Berita Nasional Terpercaya

Wawali Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Penyebaran Covid-19

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Wakil Walikota Yogyakarta, yang juga merupakan Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dan lebih waspada terhadap penyebaran covid-19, hal tersebut dikarenakan banyak ditemukan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ia menjabarkan yang dimaksud OTG adalah seorang yang telah terpapar covid-19 namun tidak menunjukkan gejala-gejala sudah terpapar covid-19. 

“Sekarang yang terpapar covid-19 sudah tidak seperti dulu, kalau dulu banyak yang menunjukkan gejala seperti sesak nafas, badan panas, tetapi sekarang banyak juga ditemukan OTG, sudah terpapar tetapi tidak menunjukkan gejala sama sekali,” ujarnya saat menghadiri acara Ngluwihi dan Mbagehi warga RW 04 Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta, Minggu (6/9/2020).

Ia mengungkapkan jika kasus di Kota Yogyakarta semakin tinggi, pada akhir bulan Juli jumlah total kasus positif covid-19 tidak sampai 40 kasus. “Namun selama bulan Agutus hingga awal September mencapai 180 kasus. Artinya ada peningkatan di bulan Agustus ini, dan sebagian besar dari kasus tersebut adalah OTG,” katanya.

Heroe menyampaikan, dengan adanya OTG ditakutkan dapat menyebarkan covid-19 tanpa disadari, untuk itu dirinya menegaskan agar masyarakat tidak terlena dan harus tetap menegakkan protokol kesehatan selama pandemi masih ada.

“OTG itu tidak merasakan gejala tetapi dapat menularkan covid-19 kepada orang lain, masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan,” tuturnya.

Saat ini Pemkot Yogyakarta terus melakukan pengendalian penyebaran covid-19 dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara melakukan tracking dan melakukan rapid tes diberbagai lokasi. (cdr)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.