Tebang Sebatang Pohon, Dihukum Denda Seekor Kerbau

Penulis : Cahyadi Joko Sukmono
Editor : Redaktur Bernas
02 September 2020

Sidang Adat Penyerahan Denda Hutan Adat Guguk Jambi | Sumber Foto : KKI Warsi (Rahmat Hidayat)


JAMBI, BERNAS.ID - Jangan coba-coba sembarangan menebang pohon di hutan adat Desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi, jika tidak ingin bernasib apes seperti yang dialami seorang pria berinisial A dari Desa Durian Betekuk.  Ia  ketahuan menebang pohon dari hutan adat  tanpa izin. Akibat perbuatannya, masyarakat Guguk menjatuhkan sanksi denda berupa seekor kerbau, beras 250 gantang, dan 200 butir kelapa serta selemak semanis. Sidang adat penyerahan denda ini dilakukan Selasa  September 2020 bertempat di Balai Adat Desa Guguk.

Kejadian ini berawal dari kecurigaan masyarakat Guguk yang tinggal di tepi Sungai Nilo, sungai yang memisahkan pemukiman masyarakat dengan hutan adat. Sungai yang biasanya mengalir jernih itu, tetiba menjadi keruh dan terdapat potongan-potongan kayu yang di hanyutkan. Kejadian tanggal 19 Juli 2020 itu langsung di laporkan kepada ketua Kelompok Pengelola Hutan Adat (KPHA) Guguk.   Tanpa menunggu lama, sebanyak 60 orang anggota KPHA dan masyarakat langsung melakukan penelusuran lokasi hutan adat, mencari sumber potongan kayu dan penyebab air keruh. “Kami menemukan bekas kayu yang ditebang beserta papan kayu yang sudah di gesek, tapi tidak ada pelakunya di lokasi,”kata Sopian Hadi ketua KPHA Guguk.

KPHA dan masyarakat tidak tinggal diam. Aturan pengelolaan Hutan adat Guguk harus ditegakkan, tidak diizinkan melakukan penebangan tanpa izin dan syarat yang sangat ketat.  Aturan pengelolaan dan sanksi pelanggaran tertuang dalam Piagam Kesepakatan Pemeliharaan Dan Pengelolaan Hutan Adat Desa Guguk Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin tertanggal 9 Mei 2003, juga tertera di Peraturan Desa Nomor 2 Tahun 2004 tetang Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan Desa Guguk. Kedua produk hukum desa ini, lahir setelah keluarnya Surat Keputusan dari Bupati Merangin Nomor 287 tentang Pengukuhan Kawasan Bukit Tapanggang sebagai Hutan Adat Masyarakat Hukum Adat Desa Guguk  seluas 690 ha.

“Kami cari dan selidiki, siapa yang telah mencuri kayu di hutan adat kami," Kata Sopian.

Setelah sebulan melakukan penelusuran dan penyelidikan, masyarakat Guguk menemukan terduga yang melakukan penebangan. KPHA beserta Pemerintahan Desa, Lembaga adat, dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) menyurati oknum tersebut. “Surat kami dibalas dua minggu kemudian, isinya menyangkal melakukan penebangan liar,” Tambah Sopian. 

Tak kehabisan akal, KPHA, Pemdes, Lembaga Adat dan BPD melakukan pendekatan pada Kepala Desa dan Ketua Lembaga Adat Desa Durian Betekuk, tempat terduga berasal yang masih merupakan tetangga dari Desa Guguk. Melalui kerjasama antar lembaga dari kedua desa ini, terduga akhirnya mengakui perbuatannya dan mengaku bersalah karena telah menebang pohon dari area hutan adat Desa Guguk. 

“Yang bersangkutan, akhirnya menyampaikan permohonan maaf secara langsung pada Kepala Desa, Ketua Lembaga Adat, BPD, dan KPHA Desa Guguk dan menyanggupi sanksi yang akan diberikan,” Lanjut Sopian.

Berdasarkan musyawarah lembaga-lembaga tersebut, sanksi yang dijatuhkan sesuai dengan piagam pengelolaan hutan adat Guguk yaitu satu ekor kerbau, 250 kilogram beras, dua ratus butir kelapa. Denda ini diserahkan dan kemudian dilakukan pemotongan dan pengolahan denda pada tanggal 31 Agustus 2020.

Pada hari sidang adat, seluruh sajian hasil denda telah disusun dengan rapi di balai adat. “Kita akan bermaafan dengan inyo, dan sekarang juga menjadi bagian dari masyarakat Desa Guguk,” kata Datuk Syamsudin Ketua Lembaga Adat Desa Guguk, pada acara sidang adat, Selasa, 1 September 2020 yang dihadiri Camat Pembarap, KPH Merangin, seluruh perangkat desa, KPHA, pelaku serta masyarakat Guguk.  

Pelaksanaan sidang adat memperlihatkan adat masyarakat Guguk begitu kokoh membentengi hutan mereka. “Adat yang kuat dikelola oleh masyarakat dengan sangat baik, terbukti mampu melindungi kawasan hutan mereka,”kata Ade Candra Koordinator Program Komunitas Konservasi Indonesia Warsi.

KKI Warsi sejak awal melakukan pendampingan panjang kepada masyarakat Guguk untuk memperoleh hak kelola hutan adat. Kawasan hutan yang dijaga dan dirawat masyarakat itu, di era akhir tahun 1990-an sempat di caplok oleh perusahaan HTI, namun masyarakat Guguk tidak pernah mundur, kawasan hutan yang menjadi sumber tanaman obat, jernang, jelutung dan perlindungan hidup satwa itu sudah menjadi  sandaran masyarakat Guguk, diperjuangkan dengan gigih. Masyarakat Guguk yang masuk dalam Marga Pembarap- kelompok masyarakat Pembarap yang mendapatkan izin kelola dari Kesultanan Jambi jauh sebelum Indonesia Merdeka, memiliki bukti-bukti sejarah tentang keberadaan mereka di wilayah itu. Bukti ini yang menjadi dasar pengakuan hak kelola hutan adat Guguk, dan mendapatkan pengesahan dari Bupati Merangin.  “Keteguhan masyarakat dengan adat dalam mengelola sumber daya hutannya, memperlihatkan hubungan erat masyarakat dengan hutannya, nilai-nilai adat ini terus diturunkan kepada generasi berikutnya. Penguatan nilai adat ini paling tidak dilakukan setiap tahun melalui ritual makan jantung, setiap tanggal 2 syawal. Cara-cara ini terbukti bisa memperkuat masyarakat dan nilai adatnya,”kata Ade.

Ritual yang dilakukan ini, sebagai pewarisan budaya dari generasi tua ke generasi muda. Pada kesempatan ini, para tengganai adat akan membacakan kembali Piagam Lantak Sepadan-piagam pengakuan Marga Pembarap, sebagai asal usul masyarakat Guguk beserta kawasan kelolanya dan aturan  pengelolaan sumber daya berdasar nilai adat. “Sangat kita apresiasi bagaimana masyarakat Guguk menjalankan tradisi mereka dan mampu mempertahankan hutan di tengah gempuran yang sangat kuat pada kawasan-kawasan hutan tersisa,” Kata Ade.

Berkat kasus ini kita dapat melihat bahwa masyarakat memiliki kepedulian yang tinggi akan hutannya dan taat pada aturan yang telah disepakati bersama. Tidak banyak tempat yang masih menjalankan hukum adat untuk urusan lingkungan. Masyarakat pun tidak dilarang untuk mengambil kayu, namun pengambilan kayu harus sesuai dengan aturan, misalnya untuk keperluan fasilitas umum, untuk rumah warga. Pengambilan kayu bisa dilakukan setelah mendapatkan izin dan memenuhi syarat yang ditetapkan termasuk menanam kembali di bekas tebangan. Izin diberikan oleh kelompok pengelola dan disetujui Lembaga Adat setelah melalui rapat bersama.

Pengaturan yang sangat ketat ini tidak lepas dari posisi Hutan Adat yang persis di belakang pemukiman warga berupa bukit yang curam. Salah mengelola berarti juga bencana yang akan datang. Tidak hanya itu, berdasarkan pengamatan kamera trap yang dilakukan Warsi dan kelompok pengelola, kawasan hutan adat Guguk merupakan tempat hidup mamalia besar yang dilindungi. Keberadaan satwa ini sejak dahulu sudah diketahui masyarakat dan mereka pun saling menjaga satu sama lain. “Kalau kito mengganggu rumah hewan, rumah kito juga akan diganggu dek hewan, ” tutur Ansori, warga desa Guguk.

Dalam menjalankan aturan pengelolaan masyarakat Guguk mengedepankan aturan adat dibandingkan hukum pidana. Ada keyakinan bahwa permasalahan di desa bisa diselesaikan secara adat. Namun jika cara adat menemui jalan buntu, pilihan terakhir adalah hukum pidana. “Kami akan melaporkan kasus ini ke polisi jika terdakwa tidak mau membayar sanksi adat. Namun untungnya masalah ini bisa selesai secara adat” kata Ketua KPHA.

Pada acara adat ini, pelaku pengambilan kayu mengakui kesalahannya sekaligus mengapresiasi aturan yang dijalankan oleh masyarakat Desa Guguk, walaupun kayu yang diambil hanya satu batang. Beliau mengaku khilaf dan tidak mengetahui batas Hutan Adat Desa Guguk.  Acara sidang adat ditutup dengan makan bersama dengan lauk rendang dan dendeng balado hasil denda adat. Lalu semua orang bermaaf-maafan.

Hutan Adat Guguk dan Pohon Asuh

Hutan Adat Guguk yang dikukuhkan dengan SK Bupati Merangin No 287 Tahun 2003, selama ini dijaga masyarakat karena merupakan sumber mata air. Secara ekologi hutan ini penting untuk pencegah longsor dan banjir, serta kaya keanekaragaman hayati. Dari penelitian Warsi dihutan ini ditemukan ditemukan 89 jenis burung, 37 jenis diantaranya dilindungi seperti Rangkong Gading (Baceros vigil), Kuau Raja (Argusianus argus).  Juga ditemukan 22 jenis mamalia beberapa diantaranya dilindungi seperti  harimau sumatera, Tapir (Tapirus indicus) dan Beruang (Helarctos malayanus).   Di Hutan ini juga ditemukan 84 jenis kayu seperti Meranti, Balam dan Marsawa mempunyai diameter lebih dari 55 cm, bahkan ada yang berdiameter tiga bentangan tangan orang dewasa.

Sejak beberapa tahun ini Warsi dan Kelompok Pengelola Hutan Adat Guguk mengajak publik untuk turut serta mengelo hutan adat. Caranya dengan mengasuh pohon dari hutan adat ini. Untuk mengasuh pohon ini, bisa mengunjungi situs pohonasuh.org.

“Dengan mengasuh pohon di hutan adat ini, kita bisa memberikan dukungan langsung bagi masyarakat Guguk dalam menjaga hutannya,” kata Ade Chandra.

Kontributor Jambi : KKI Warsi

 

 


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Budaya

Foto Liputan Covid-19 Karya PFI Jogja Hadir di FKY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Puluhan foto karya fotografer dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) menjadi bagian dari pameran Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020. Karya foto bertema ‘Covid-19 Dalam Lensa Jurnalis’ terpaja ...

DIY

Puluhan Pekerja Hotel Adukan Nasibnya di Disnaker Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebanyak 55 pekerja PT Griya Asri Hidup Abadi (Hotel Grand Quality Yogyakarta) mendatangi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sleman untuk mendapatkan kembali hak-haknya sebagai pekerja sesuai Undang-undang Ketenagakerjaan. ...

Inspirasi

Falsafah Hidup Prof. Soedjarwadi (Mantan Rektor UGM)

Setiap manusia mempunyai prinsip atau falsafah hidup sendiri-sendiri, termasuk mereka yang sudah terbilang sukses dalam menjalani kehidupan ini.  Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D. adalah mantan Rektor Universitas Gadjah Mada perio ...

Nasional

Wiku Sebut Peningkatan Kasus Positif Baru Akibat Kegiatan Calon Kepala Daerah

JAKARTA, BERNAS.ID - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan penambahan kasus positif baru Covid-19 terus mengalami peningkatan. Pada Kamis (24/9/2020) terjadi penambahan kasus positif sebanyak 4.634 da ...

Lifestyle

Jalur Gowes Susur Kampung Kota Jogja Diluncurkan, Ada 5 Rute yang Bisa Ditempuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta melakukan soft launching Jalur Sepeda Gowes Susur Kampung Kota Yogyakarta, Jumat (25/9/2020) di kawasan Bendung Lepen Kotagede. Ini disertai dengan launching aplikasinya di Jogja Smart Service (JSS) ...

DIY

60 Pabrik di DIY Berisiko Tinggi Sebarkan Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 60 pabrik di DIY dinilai berisiko tinggi untuk penyebaran Covid-19. Untuk mengantisipasi terjadinya penularan, Pemda DIY terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan dan penggunaan Jogja Pass sebagai a ...

Kesehatan

35 Persen Wilayah Sleman Masuk Zona Merah Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menerbitkan peta epidemiologi COVID-19 per wilayah Kapanewonan (Kecamatan-red) se-Kabupaten Sleman per tanggal 20 September 2020. Peta epidemiologi COVID-19 ini memberikan gambaran si ...

DIY

Pol PP Kembali Perketat Pengawasan Tempat Kumpul Anak Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja DIY kembali memperketat pengawasan tempat kumpul anak muda seperti kedai kopi dan tempat hiburan. Ini dalam upaya mencegah penularan COVID-19. "Karena terus terang dari laporan Dina ...

Pilkada

Hari Ini, KPU Sleman Mengundi Nomor Urut Bapaslon Pilkada Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan pengundian nomor urut pasangan bakal calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati di Gedung Serbaguna Sleman pada hari Kamis (24/9/2020). Nomor urut pasangan diambil ole ...

Analisa Pilkada

25 Calon Kepala Daerah ini Dipastikan Akan Melawan Kotak Kosong dalam Pilkada 2020

BERNAS.ID - Pilkada tahun 2020 ini memang mengundang banyak polemik. Setelah pro kontra mengenai penundaan penyelenggaraan pilkada karena situasi dan ancaman pandemi, sekarang muncul lagi fenomena politik yang cukup unik.  Taha ...

Politik

PB MDHW: Lanjutkan Pilkada 2020 dengan Protokol Kesehatan Ketat

JAKARTA BERNAS.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memutuskan tidak akan menunda Pilkada 2020 meski muncul banyak masukan penundaan. Jokowi mengambil keputusan ini setelah mendengarkan dan mempertimbangkan masukan dari berbagai u ...

Analisa Pilkada

Pilkada 2020 Meyakinkan Pemilih Lewat E-Demokrasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah 2020, menjadikan pesta demokrasi kali ini menjadi lebih spesial. Selain dilaksanakan dalam situasi pandemi yang menuntut pemerintah bekerja keras menyesuaikan berbagai r ...

Sintesa

Cerita Menuju Pengembangan Budaya Bahari bagi Anak-anak Pesisir

Oleh:  Profesor Sudjarwadi Suatu pagi Yatica masuk rumahnya dari halaman depan sambil menenteng sesuatu. Situtena, suaminya, mengira Yatica membawa makanan tetapi ternyata bukan makanan. “Yang, ini ada kiriman buku dar ...

DIY

ASN DIY Positif Covid-19 Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Seorang ASN (Aparat Sipil Negara) Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meninggal dunia setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Almarhum (50) yang berjenis kelamin laki-laki meninggal pada hari Rabu (23/09), pukul 9.57 ...

Pilkada

Petahana Bantul Bakal Bertarung di Pilkada

BANTUL, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul hari ini, Rabu (23/9/2020) telah menetapkan 2 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak lanjutan pada 9 Desember 20 ...

Olahraga

Meski Covid-19 Terus Menyebar, Lanjutan Liga 1 di DIY Jalan Terus

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walau penambahan kasus positif Covid-19 masih cukup tinggi khususnya dalam beberapa minggu terakhir, DIY akan tetap menjadi homebase sejumlah klub dalam lanjutan Liga 1 yang akan dimulai pada 1 Oktober mendatang ...

Analisa Pilkada

KPU Sleman: Tiga Paslon Lolos Seleksi Administrasi

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman secara resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Sleman untuk maju di Pilkada 2020. Penetapan diputuskan setelah melakukan rapat pleno tertutup. ...

Pariwisata

25 Usaha Jasa Pariwisata Jogja Terverifikasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 25 dari total 57 usaha jasa pariwisata di Kota Yogyakarta telah memperoleh surat keterangan terverifikasi protokol kesehatan dari pemerintah daerah setempat hingga pekan ketiga September, yang terdiri dari 2 ...

Olahraga

Tiga Pemain PSS Dipanggil ke Timnas U-16

SLEMAN, BERNAS.ID - Tiga orang pemain muda PSS Sleman dipanggil untuk mengikuti pemusatan pelatihan Timnas Indonesia U-16. Ketiganya adalah Raka Octa yang berposisi penjaga gawang, Iput Nurhasan yang berposisi sebagai stopper, dan Fahmi Alv ...

DIY

Sultan: Pilkada Jangan Sampai Jadi Klaster Baru

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski menuai kontroversi, Pemerintah Pusat tetap memutuskan untuk melanjutkan Pilkada pada pada 9 Desember mendatang. Merespons hal ini, Pemda DIY menyerahkan pelaksanaan pilkada pada KPU dan berpesan agar janga ...

DIY

Sultan Tinjau Kesiapan Shelter Covid-19 di Tegalrejo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau shelter penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta yang terletak di Rusunawa Bener, Tegalrejo, Senin (22/9/2020). Sultan menilai fasilitas tersebut cukup baik, dan mulai ha ...

Editorial

TouriSME Connect, Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Kurang lebih 5 tahun lalu, selepas pensiun dari PT FIV, saya berkeliling ke beberapa wilayah Indonesia untuk lakukan riset mandiri tentang Social Business. Ada banyak tempat yang saya datangi dari pegunungan, pedesaan, hutan, kampung, hingg ...

Nasional

Menag Positif Covid-19, Akses Masuk Kantor Kemenag Dibatasi

JAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Covid-19. Jubir Kemenag Oman Fathurrahman mengatakan, bahwa saat ini telah dilakukan pembatasan akses masuk kantor bagi pegawai Kementerian Agama. "Kementerian Ag ...

Nasional

Muhammadiyah Minta Pilkada 2020 Ditunda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyerukan agar pemerintah menunda lagi Pilkada Serentak 2020, sebab kasus Covid-19 yang makin mengkhawatirkan. Muhammadiyah menilai keselamatan masyarakat harus diprioritas ...

Kesehatan

Berikut Tanda-Tanda Gejala Malaise

SLEMAN, BERNAS.ID - Demam, batuk, tenggorokan gatal, dan pilek merupakan sejumlah gejala ringan yang kerap muncul pada infeksi Covid-19. Namun, selain gejala-gejala tersebut, ada salah satu gejala ringan yang disebut malaise.   ...

DIY

Begini Kesiapan Shelter Pasien OTG di Kota Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Persiapan Shelter Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta di Rusunawa Bener Tegalrejo bisa dibilang telah selesai dan siap digunakan. Strategi logistik selama pasien OTG menjalani isolasi mandiri pun telah disusun. ...

Wacana

Polemik Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh Wiastiningsih, WNI yang sedang kuliah di Tokyo. Sejak wabah Covid-19 terjadi akhir tahun 2019 di Wuhan dan meluas hampir ke seluruh penjuru dunia, semua lini kehidupan terdampak dan perlu beradaptasi agar kehidupan tetap berlangsung ...

UMKM

Cara Mendapatkan Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro dan Kecil

Para pengusaha mikro dan kecil akhirnya bernapas lega karena sejak 24 Agustus 2020, pemerintah sudah menyalurkan bantuan presiden (banpres) produktif bagi usaha mikro atau disebut Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM). Nilainya sebesa ...

DIY

Kini di Sleman ada Anjungan Mandiri Donor Darah

SLEMAN, BERNAS.ID - Seluruh anggota keluarga Palang Merah Indonesia Kabupaten Sleman melakukan aksi donor darah di GOR Pangukan, Tridadi, Sleman dalam memperingati HUT ke-75, Sabtu pagi (19/10/2020). Selain aksi kemanusiaan, PMI Kabupaten S ...

Kesehatan

Dilarang Dipakai, Ini Kelemahan Masker Scuba

SLEMAN, BERNAS.ID - Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher, dr Mahatma Sotya Bawono, M.Sc., Sp. THT-KL., menegaskan bahwa masker scuba tidak efektif dalam memberikan perlindungan terhadap penularan virus corona penyebab Co ...

DIY

Pemda Didesak Tingkatkan Perlindungan Dokter, Perawat dan Tenaga Kesehatan Lainnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Hasil kontak tracing terkini yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah DIY mendapatkan 53 kasus baru positif Covid-19 pada Jumat (19/9/2020), yang membuat total kasus positif COVID-19 di DIY menjadi 2.037 kasus. ...

Nasional

Komite Penanganan Covid10 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Bahas Fokus Penanganan di 8 Propinsi Prioritas

JAKARTA, BERNAS.ID - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengadakan Rapat Pleno rutin mingguan pada Jumat 18 September 2020. Seperti dilansir dalam siaran pers KPC-PEN, rapat membahas tindak lanjut da ...

Ekonomi

Airlangga Hartarto Optimis Ekonomi Indonesia Akan Lebih Cepat Membaik

Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto meyakini dengan optimis bahwa ekonomi Indonesia akan semakin membaik, sejalan dengan progres optimalisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional.  Lebih detail Airlangga memaparkan i ...

DIY

Rinaldi di Mata Civitas UGM

SLEMAN, BERNAS.ID - Dosen Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Stedi Wardoyo menceritakan tentang sosok Almarhum Rinaldi Harley Wismanu yang ditemukan tewas termutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Sela ...

DIY

Satgas Covid-19: 70 Persen Kasus Positif di DIY Didominasi OTG

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyampaikan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, kasus konfirmasi Covid-19 bertambah 41 orang, Kamis (17/9/2020).  " ...

DIY

Pedestrian Malioboro Diharapkan Terwujud Tahun Depan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemda DIY kini sedang mematangkan dan memperkuat formulasi rencana uji coba kawasan semi pedestrian Malioboro mulai dari manajemen lalu lintas, pemenuhan kantong parkir, penataan sirip-sirip dan sebagainya pada ...

DIY

Empat Anggota Kena Covid-19, DPRD DIY Mengaku Tak Kendorkan Kinerja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Adanya kasus 4 orang positif Covid-19 di perkantoran di lingkup DPRD DIY merupakan pengingat yang penting, bahwa semua pihak harus bergerak serempak dalam menjalankan protokol kesehatan. Eko Suwanto selaku Ketua Komi ...

DIY

Kesaksian Orang-orang Dekat Rinaldi, Korban Mutilasi Kalibata City

SLEMAN, BERNAS.ID - Korban mutilasi, Rinaldi Harley Wismanu yang ditemukan di Apartemen Kalibata City Jakarta merupakan sosok pribadi yang baik dan penyayang. Hal ini diungkapkan oleh pamannya, Hutabarat yang merupakan suami dari adik Ibu A ...

Analisa Pilkada

Bawaslu Imbau Bapaslon Turunkan Alat Peraga Secara Mandiri

SLEMAN, BERNAS.ID - Bawaslu Kabupaten Sleman meminta KPU Kabupaten Sleman mengoptimalkan posko pelayanan pendaftaran pemilih selama proses pengumuman dan tanggapan masyarakat serta perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Bupati d ...

DIY

Beras Bansos Kemensos Mulai Didistribusikan di Kota Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bantuan beras dari Kemensos RI bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah didistribusikan di berbagai wilayah Kota Yogyakarta. Untuk mencegah kerumunan, pembagian dipecah hingga tingkat kecamatan dan kelurahan.& ...

DIY

DPRD DIY Konsisten Tak Mau Sebut Nama Anggota yang Positif Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, menegaskan, sesuai aturan, DPRD DIY tidak diperkenankan menyampaikan ke publik nama empat anggota dewan yang positif Covid-19. Keterbukaan pejabat soal Covid-19 d ...

Kesehatan

Pentingnya Mengenal Kemampuan Diri Sendiri

Pada dasarnya, tidak ada manusia yang terlepas dari masalah. Baik dengan keluarga, teman kerja bahkan lawan interaksi sosial. Jika dianalisa lebih lanjut, semua masalah tersebut terkoneksi langsung dengan diri sendiri. Kebanyakan orang tida ...

Kesehatan

Hindari Penularan Covid-19 di Rumah, Luhut Minta Pemda Siapkan Ini

BERNAS.ID - Luhut Binsar Pandjaitan selaku Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu meminta pemerintah daerah (pemda) untuk membangun pusat-pusat karantina untuk isolasi kasus konfirmasi Cov ...

Gen Z

CLC disebut Anak Tiri dari Cube Entertaiment, Ini Penyebabnya.

Crystal Clear atau lebih dikenal sebagai CLC adalah sebuah girl group beranggotakan 7 orang yang berjalan di bawah naungan agensi Cube Entertaiment. CLC terbentuk dan didebutkan pada tahun 2015 dengan 5 orang anggota, hingga pada tahun 2016 ...

Gen Z

Blackpink Dituduh Meniru Lagu Legendaris Queen, Ini Fakta dan Kebenarannya.

Blackpink memang tak pernah sepi dari sensasi. Nama girl group asal Korea Selatan, Blackpink tentu tak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia, terutama para penggemar Kpop. Nama girl group yang diasuh oleh YG Entertaiment itu sendiri ...

Analisa Pilkada

Hari Ini Batas Perbaikan Berkas Bapaslon Bupati Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul meminta masing-masing tim bapaslon segera melakukan perbaikan kelengkapan dokumen bagi kandidat pilkada yang belum memenuhi syarat administratif. KPUD Gun ...

DIY

Di Sleman, Anak Ahmad Dhani Ungkap Cita-citanya Jadi Presiden di Tahun 2049

SLEMAN, BERNAS.ID - Ahmad Jalaluddin Rumi atau akrab disapa El Rumi mengatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden di tahun 2049. Saat itu, ia mengatakan umurnya telah mencapai 50 tahun. Pernyataan ingin menjadi presiden ini, ia ungka ...

DIY

Istri Ketua DPRD DIY Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Cobaan kembali menimpa Ketua DPRD DIY Nuryadi. Sang isteri tercinta, Sulastri, meninggal dunia pada Rabu (16/9/2020) pukul 09.06 WIB, pada usia 58 tahun. Almarhumah meninggal di Rumah Sakit Bethesda akibat penyakit g ...

DIY

Empat Anggota DPRD DIY Positif Covid-19, Gedung Dewan Ditutup 3 Hari

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - DPRD DIY mengadakan tes swab kepada 32 anggotanya, Sabtu (12/9/2020) akhir pekan lalu. Hasilnya, ditemukan ada empat orang anggota dewan yang positif Covid-19. "Saya tekankan, positif Covid-19 bukanlah sebuah ...

Bernas TV

FSPRTMM : Rencana Revisi PP 109/2012 Akan Hambat Industri Tembakau

Yogyakarta, BERNAS.ID – Federasi Serikat Pekerja Rokok, Tembakau, Makanan dan Minuman, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM SPSI) meminta pemerintah untuk menunda penerapan regulasi terbaru pada Industri Hasil Tembakau (IH ...