Berita Nasional Terpercaya

10 Tips Mahasiswa Baru Memulai Kuliah Online untuk Raih IPK Tinggi

0

BERNAS.ID – Pembelajaran daring (dalam jaringan) di Indonesia sudah serentak dilakukan sejak Maret 2020 silam. Hingga kini memasuki tahun ajaran baru, sistem tersebut masih berlanjut di beberapa sekolah dengan syarat zona yang sudah ditentukan. 

Berbeda dengan perguruan tinggi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadim Makarim melarang seluruh perguruan tinggi melakukan kuliah tatap muka. Larangan tersebut pun mencakup seluruh zona, sehingga ke depannya akan tetap dilaksanakan kuliah secara online.

Tetapi, hal ini mungkin akan menjadi sesuatu yang menantang bagi mahasiswa baru di dunia perkuliahan. Untuk menyukseskan hal tesebut, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai kuliah online agar mendapatkan IPK tinggi.

1.Hindari tempat keramaian

Walaupun kuliah online dilakukan di rumah, tetap dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kamu dapat mencari spot yang sepi dan aman di rumahmu agar jauh dari gangguan selama kuliah online.

2.Catat jadwal kuliah secara rinci

Sadar atau tidak, selama perkuliahan online kamu mungkin melupakan kewajibanmu sebagai mahasiswa. Tak jarang ada yang luput dengan kelas online sehingga terpaksa alpha saat absensi. Maka itu, mencatat jadwal kuliah online dengan rinci akan membantumu mengingat kewajiban sebagai mahasiswa.

3.Buat reminder jadwal kuliah

Setelah mencatat, kamu bisa menambahkannya dengan menyetel alarm di handphone atau jam. Hal ini akan sangat membantu jika kamu memiliki kesibukan lain dan sering luput akan waktu yang harus digunakan untuk kuliah online.

4.Fokus mendengarkan materi yang disampaikan oleh dosen

Menjadi seenaknya adalah hal yang sering dilakukan mahasiswa selama perkuliahan online. Berada di rumah membuat mahasiswa sering melakukan aktivitas lain saat ada penyampaian materi oleh dosen. Jika ingin meraih IPK yang tinggi, kamu harus menghilangkan kebiasaan ini dan kembali fokus menyimak materi.

5.Catat poin penting dari materi perkuliahan

Tak hanya menyimak, kamu juga harus mencatat seluruh poin-poin penting selama perkuliahan berlangsung. Layaknya perkuliahan tatap muka, catatan itu akan penting digunakan ke depannya apalagi jika dosen tidak memberikan dokumentasi materi.

6.Kumpulkan tugas dengan tepat waktu

Sama halnya dengan jadwal kuliah online, kamu juga harus mencatat jadwal pengumpulan tugas yang diberikan dosen. Hal itu tentu untuk menghindari ketermalabtan atau keluputan untuk mengumpulkan tugas.

7.Aktif di kelas online

Aktif di kelas bukan berarti hanya bertanya melainkan juga menjawab. Saat melakukan kuliah online, informasi yang disampaikan mungkin akan lebih terbatas. Dengan bertanya ataupun menjawab, kamu akan terhindar dari miskomunikasi dan mendapatkan nilai plus.

8.Rajin membaca buku atau jurnal ilmiah

Selama kuliah online, kamu tidak harus menyisihkan waktu untuk bepergian ke kampus ataupun berorganisasi. Ada free time lebih yang dapat dilakukan dengan membaca buku atau jurnal ilmiah, sebab membaca adalah gerbang menuju ilmu pengetahuan.

9.Ketahui persentasi nilai

Mahasiswa baru biasanya akan diinformasikan mengenai sistem penilaian di dunia perkuliahan. Sistem tersebut tentu berbeda jauh dengan sistem penilaian di bangku sekolah. Dengan memahaminya dengan baik dan benar, nantinya akan membantumu mendapatkan peluang untuk meraih IPK lebih tinggi.

10.Cari teman yang memberikan dampak positif selama perkuliahan

Lingkungan akan sangat memengaruhimu, termasuk teman. Walaupun perkuliahan secara online, kamu tetap memerlukan teman agar lebih semangat dan giat belajar.

Pilih kampus dan lingkungan kampus yang mendukung mahasiswanya melakukan hal-hal positif. Salah satunya adalah Universitas Mahakarya Asia yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama Universitas Mahakarya Asia. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Klik info lengkapnya di: http://daftar.unmaha.ac.id/ .(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.