Berita Nasional Terpercaya

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi COVID-19

0

BERNAS.ID – Adanya pandemi Covid-19 memaksa setiap orang untuk tetap beraktivitas di rumah. Hal ini membuat sebagian orang merasa jenuh hingga stress. Kesehatan mental menjadi kesehatan yang juga wajib diperhatikan. Hal ini disebabkan mental menjadi salah satu faktor penting dalam hidup manusia.

Masalah mental yang terus diabaikan dapat memberikan dampak psikologis buruk bagi manusia. Tapi, jangan khawatir karena ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi ini.

1.Olahraga

Olahraga selama karantina dapat dilakukan secara sederhana seperti lompat tali atau mungkin senam. Olahraga dapat menghasilkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa khawatir dan stress.

2.Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi tidak hanya diperuntukkan bagi kesehatan fisik. Mengonsumsi makan makanan yang sehat dapat memberikan nutrisi tersendiri untuk kesehatan mental.

3.Istirahat yang Cukup

Masa karantina mendorong sebagian besar orang untuk terus begadang memainkan gadget. Padahal tidur yang kurang dapat berdampak pada psikologis manusia seperti mood yang berantakan.

4.Hobi

Aktivitas yang minim selama masa karantina membuat sebagian orang merasa bingung sehingga menyebabkan stress karena tidak memiliki aktivitas sama sekali. Cara ini dapat diatasi dengan menjalankan hobi baru yang dapat dilakukan di rumah.

5.Sosialisasi

Terhentinya aktivitas di luar ruangan bukan berarti memutus hubungan sosial dengan teman-teman. Sosialisasi melalui gadget dengan melakukan sharing bersama teman dapat mengurangi rasa jenuh.

6.Mencari Suasana Positif

Cara ini bermaksud untuk tetap membangun mood yang positif dari dalam diri. Cara ini bisa dilakukan dengan mencari berita positif dan membangun percakapan yang positif.

7.Meditasi

Meditasi dapat dilakukan untuk menenangkan diri karena meditasi mampu melancarkan sirkulasi oksigen di dalam otak. Meditasi dapat dilakukan di tempat yang tenang.

8.Menulis

Menulis mungkin menjadi satu hal yang tidak disukai oleh sebagian orang. Namun, menulis perasaan ternyata dapat mengurangi rasa stress selama pandemi Covid-19.

9.Tetap Produktif

Walaupun aktivitas di luar ruangan saat ini dilakukan di rumah, tidak ada salahnya untuk tetap produktif. Misalnya, menyusun capaian yang dapat diraih ketika berada di rumah.

10.Kendalikan Diri

Mengendalikan diri selama masa karantina dapat dilakukan dengan cara menyusun rutinitas sehari-hari. Hal ini dilakukan agar kamu tetap dapat mengontrol kegiatan sehari-hari dan menghindari rasa bingung berlebih.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.