Berita Nasional Terpercaya

Lama Tak Terlihat, Hantu Tugu Jogja Muncul Lagi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Setelah beberapa bulan tak terlihat, sekelompok orang yang berkostum ala hantu kini muncul lagi di kawasan Tugu Yogyakarta. Mereka kembali “bergentayangan” menemani malam-malam pengunjung yang datang ke sana.

Kartono (26), salah satu anggota Komunitas Hantu Tugu Jogja, kini kembali mejeng di sekitar Tugu Jogja, mengenakan kostum dan riasan hantu biarawati “Valak” sambil menerima ajakan berfoto para pengunjung.

Kartono menceritakan bahwa Komunitas Hantu Tugu Jogja sudah ada sejak tahun 2014, dua hari pasca erupsi Gunung Kelud. Awalnya ia mengaku hanya iseng-iseng saja. Namun rupanya penampilannya justru mengundang banyak perhatian. Banyak orang yang mengajaknya foto, dan tak sedikit pula yang memberi uang. Sejak itulah, bagi Kartono menjadi hantu Kartono adalah profesi utamanya.

Selama enam tahun beraksi, Kartono mengaku relatif tak menemui kendala. Hingga tiba pandemi Covid-19 yang memaksanya  menghentikan kegiatannya menjadi hantu jalanan.

Selama sekitar enam bulan, Kartono nyaris tak punya pekerjaan. Ia juga mengaku tak dapat jatah bantuan sosial sama sekali. ?Sejak ada larangan itu saya menganggur di rumah,” ujarnya, Jumat (4/9/2020).

Karena itulah, sejak Sabtu pekan lalu, Kartono dan temannya kembali datang ke Tugu Jogja dan berdandan menjadi hantu. Ini guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Namun walaupun sudah kembali beraksi, Kartono merasa penghasilannya di jalanan belum bisa dikatakan normal. Pasalnya, Tugu Jogja kini masih relatif sepi dari anak muda yang nongkrong. Padahal biasanya sebelum pandemi ia dan temannya mampu meraup uang sebanyak Rp 50.000 sampai Rp 100.000 pada hari biasa. Sementara di akhir pekan kalau ramai bisa mencapai Rp 150.000.

“Kendalanya juga kalau hujan deras seperti kemarin juga tidak bisa,”  jelasnya. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.