8 Cara Agar Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19
BERNAS.ID – Pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi para pelaku bisnis baik dengan usaha skala besar atau kecil. Sekalipun memasuki masa new normal, bisnis masih memerlukan cara untuk terus hidup dan bertumbuh.
Dampak pandemi ini seakan tak ada habisnya dalam mengikis sektor perekonomian di Indonesia. Berdasarkan laporan oleh Badan Pusat Statistik, pada Produk Domestik Bruto (PDB) terlihat adanya konstraksi pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi pada Q2 tahun 2020 ini melesat lebih rendah menjadi -5,32% dari Q1 tahun 2020 yang tercatat sebesar 2,97%.
Turunnya nilai PDB ini berdampak pada melemahnya daya jual beli di masyarakat. Sebab itu, cara agar bisnis bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19 sangat dibutuhkan. Cek di bawah ini!
1.Buat website atau sosial media untuk pelayanan online
Website adalah sebuah investasi jangka panjang di mana pelanggan bisa mengakses toko kapanpun. Dengan melakukan optimasi mesin pencarian, bisnis dapat muncul di Google dan menarik perhatian pelanggan. Begitu pula dengan memanfaatkan media sosial, kamu sebagai pelaku bisnis dapat tetap berkomunikasi secara aktif dengan pelanggan
2.Inovasi produk berdasarkan kebutuhan
Inovasi produk juga akan sangat membantu jika produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya, pelaku bisnis restoran beralih menjadi menyediakan catering hingga frozen food yang dapat disimpan sebagai stok bagi pelanggan. Intinya, fleksibiligas produk adalah segalanya
3.Catat pengeluaran dengan baik
Situasi pandemi memaksa pelaku bisnis untuk mengatur ulang sistem keuangan agar bisnis dapat tetap berjalan. Buatlah proyeksi pengeluaran dan bandingkan dengan anggaran setiap minggu, pengeluaran tidak perlu, dan memanfaatkan intensif pajak yang dikeluarkan pemerintah
4.Buat diskon menarik
Banyak bisnis yang sepi bahkan tak sedikit harus gulung tikar harus membuat kamu berpikir kreatif. Inilah saatnya yang tepat untuk meringankan beban dengan menawarkan potongan harga. Potongan harga pun dapat berbagai macam bentuk, mulai dari gratis ongkos kirim hingga menyertakan kupon potongan untuk pemesanan berikutnya
5.Tetap perhatikan kualitas produk
Walaupun kamu memberikan diskon menarik atau paket ekonomis lain, jangan sekalipun mencba mengurangi kualitas produk. Hal tersebut harus dihindari agar produk tetap diterima dan dipercaya pelanggan
6.Lakukan kolaborasi menarik
Kolaborasi bisa sekaligus menjadi ajang promosi bagi bisnismu. Kolaborasi dapat memperluas jaringan bisnis yang tepat sasaran. Misalnya, kamu dapat berkolaborasi dengan komunitas yang sesuai dengan bisninsmu sehingga menghasilkan keuntungan di antara kedua belah pihak
7.Transparan pada pelanggan
Walau dalam situasi yang penuh tantangan, katakan yang sejujurnya pada pelanggan tentang bisnis yang kamu jalankan. Memberikan FAQ di website adalah cara termudah untuk memberikan indormasi yang pelanggan butuhkan
8.Maksimalkan layanan same day delivery
Sistem pelayanan yang berubah menjadi serba online membutuhkan tenaga lebih untuk memastikan produk diterima oleh pelanggan dengan cepat dana man. Selain pengiriman yang membutuhkan waktu 3-6 jam, kamu juga tak perlu khawatir jika pengiriman produk berisiko basi atau barang pecah.(snt)