Berita Nasional Terpercaya

Cara Mematikan Windows Update Otomatis untuk Hemat Kuota Internetmu

0

BERNAS.ID – Fitur windows update  seringkali menguras kuota internet tanpa disadari. Terlebih bagi mereka yang menggunakan kuota hasil tethering ponsel, bukan Wifi. Pasalnya, pembaruan sistem operasi windows sering menggunakan data dalam jumlah yang besar. Maka dari itu, kamu perlu menonaktifkan fitur tersebut untuk menghemat kuota internetmu. Berikut langkah-langkah mudah untuk mematikan fitur windows update.

1.Disable Melalui Control Panel

Cara ini terbilang cukup simpel, karena kamu tidak perlu memasukkan banyak perintah. Berikut panduannya.

  1. Buka control panel. Cara termudah, kamu dapat mencari menu control panel melalui kolom pencarian windows.
  2. Pilih System and Security
  3. Lalu pilih Administrative Tools.
  4. Kemudian, kamu akan menemukan halaman baru berisikan berbagai macam tool dengan fungsi-fungsi yang berbeda-beda. Pilih Services.
  5. Cari opsi bernama Windows Update dan klik dua kali untuk membuka halaman Windows Update Properties.
  6. Jika sudah terbuka, maka kamu hanya perlu mengubah pilihan Startup type menjadi Disabled pada menu General. Jangan lupa klik pilihan Stop pada bagian Service status.
  7. Langkah terakhir tekan OK.
  8. Sekarang, fitur windows update sudah tidak menyala secara otomatis. Apabila kamu ingin menyalakannya lagi, cukup ulangi langkah di atas dan ganti pilihan disabled menjadi automatic.

2. Disable Melalui Metered Connection

Cara mudah lain yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengaktifkan set metered connection. Hal ini akan mematikan fitur windows update pada koneksi tertentu yang kamu pilih. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik kanan pada nama Wifi yang terkoneksi dengan komputer/laptop kamu, pilih properties.
  2. Klik slide bar atau aktifkan pada Set as metered connection.
  3. Langkah ini hanya akan mematikan fitur windows update pada koneksi yang telah kamu atur. Apabila kamu terhubung dengan jaringan lain, maka pengaturan ini akan kembali seperti semula.

Itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan pembaruan sistem operasi windows otomatis. Cara ini akan mengurangi pemborosan kuota internet dengan cukup signifikan.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.