Silsilah Dendam di Desa Kedung Pingit

Penulis : Heru Sang Amurwabumi
Editor : Sabila J. Firda
30 Agustus 2020

Ilustrasi dari Pixabay


Bernas.id - Tubuh ibuku meronta-ronta, terguncang hebat sembari memekik ngeri, sebelum setelahnya ia melengkingkan jerit histeris, sepuluh jemari tangannya menjambak-jambak rambut lalu mencengkeram perut yang perlahan-lahan membusung. Kedua matanya terbelalak seolah-olah melihat Malaikat Juru Pati[1] yang menyeramkan.

Hampir satu bulan, saban sore merambat surup[2]. Ibu mengerang kesakitan berkelonjotan, jika mulutnya sudah menyembur darah merah pekat, maka penderitaannya raib sementara. Sekujur tubuhnya pucat lunglai. Namun, ibuku tidak mati, hanya tertidur. Biasanya azan Magrib menghentikan pertunjukan ngeri itu, tetapi juga tak jarang hingga azan Isya.

Keluarga, begitu pula penduduk Desa Kedung Pingit yakin bahwa ibu terkena santet. Ikhtiar ke pengobatan alternatif, ustaz-ustaz rukiah semua belum berjodoh menjadi perantara pulihnya kondisi ibu. Sepertinya Tuhan telah menghapus senyum manis di bibir perempuan berwajah kojan itu.

Pernah suatu pagi, ibu yang genap sebulan terbaring kering dan ceking di kasur lantai, di ruang depan, yang dulunya berperawakan padat sintal serta berkulit mulus, memanggil namaku, “Dirgo … Dirgo.”

Aku mengangguk. Ibu ingin mengangkat tangannya, tetapi tak mampu, hanya tangan gemetaran sedikit keangkat lalu jatuh lagi. Aku coba membantu apa yang ibu inginkan. Ternyata ia bermaksud menjabat tangan bapak, lama sekali jemari tangan ibu mengeratkan genggaman di telapak tangan suaminya.

Dari matanya menderas air, bibirnya bergerak-gerak. Namun, tak jua mengeluarkan kalimat, hanya sekali napas begitu berat yang terentak. Kemudian perlahan-lahan genggaman jemarinya ambiar, layu. Ibuku menutup mata. Seisi rumah berkabung. Tangisan-tangisan pecah. Kepergian ibu adalah kabut sungkawa bagi kami.

Tentu sebagai anak sulung emosiku muncak. Kemahiranku di bidang bela diri pencak silat menambah keyakinanku sanggup dangan mudah merampungi seseorang yang menjadi penyebab ibu menderit. Begitu juga Pakde[3] Soma, sangat geram dan mengajakku melabrak orang itu. Namun, kami berdua tak sempat jauh melewati pintu sudah dihalau nenek. Aku dan kakak kandung ibuku itu hanya menahan gundukan perih di dada.

Banyak bukti yang mengarah kepada Fatoni, kalau ibu terserang teluh olehnya. Di antara bukti kebencian Fatoni terhadap keluargaku ialah karena ia memprovokatori warga Kedung Pingit untuk mendemo bapak, dengan dalih ketidakberesan hasil suara. Kata tetangga, ia juga pernah melempar sesuatu pas lewat depan rumahku.

Teluh itu kami yakini bukan Fatoni yang menggarap, tetapi ia membayar Juru Tenung. Bahkan informasi dari penelik kami kalau Fatoni sejak hari pelantikan bapak sebagai Lurah setahun silam sudah menyerang santet ke keluargaku. Sasaran utamanya bapak, tetapi yang kena ibu.

Kebencian-dendam antara kami dan keluarga Fatoni itu lahir sejak bapakku memenangkan Dedegan Lurah—Pemilihan Kepala Desa—Kedung Pingit. Bapak bersaing dengan dua orang calon. Satu orang pesaing itu masih kerabat ibu. Markum, namanya. Ia anak menantu Kakek Zawawi, sepupu dari Kakek Karta. Kakek Karta adalah bapaknya ibuku. Calon satunya lagi Barom. Barom adalah sapaan akrab dari Bahar Romli, tetapi warga memelesetkan Barom dengan kepanjangan “Bajingan Romli”. Tentu orang-orang tak asal celoteh. Bekas robekan di pelipis hingga sebaris luka di bawah matanya menandai sejarah kelamnya.

Sebelum jadwal pendaftaran Calon Lurah, Markum menyatakan kalau dirinya tidak ikut daftar Calon Lurah, karena tak punya biaya untuk membeli suara. Harga pasaran satu suara dibeli 350 ribu, acuan lima tahun yang lalu. Kenyataannya malah berbalik. Markum ikut kompetisi atas sokongan dana dari Fatoni, adik kandungnya. Seorang pengusaha sukses di kota, tetapi tinggal satu desa dengan kami.

Ketika kakak kandungnya kalah telak, Fatoni sudah bertingkah anarki beserta pendukung Markum, di tempat pemungutan suara. Padahal bapak belum dilantik.

***

Usai acara kirim doa keempat puluh hari wafatnya ibu. Aku menata hati mencoba mengikhlaskan kepergian ibu. Namun, memori penderitaan ibu waktu itu tak sedikit pun hengkang dari alam rasa. Wajah pesakitan ibu berkelindan di dalam kepala, bagai siraman garam di luka menganga. Semakin mendidih bara dalam jiwa.

Bertambah mendidih darah murkaku saat mendengar bapak dan segenap kerabat, berembuk perihal ‘apa yang mereka jual kita beli’. Saat itu aku menyajikan wedang kopi, mendengar semua perbincangan mereka.

“Bapak, Pakde … biar Dirgo saja yang melewati Fatoni!” berangku mendidih.

“Jangan, Le[4]! Kita pakai siasat, agar tak tercipta silsilah dendam di antara keluarga Kakek Sulam,” saran bapak meredam.

“Betul itu, Dirgo. Kita beraksi tanpa jejak, pelan saja dan buat kesan, kalau kita tidak menindaklanjuti, ya Syam?” timpal Pakde Soma penuh wibawa. Aku hanya manggut-manggut, meski tetap gerundel.[5]

Aku beranjak, mencari Asrof, adikku. Meski postur tubuh Asrof agak kurus dan masih lebih tingga badanku, tetapi ia gemar berkelahi. Pantang gentar.

“Kang Dirgo, diam di rumah saja. Biar aku yang beresi Dajjal satu itu!” tegas Asrof melarangku ikut membuat tamat Fatoni.

“Tidak, Rof. Aku harus ikut, biar puas,” balasku.

“Tak perlu membawa senjata, Kang,” saran Asrof.

“Terus?”

“Bawa tambang saja. Kang Dirgo paham kan, kita apakan sasaran kita?”

“Baiklah, mengerti. Aku yang beli talinya.”

“Jangan beli di sini, usahakan di pasar kota, Kang,” anjur Asrof.

Malam itu juga rembukku dengan Asrof menemukan sepakat menggulung Fatoni secara diam-diam, dan malam minggu waktu yang kami sepakati, itu artinya kurang dua malam lagi, Fatoni biasanya balik dari kota pada Sabtu sore, walau aku pernah lihat mobilnya melintas di jalan kampung Rabu sore terkadang Jumat sore, tak tentu.

Esok hari, aku lekas ke kota mengendarai motor—membeli tambang ke kota—sekaligus salat Jumatan, lalu mampir ke rumah teman. Rebahan sambil membicarakan ujian skripsi, hingga langit mulai malam, aku izin pamit.

Setibanya di gapura pembatas desa kami dangan desa tetangga, aku terheran-heran dengan banyaknya mobil polisi parkir di sepanjang jalan kampung. “Ada apa ini?” batinku meraba-raba.

Bapak beserta Pakde Soma dan beberapa anggota polisi menyambutku di depan garasi.

“Ada apa, tho, Pak?” tanyaku setelah duduk di ruang tamu.

“Fatoni terpenggal kepalanya, dan kepala itu belum ditemukan,” jawab bapak, “Kau di rumah saja, Le. Bapak dan Pakde menemani Komandan ke rumah korban,” sambungnya.

Setelah mereka hilang di tikungan jalan, aku melangkah ke ruang dalam mencari Asrof, tetapi tak kudapati. Aku tanyakan kepada orang-orang di rumah jawabnya tidak tahu.

Deg!

Hatiku tertuju kepada Asrof. “Kenapa kamu bertindak sendirian, Rof? Bukankah ini baru malam Sabtu.” Seisi ruang gaibku berkeliaran.

Aku terus mencari Asrof ke rumah-rumah temannya, ke tempat-tempat tongkrongannya, tetapi nihil. Kuputuskan kembali ke rumah. Dalam jeda di kursi meja makan, otakku terus mengunyah kemungkinan-kemungkinan.

“Kamu kenapa ceroboh begitu, Rof? Tidak menghargai aku.”

Langkahku lesu memasuki kamar mandi. Kali pertama aku mengguyur tubuh, tiba-tiba jendela kaca persis di atas bak mandi seperti diketuk-ketuk. Sedikit mendongak, mataku melotot.

“Hah!” teriakku terkejut, spontan kulempar gayung plastik ke arah jendela kaca itu. Prak!

Kepala Fatoni.

Seseorang telah menjambak rambut milik Fatoni. Cukup jelas muka Fatoni yang bersimbah darah sengaja ditempelkan di kaca jendela. Sejenak, berganti wajah separuh bercadar kain hitam. Ia mengarahkan sebuah pisau kepadaku lalu menggerakkan miring di depan lehernya.

“Bangsat! Barooom!” teriakku disusul suara tembakan.

Dor!

Dor!

Reflek kutarik sarung seraya berjongkok. Gonggongan anjing-anjing pelacak mengiris-iris relung jiwa. (Gansar Dewantara - Demak)

 

Catatan kaki:

  1. Malaikat Pencabut nyawa.
  2. Senjakala.
  3. Kakak lelaki dari bapak atau ibu.
  4. Kependekan dari thole—anak.


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Stok BBM di Jogja Jelang Long Weekend Aman

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menjelang cuti bersama (long weekend) pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Bagian Tengah mengantisipasi kebutuhan BBM dan LPG dengan menyiagakan stok ...

DIY

Kawulo Ngayogyakarta Tolak Demo Anarkis di Pertigaan UIN Jogja

SLEMAN, BERNAS.ID - Ratusan massa Komunitas Kawulo Ngayogyakarta (KKN) melakukan aksi tolak demo anarkis di Pertigaan UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta, Minggu (25/10/2020). Komunitas ini terdiri dari 50 organisasi masyarakat, relawan da ...

Budaya

PKN 2020, Bukti Keberpihakkan Kepada Seniman Dan Pekerja Seni Dimasa Pandemi Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - PKN adalah upaya negara dan masyarakat di dalam membangun wadah kerja bersama untuk melahirkan ruang-ruang keragaman berekspresi, dialog antar-budaya, serta inisiatif dan partisipasi inovatif yang dikelola secara berjen ...

Budaya

Buku Profil TBY Dihadirkan Untuk Jadi Jendela Bagi Masyarakat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Taman Budaya Yogyakarta (TBY) menghadirkan buku Profil Taman Budaya Yogyakarta ke tengah masyarakat. Lewat itu, Taman Budaya Yogyakarta selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kebudayaan (Tundha Kabudayan) DIY ...

Pendidikan

Pengukuhan Guru Besar UNY Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan

SLEMAN, BERNAS.ID - Revolusi Industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hampir semua komponen pendidikan di SMK perlu terus  disempurnakan, meliputi standar kompetensi lulusan, kurikulum, sarana dan prasa ...

Hukum dan Kriminal

KPK Tahan Walikota Tasikmalaya Periode 2017-2022, Terkait Dugaan Suap Pengurusan DAK TA 2018

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penahanan terhadap Walikota Tasikmalaya periode 2012 – 2017 dan 2017 – 2022, terkait dugaan suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kota Tasikmalaya TA 20 ...

Pariwisata

Kebangkitan Pariwisata DIY Butuh 3 M

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Kesadaran bersama untuk patuh pada protokol kesehatan sangat penting. Memakai masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dan Menjaga jarak (3M), menjadi kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan menggerakan la ...

Pilkada

Tak Hanya Pelanggaran Aturan, Bawaslu Sleman Juga Memetakan TPS Rawan Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman memasukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di zona merah Covid-19 sebagai wilayah rawan. Pemetaan perlu dilakukan sebagai antisipasi persebaran virus Covi ...

DIY

Ada Layang-layang Tersangkut di Pesawat Citilink dari Jakarta

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebuah insiden terjadi pada pesawat Citilink dari Jakarta ketika melakukan pendaratan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada hari Jumat 23 Oktober 2020. Pesawat dengan nomor penerbangan QG 1107 yang berangk ...

Lifestyle

Pameran Fesyen di Pasar Beringharjo Digelar untuk Dongkrak Perekonomian

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berbagai upaya dilakukan untuk kembalikan situasi perekonomian di Kota Jogja. Salah satunya melalui pameran fesyen Tan Mingkuh Tumapaking Jaman Anyar yang dilakukan UPT Pusat Bisnis, Disperindag Kota Yogyakarta. E ...

Nasional

Jawa Tengah Raih TPID Award

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) wilayah Jawa - Bali. Prestasi ini merupakan kali keempat yang diraih Jawa Tengah sejak 2015 sebagai provinsi terbaik pengen ...

Nasional

Libur Long Weekend, KAI Tambah Perjalanan Kereta Api 13%

JAKARTA, BERNAS.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan sebanyak 13% menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober. Penambahan perjalanan KA ini untuk mengantisipas ...

Ekonomi

Pandemi, Penumpang YIA dan Adisutjipto Terima Subsidi Pembelian Tiket Sampai Desember

SLEMAN, BERNAS.ID - Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Adisutjipto menerima stimulus penerbangan melalui subsidi tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U). Dua bandara di bawah naungan PT Angkasa Pura masuk ke dala ...

DIY

Wakil Walikota Meminta Kampung Tangguh Bencana Jogja Mengecek Peralatan yang Dimiliki

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta seluruh Kampung Tangguh Bencana (KTB) di Kota Yogyakarta untuk melakukan pengecekan semua peralatan penanganan bencana. Harus dipastikan semua peralatan bisa berfungsi ...

Lifestyle

Ini Profil Singkat Masjid Presiden Joko Widodo yang Akan Dibangun di Abu Dhabi

ABU DHABI, BERNAS.ID - Sebagaimana dimaklumi, sesuai perintah Putra Mahkota Abu Dhabi Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Pemerintah Uni Emirat Arab telah meresmikan Jalan Presiden Joko Widodo di kawasan diplomatik/Embassy Area ...

DIY

Siasati Pandemi, PMII Kelola Empat Kolam Lele, Bantuan dari Polda DIY

SLEMAN, BERNAS.ID - Menyikapi pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya, Polri melalui Polda DIY memberikan bantuan empat kolam Lele untuk organisasi mahasiswa (ormawa) Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) D ...

Nasional

Kemenparekraf Menggandeng AELI dalam Peningkatan Kapasitas Pemandu Outbond

JAKARTA, BERNAS.ID - Kemenparekraf melalui Asosiasi Experiential Learning Indonesia mengadakan pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemandu Outbound yang tergabung dalam AELI selama 5 hari secara daring. Pelatihan Peningkatan Kapasitas P ...

Ekonomi

Pandemi Covid-19 Rupanya Dorong Kenaikan Jumlah Investor

YOGYAKARTA, BERNAS.ID —Tingkat kepercayaan publik terhadap pasar modal Indonesia dinilai masih terus meningkat, di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut dilihat dari jumlah investor pasar modal yang terus meningkat, sebagai salah ...

Olahraga

Realistis, Tidak Akan Ada Kompetisi Liga 1 2020

SLEMAN, BERNAS.ID - Melihat fakta-fakta yang ada, sampai Desember 2020 hampir pasti tidak akan ada kompetisi Liga 1 2020. Paling realistis itu pada Januari 2021, itu pun pertengahan bulan dan merupakan turnamen pemanasan untuk kompetisi 202 ...

DIY

Elemen Ormas Jogja Tolak Unjuk Rasa Anarkis

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan organisasi massa (Ormas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan deklarasi menolak anarkisme di Monumen Jogja Kembali (Monjali), Kamis pagi (22/10/2020). Mereka sepakat untuk bersama-sama menolak dan akan mela ...

Kesehatan

Indonesia melalui BKKBN Terpilih Sebagai Executive Committee Organisasi Partners in Population and Development

JAKARTA, BERNAS.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menghadiri pertemuan the 25th Partners in Population and Development Annual Board Meeting yang merupakan Pertemuan Tahunan Dewan Partners in Population and Deve ...

Sintesa

Satu Potret Super Mikro Peristiwa di Daerah Perbatasan antara Kota dan Desa

Oleh:  Profesor Sudjarwadi    Pada suatu hari Minggu pertengahan bulan September 2020,  Situtena menghadiri pertemuan anak-anak muda di sebuah rumah di daerah perbatasan antara kota dan desa. Pertemuan dihadiri o ...

Budaya

WJNC #5: Babat Alas Mertani

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Perayaan puncak hari ulang tahun ke 264 Kota Yogyakarta dimeriahkan dengan acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #5 dengan tema Babat Alas Mertani, Rabu (21/10/2020) di halaman Air Mancur Balaikota Yogyakarta. ...

DIY

Berkarya di Tengah Pandemi: Ormawa FBS UNY Siap Laksanakan Pentas Kolaborasi Internasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Organisasi Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, UNY siap melaksanakan pentas kolaborasi. Pada beberapa tahun sebelumnya, pentas ini ditiadakan namun diganti dengan Festival Bahasa dan Seni yang dilaksanakan selama ...

Kesehatan

Stunting di Tengah Covid-19, Wapres: Pemerintah Daerah Harus Inovatif

JAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepala daerah Kabupaten/Kota tidak melonggarkan upaya percepatan pencegahan stunting ditengah pandemi virus corona ( Covid-19). Berbagai program dan kegiatan yang diperlukan untu ...

DIY

Pemda DIY Tak Fasilitasi Pengganti Lahan yang Terdampak Tol Jogja-Solo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Karena hanya diberi uang ganti rugi tanpa disediakan lahan, sejumlah warga terdampak tol Jogja-Solo mengeluhkan kebingungan mencari lahan pengganti. Merespons hal ini, Pemda DIY menegaskan tidak bisa memfasilitasi pe ...

Pilkada

Akademisi Nilai Program Mbangun Dusun Nganti Wangun Dinilai Realistis

SLEMAN, BERNAS.ID - Akademisi, Edy Chrisjanto menilai program Mbangun Dusun Nganti Wangun dari Pasangan calon bupati/wakil bupati Sleman, Sri Muslimatun-Amin Purnama (MuliA) cukup realistis. Rencananya, program ini akan didukung dengan angg ...

Ekonomi

Sultan Bakal Ubah Hotel Mutiara Jadi Sentra UMKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan kunjungan lapangan ke Hotel Mutiara yang terletak di Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu (21/10/2020). Kunjungan dilakukan terkait rencana Pemda DIY untuk pembelian da ...

Ekonomi

Ekosistem Digital Menyangga Ekonomi Yogyakarta di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ekonomi Digital seperti GoFood tak dipungkiri menjadi penyangga ekonomi di Kota Yogyakarta bagi mereka yang penghasilannya terdampak pandemi terutama pekerja swasta dan profesional. Riset terbaru Lembaga Demografi Fa ...

Politik

UU Cipta Kerja Berpotensi Melemahkan Perlindungan bagi Konsumen Produk Halal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Baleg Fraksi PKS, Bukhori Yusuf meminta pemerintah tidak abai terhadap aspek perlindungan konsumen produk halal. Peringatan ini ia sampaikan mengingat UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan berpotensi merugikan ...

Kesehatan

Perkantoran Diminta Rutin Evaluasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta mengingatkan perkantoran untuk rutin melakukan evaluasi atas penerapan protokol kesehatan. Ini guna mengantisipasi potensi munculnya penularan di lingkungan kerja Pemerintah Kota Yogya ...

DIY

Mahasiswa Kembali Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law di Bunderan UGM

SLEMAN, BERNAS.ID - Ratusan elemen mahasiswa dari sejumlah universitas di Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) mulai berkumpul di Bunderan UGM, mulai jam 1 siang, Selasa (20/10/2020). Massa aksi ini berencana melaku ...

Budaya

Wayang Jogja Night Carnival 2020 Siap Disajikan Secara Virtual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski masih berada dalam masa pandemi Covid-19, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2020 ini tetap diadakan. Namun yang membedakan dari WJNC tahun-tahun sebelumnya, WJNC #5 kali ini digelar secara virtual. ...

Olahraga

Pandemi, Gowes Tour de Sleman Digelar secara Virtual

SLEMAN, BERNAS.ID - Ajang gowes tahunan Tour de Sleman #2 tahun 2020 digelar secara virtual Minggu pagi (18/10/2020). Sebelumnya, Tour de Sleman #2 ini rencananya digelar bulan Mei lalu.  Ketua Panitia Reno Candra Sangaji mengatakan ...

Inspirasi

Pemerintah UEA Resmikan Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi

ABU DHABI BERNAS.ID - Pada Senin sore tanggal 19 Oktober 2020 telah diselenggarakan acara peresmian nama jalan "Presiden Joko Widodo" (dalam bahasa Inggris: President Joko Widodo Street) di Abu Dhabi oleh Sheikh Khalid bin Mohamme ...

Editorial

PANDEMI SUDAH TIDAK MENAKUTKAN LAGI?

Apakah pandemi covid-19 sudah hilang di Indonesia ?  Pertanyaan ini terlintas dalam benak saya demi melihat beberapa waktu terakhir banyak kejadian di masyarakat yang menunjukkan seolah sudah tidak ada lagi ancaman penyebaran v ...

Budaya

Disbud Yogyakarta Tantang Mahasiswa Terjemahkan Lukisan Affandi

SLEMAN, BERNAS.ID - Memperingati Hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober, Dinas Kebudayaan (Disbud) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Duta Museum DIY dan Museum Affandi menggelar lomba esai dengan tema “Pasar N ...

DIY

Rp 400 Juta Digelontorkan Pemkot Jogja untuk Poles Lantai Zona 1 Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta berusaha mempercantik kawasan pedestarian Malioboro dengan melakukan pemolesan khusus untuk lantai teraso/terazzo di sepanjang Zona 1. Sesuai rencana, proyek tersebut akan bisa terselesaikan pada pe ...

Hukum dan Kriminal

Terungkap, Penyebab Kematian Seorang Pria di Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penyebab kematian pria paruh baya yang meninggal dunia di kawasan Malioboro pada Minggu (18/10/2020) lalu akhirnya terungkap. Berdasarkan hasil otopsi pada Senin (19/10/2020), terkuak korban memiliki riwayat pen ...

DIY

Untuk Jamin Kualitas Konstruksi, Selokan Mataram Mengalir Senin Depan

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Yogyakarta menargetkan Senin depan (26/10/2020), Selokan Mataram sudah kembali mengalir. Pemkab Sleman dan BBWSSO sepakat untuk menyelesaikan kebocoran Selokan Mataram di r ...

Nasional

Pemberdayaan Masyarakat Bali Melalui Urban Farming

JAKARTA, BERNAS.ID - PP Kagama menggelar webinar Pemberdayaan Masyarakat #2 lewat aplikasi Zoom meeting berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Bali dengan Urban Farming & Kebun Berdaya di Tengah Wabah Covid-19” pada hari Sabtu (1 ...

Wiradesa

Tentang Doa yang Kami Langitkan di Punden Desa

Cerpen oleh : Heru Sang Amurwabumi   Dalam kecamuk badai kerinduan kepada kampung halaman, aku terdampar pada sebuah kenangan tentang kasak-kasak kekuatan sebuah doa. Ya, jika berada di Desa Kedung Pingit dua atau tiga dasawarsa ...

DIY

Atasi Genangan di Musim Penghujan, SPAH Jogja Dibersihkan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan upaya mengatasi potensi munculnya genangan di musim hujan dengan membersihkan sumur peresapan air hujan (SPAH). Ini adalah upaya yang baru pertama kali dilakukan, selain pelumpura ...

DIY

Seorang Lelaki Meninggal Dunia di Pedestrian Malioboro 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Seorang lelaki ditemukan tak bernyawa tergeletak di kawasan Malioboro. Hingga kini  belum ada keterangan resmi terkait penyebab meninggalnya korban.  Wakil Ketua Koperasi Tri Dharma PKL Malioboro, Paul Z ...

Analisa Pilkada

Bawaslu Sleman Perpanjang Rekrutmen Pengawas TPS

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman memperpanjang pendaftaran calon pengawas tempat pemungutan suara atau Pengawas TPS dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman. Sampai hari terakhir pendaftaran pada Ka ...

Olahraga

Tim Bulu Tangkis Indonesia Dapat Suntikan Semangat dari Bupati Sragen

Jawa Tengah, Bernas.id - Tim bulu tangkis terbaik Indonesia saat ini sedang menjalani latihan di Gelanggang Olahraga Bulu Tangkis milik Billy Haryanto di perbatasan Karanganyar-Sragen Jawa tengah. Tim bulu tangkis nasional yang berlatih ...

DIY

Informasi Pemeliharaan Jaringan PLN Wilayah DIY 18-22 Oktober

BERNAS.ID - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan mengamankan pasokan listrik kepada pelanggan, PT PLN UP3 Yogyakarta akan melakukan serangkaian aktivitas pemeliharaan jaringan. Sebagaimana disampaikan oleh Humas PLN melalui surat kepada ...

Internet

Media Sosial dan Fenomena Kehidupan Berbahasa

BERNAS.ID - Perkembangan zaman pada industri 4.0 seperti yang kita ketahui telah merubah tatanan kehidupan manusia menjadi lebih baik. Perubahan tersebut jelas terlihat pada bidang transportasi, komunikasi dan informasi, kesehatan, dan bida ...

Internet

Tips dan Trik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Audio Visual

BERNAS.ID - Pembelajaran daring menjadi model pembelajaran baru dengam adanya pandemi yang mewabah di Indonesia bahkan dunia. Pembelajaran daring mewajibkan siswa dan guru untuk menjalankan sebuah sistem operasi baru guna menunjang prose ...

Ekonomi

Puluhan Pedagang Pasar Prawirotaman Diminta Beralih Jenis Dagangan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Proses penempatan kembali pedagang Pasar Prawirotaman Yogyakarta ke bangunan pasar yang baru siap dilakukan. Ini akan disertai dengan sosialisasi mekanisme penempatan dan perubahan jenis dagangan yang harus dilakukan ...