Berita Nasional Terpercaya

6 Cara Hemat Listrik ketika Menggunakan ?Air Conditioner?

0

BERNAS.ID – Air conditioner (AC) seringkali menjadi sebab mengapa tagihan listrik membengkak. Pasalnya, kosumsi daya AC tergolong cukup tinggi dan benda tersebut sering digunakan, terutama ketika cuaca panas.

Meskipun demikian, ada beberapa cara untuk menghemat listrik ketika kamu menggunakan AC. Simak 6 cara berikut.

1. Atur Suhu

Kamu perlu menaikkan suhu setidaknya 22 derajat celsius. Hal tersebut dilakukan terutama ketika ruangan sudah mulai dingin. Pasalnya, suhu di bawah 22 derajat celsius akan membuat AC bekerja lebih berat. Dengan demikian, konsumsi daya listrik pun akan meningkat.

2. Hindari Mode Auto

Kamu sebaiknya memilih mode AC secara manual, baik itu mode suhu hingga kipas AC. Apabila kamu memilih mode auto, tentu akan memperberat kerja AC. Pasalnya, mode auto pada AC akan selalu mengikuti perubahan suhu di ruangan yang menyebabkan AC bekerja lebih ekstra.

3. Beri Jeda setelah Mematikan AC

AC membutuhkan daya yang cukup tinggi ketika pertama kali dihidupkan. Oleh karena itu, kamu perlu memberi jeda sekitar 4-5 menit setelah mematikan AC. Selain menghemat listrik, hal itu juga dapat membuat mesin AC lebih awet.

4. Bersihkan AC secara Rutin

Kondisi AC yang kotor tentunya akan membuat mesin AC bekerja lebih ekstra. Untuk itu, kamu perlu membersihkan AC secara berkala, paling tidak 2-3 bulan sekali.

5. Arahkan Mulut AC Menghadap Atas

Sangat penting untuk mengarahkan mulut AC ke atas. Dengan melakukan hal itu, kipas AC dapat segera memenuhi ruangan. Hal yang perlu kamu ingat ialah AC berfungsi sebagai pendingin ruangan, bukan mendinginkan tubuhmu.

6. Tetap Nyalakan AC

Apabila kamu meninggalkan ruangan hanya dalam waktu singkat, lebih baik biarkan AC tetap menyala. Hal itu dikarenakan AC membutuhkan daya listrik yang tinggi pada saat dinyalakan. Dengan mematikan dan menghidupkan AC secara berulang-ulang, tentu akan memakan daya listrik yang cukup banyak.

Itulah enam cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat listrik ketika menggunakan AC. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi tagihan listrik membengkak.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.