Berita Nasional Terpercaya

7 Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa, Nomor 1 Asik Banget

0

BERNAS.ID – Tidak jarang mahasiswa semester akhir terlihat banyak menganggur karena mata kuliahnya semakin sedikit. Masa-masa tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah pengalaman di bidang kerja, salah satunya menjadi seorang freelancer.

Selain mengisi waktu luang, bekerja sebagi freelance juga dapat menambah uang jajan. Di samping itu, bekerja sebagai seorang freelancer juga tidak terikat oleh waktu. Dengan demikian, mahasiswa dapat membagi antara kuliah dan bekerja.

Kini, tersedia banyak alternatif pilihan pekerjaan freelance. Berikut 10 pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa. 

1.Social Media Specialist

Seorang social media specialist bertugas untuk mengurus media sosial dari sebuah perusahaan atau institusi. Mahasiswa yang ingin terjun di bidang ini wajib menguasai branding guidelines. Karena, media sosial merupakan salah satu sarana perusahaan untuk membangun brand atau merek mereka.

2.Penulis Lepas

Bagi kamu yang suka menulis, pekerjaan ini tak ada salahnya untuk dicoba. Kamu dapat mengisi website orang lain dengan artikel yang telah kamu buat. Tema artikel pun beragam, mulai dari hiburan, bisnis, ekonomi, hingga politik.

3.Fotografer atau Videografer

Hobi ?pegang? kamera juga dapat kamu manfaatkan sebagai ladang cuan tambahan. Kamu dapat mendaftar sebagai freelancer sebagai fotografe atau videografer. Di samping itu, pekerjaan ini juga dapat mengasah skill yang kamu miliki.

4.Video Editor

Kamu mungkin tidak jago dalam mengambil gambar, namun memiliki passion di bidang editing. Pekerjaan sebagai video editor layak kamu ambil. Pasalnya, banyak orang atau perusahaan membutuhkan seorang video editor handal, misalnya influencer.

5.Guru Les Privat

Menjadi seorang guru les privat cocok bagi kamu yang hobi mengajar atau mengambil kuliah pendidikan. Tak sebatas itu, kamu yang mempunyai kemampuan bermain alat musik juga dapat menjadi guru les musik. Kini, hadirnya website pembelajaran online dapat kamu manfaatkan untuk menjadi seorang pengajar dari rumah.

6.Content Creator di Youtube

Media youtube juga dapat menjadi ladang uang untuk kamu. Barangkali kamu memiliki ide-ide cemerlang yang dapat kamu jadikan konten. Di samping itu, kamu juga dapat berkolaborasi dengan freelancer lain, seperti videografer dan video editor.

7.Desain Grafis

Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi. Pasalnya, seorang desainer grafis tak cukup mengandalkan ide kreativitas. Namun, ia juga harus menguasai program aplikasi desain grafis. Oleh karena itu, pekerja di bidang ini biasanya akan digaji cukup tinggi.

Seorang mahasiswa yang masih berstatus pelajar bukan tidak mungkin sekaligus menjadi pekerja. Untuk itu, coba pahami dan cermati kesempatan pekerjaan yang ada. Selain mendapat uang tambahan, terjun di dunia kerja juga akan meningkatkan skill yang kamu miliki.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.