kampung Tangguh Bencana (KTB) di Kota Yogyakarta untuk melakukan pengecekan semua peralatan penanganan bencana. Harus dipastikan semua peralatan bisa berfungsi ...

Lifestyle

Ini Profil Singkat Masjid Presiden Joko Widodo yang Akan Dibangun di Abu Dhabi

ABU DHABI, BERNAS.ID - Sebagaimana dimaklumi, sesuai perintah Putra Mahkota Abu Dhabi Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Pemerintah Uni Emirat Arab telah meresmikan Jalan Presiden Joko Widodo di kawasan diplomatik/Embassy Area ...

DIY

Siasati Pandemi, PMII Kelola Empat Kolam Lele, Bantuan dari Polda DIY

SLEMAN, BERNAS.ID - Menyikapi pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya, Polri melalui Polda DIY memberikan bantuan empat kolam Lele untuk organisasi mahasiswa (ormawa) Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) D ...

Nasional

Kemenparekraf Menggandeng AELI dalam Peningkatan Kapasitas Pemandu Outbond

JAKARTA, BERNAS.ID - Kemenparekraf melalui Asosiasi Experiential Learning Indonesia mengadakan pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemandu Outbound yang tergabung dalam AELI selama 5 hari secara daring. Pelatihan Peningkatan Kapasitas P ...

Ekonomi

Pandemi Covid-19 Rupanya Dorong Kenaikan Jumlah Investor

YOGYAKARTA, BERNAS.ID —Tingkat kepercayaan publik terhadap pasar modal Indonesia dinilai masih terus meningkat, di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut dilihat dari jumlah investor pasar modal yang terus meningkat, sebagai salah ...

Olahraga

Realistis, Tidak Akan Ada Kompetisi Liga 1 2020

SLEMAN, BERNAS.ID - Melihat fakta-fakta yang ada, sampai Desember 2020 hampir pasti tidak akan ada kompetisi Liga 1 2020. Paling realistis itu pada Januari 2021, itu pun pertengahan bulan dan merupakan turnamen pemanasan untuk kompetisi 202 ...

DIY

Elemen Ormas Jogja Tolak Unjuk Rasa Anarkis

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan organisasi massa (Ormas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan deklarasi menolak anarkisme di Monumen Jogja Kembali (Monjali), Kamis pagi (22/10/2020). Mereka sepakat untuk bersama-sama menolak dan akan mela ...

Kesehatan

Indonesia melalui BKKBN Terpilih Sebagai Executive Committee Organisasi Partners in Population and Development

JAKARTA, BERNAS.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menghadiri pertemuan the 25th Partners in Population and Development Annual Board Meeting yang merupakan Pertemuan Tahunan Dewan Partners in Population and Deve ...

Sintesa

Satu Potret Super Mikro Peristiwa di Daerah Perbatasan antara Kota dan Desa

Oleh:  Profesor Sudjarwadi    Pada suatu hari Minggu pertengahan bulan September 2020,  Situtena menghadiri pertemuan anak-anak muda di sebuah rumah di daerah perbatasan antara kota dan desa. Pertemuan dihadiri o ...

Budaya

WJNC #5: Babat Alas Mertani

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Perayaan puncak hari ulang tahun ke 264 Kota Yogyakarta dimeriahkan dengan acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #5 dengan tema Babat Alas Mertani, Rabu (21/10/2020) di halaman Air Mancur Balaikota Yogyakarta. ...

DIY

Berkarya di Tengah Pandemi: Ormawa FBS UNY Siap Laksanakan Pentas Kolaborasi Internasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Organisasi Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, UNY siap melaksanakan pentas kolaborasi. Pada beberapa tahun sebelumnya, pentas ini ditiadakan namun diganti dengan Festival Bahasa dan Seni yang dilaksanakan selama ...

Kesehatan

Stunting di Tengah Covid-19, Wapres: Pemerintah Daerah Harus Inovatif

JAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepala daerah Kabupaten/Kota tidak melonggarkan upaya percepatan pencegahan stunting ditengah pandemi virus corona ( Covid-19). Berbagai program dan kegiatan yang diperlukan untu ...

DIY

Pemda DIY Tak Fasilitasi Pengganti Lahan yang Terdampak Tol Jogja-Solo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Karena hanya diberi uang ganti rugi tanpa disediakan lahan, sejumlah warga terdampak tol Jogja-Solo mengeluhkan kebingungan mencari lahan pengganti. Merespons hal ini, Pemda DIY menegaskan tidak bisa memfasilitasi pe ...

Pilkada

Akademisi Nilai Program Mbangun Dusun Nganti Wangun Dinilai Realistis

SLEMAN, BERNAS.ID - Akademisi, Edy Chrisjanto menilai program Mbangun Dusun Nganti Wangun dari Pasangan calon bupati/wakil bupati Sleman, Sri Muslimatun-Amin Purnama (MuliA) cukup realistis. Rencananya, program ini akan didukung dengan angg ...

Ekonomi

Sultan Bakal Ubah Hotel Mutiara Jadi Sentra UMKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan kunjungan lapangan ke Hotel Mutiara yang terletak di Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu (21/10/2020). Kunjungan dilakukan terkait rencana Pemda DIY untuk pembelian da ...

Ekonomi

Ekosistem Digital Menyangga Ekonomi Yogyakarta di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ekonomi Digital seperti GoFood tak dipungkiri menjadi penyangga ekonomi di Kota Yogyakarta bagi mereka yang penghasilannya terdampak pandemi terutama pekerja swasta dan profesional. Riset terbaru Lembaga Demografi Fa ...

Politik

UU Cipta Kerja Berpotensi Melemahkan Perlindungan bagi Konsumen Produk Halal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Baleg Fraksi PKS, Bukhori Yusuf meminta pemerintah tidak abai terhadap aspek perlindungan konsumen produk halal. Peringatan ini ia sampaikan mengingat UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan berpotensi merugikan ...

Kesehatan

Perkantoran Diminta Rutin Evaluasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta mengingatkan perkantoran untuk rutin melakukan evaluasi atas penerapan protokol kesehatan. Ini guna mengantisipasi potensi munculnya penularan di lingkungan kerja Pemerintah Kota Yogya ...

DIY

Mahasiswa Kembali Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law di Bunderan UGM

SLEMAN, BERNAS.ID - Ratusan elemen mahasiswa dari sejumlah universitas di Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) mulai berkumpul di Bunderan UGM, mulai jam 1 siang, Selasa (20/10/2020). Massa aksi ini berencana melaku ...

Budaya

Wayang Jogja Night Carnival 2020 Siap Disajikan Secara Virtual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski masih berada dalam masa pandemi Covid-19, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2020 ini tetap diadakan. Namun yang membedakan dari WJNC tahun-tahun sebelumnya, WJNC #5 kali ini digelar secara virtual. ...

Olahraga

Pandemi, Gowes Tour de Sleman Digelar secara Virtual

SLEMAN, BERNAS.ID - Ajang gowes tahunan Tour de Sleman #2 tahun 2020 digelar secara virtual Minggu pagi (18/10/2020). Sebelumnya, Tour de Sleman #2 ini rencananya digelar bulan Mei lalu.  Ketua Panitia Reno Candra Sangaji mengatakan ...

Inspirasi

Pemerintah UEA Resmikan Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi

ABU DHABI BERNAS.ID - Pada Senin sore tanggal 19 Oktober 2020 telah diselenggarakan acara peresmian nama jalan "Presiden Joko Widodo" (dalam bahasa Inggris: President Joko Widodo Street) di Abu Dhabi oleh Sheikh Khalid bin Mohamme ...

Editorial

PANDEMI SUDAH TIDAK MENAKUTKAN LAGI?

Apakah pandemi covid-19 sudah hilang di Indonesia ?  Pertanyaan ini terlintas dalam benak saya demi melihat beberapa waktu terakhir banyak kejadian di masyarakat yang menunjukkan seolah sudah tidak ada lagi ancaman penyebaran v ...

Budaya

Disbud Yogyakarta Tantang Mahasiswa Terjemahkan Lukisan Affandi

SLEMAN, BERNAS.ID - Memperingati Hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober, Dinas Kebudayaan (Disbud) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Duta Museum DIY dan Museum Affandi menggelar lomba esai dengan tema “Pasar N ...

DIY

Rp 400 Juta Digelontorkan Pemkot Jogja untuk Poles Lantai Zona 1 Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta berusaha mempercantik kawasan pedestarian Malioboro dengan melakukan pemolesan khusus untuk lantai teraso/terazzo di sepanjang Zona 1. Sesuai rencana, proyek tersebut akan bisa terselesaikan pada pe ...

Hukum dan Kriminal

Terungkap, Penyebab Kematian Seorang Pria di Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penyebab kematian pria paruh baya yang meninggal dunia di kawasan Malioboro pada Minggu (18/10/2020) lalu akhirnya terungkap. Berdasarkan hasil otopsi pada Senin (19/10/2020), terkuak korban memiliki riwayat pen ...

DIY

Untuk Jamin Kualitas Konstruksi, Selokan Mataram Mengalir Senin Depan

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Yogyakarta menargetkan Senin depan (26/10/2020), Selokan Mataram sudah kembali mengalir. Pemkab Sleman dan BBWSSO sepakat untuk menyelesaikan kebocoran Selokan Mataram di r ...

Nasional

Pemberdayaan Masyarakat Bali Melalui Urban Farming

JAKARTA, BERNAS.ID - PP Kagama menggelar webinar Pemberdayaan Masyarakat #2 lewat aplikasi Zoom meeting berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Bali dengan Urban Farming & Kebun Berdaya di Tengah Wabah Covid-19” pada hari Sabtu (1 ...

Wiradesa

Tentang Doa yang Kami Langitkan di Punden Desa

Cerpen oleh : Heru Sang Amurwabumi   Dalam kecamuk badai kerinduan kepada kampung halaman, aku terdampar pada sebuah kenangan tentang kasak-kasak kekuatan sebuah doa. Ya, jika berada di Desa Kedung Pingit dua atau tiga dasawarsa ...

DIY

Atasi Genangan di Musim Penghujan, SPAH Jogja Dibersihkan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan upaya mengatasi potensi munculnya genangan di musim hujan dengan membersihkan sumur peresapan air hujan (SPAH). Ini adalah upaya yang baru pertama kali dilakukan, selain pelumpura ...

DIY

Seorang Lelaki Meninggal Dunia di Pedestrian Malioboro 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Seorang lelaki ditemukan tak bernyawa tergeletak di kawasan Malioboro. Hingga kini  belum ada keterangan resmi terkait penyebab meninggalnya korban.  Wakil Ketua Koperasi Tri Dharma PKL Malioboro, Paul Z ...

Analisa Pilkada

Bawaslu Sleman Perpanjang Rekrutmen Pengawas TPS

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman memperpanjang pendaftaran calon pengawas tempat pemungutan suara atau Pengawas TPS dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman. Sampai hari terakhir pendaftaran pada Ka ...

Olahraga

Tim Bulu Tangkis Indonesia Dapat Suntikan Semangat dari Bupati Sragen

Jawa Tengah, Bernas.id - Tim bulu tangkis terbaik Indonesia saat ini sedang menjalani latihan di Gelanggang Olahraga Bulu Tangkis milik Billy Haryanto di perbatasan Karanganyar-Sragen Jawa tengah. Tim bulu tangkis nasional yang berlatih ...

DIY

Informasi Pemeliharaan Jaringan PLN Wilayah DIY 18-22 Oktober

BERNAS.ID - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan mengamankan pasokan listrik kepada pelanggan, PT PLN UP3 Yogyakarta akan melakukan serangkaian aktivitas pemeliharaan jaringan. Sebagaimana disampaikan oleh Humas PLN melalui surat kepada ...

Internet

Media Sosial dan Fenomena Kehidupan Berbahasa

BERNAS.ID - Perkembangan zaman pada industri 4.0 seperti yang kita ketahui telah merubah tatanan kehidupan manusia menjadi lebih baik. Perubahan tersebut jelas terlihat pada bidang transportasi, komunikasi dan informasi, kesehatan, dan bida ...

Internet

Tips dan Trik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Audio Visual

BERNAS.ID - Pembelajaran daring menjadi model pembelajaran baru dengam adanya pandemi yang mewabah di Indonesia bahkan dunia. Pembelajaran daring mewajibkan siswa dan guru untuk menjalankan sebuah sistem operasi baru guna menunjang prose ...

Ekonomi

Puluhan Pedagang Pasar Prawirotaman Diminta Beralih Jenis Dagangan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Proses penempatan kembali pedagang Pasar Prawirotaman Yogyakarta ke bangunan pasar yang baru siap dilakukan. Ini akan disertai dengan sosialisasi mekanisme penempatan dan perubahan jenis dagangan yang harus dilakukan ...