Berita Nasional Terpercaya

Sumbu Filosofis Jogja Harus Bebas Macet

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID  – Pemda DIY kembali melanjutkan proses pengusulan sumbu filosofis Jogja sebagai warisan budaya dunia kepada UNESCO. Sejumlah persiapan dilakukan dalam aspek pembangunan, kepariwisataan dan kebencanaan.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Sumadi, menjelaskan dalam kelanjutan proses pengusulan ini pihaknya telah mendapat sejumlah masukan dari Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

?Salah satunya mengubah pandangan kita ke selatan, wawasan juga dibuka ke laut,? katanya, Senin (7/9/2020).

Ia menuturkan selama ini penataan yang dilakukan hanya fokus ke pertanian saja, namun kurang menjamah ke laut yang berada di sebelah selatan DIY. Padahal, laut selatan memiliki beragam potensi, baik pariwisata maupun sumber daya alam.

Pada sumbu filosofis ini menurutnya juga akan dilakukan penataan agar lalu lintas bisa lebih lancar. Tempat parkir Abu Bakar Ali menjadi salah satu tempat yang akan ditata.

?Nanti akan nada solusinya. Konsep akan diajukan dalam waktu dekat, tahun ini,? jelasnya.

Sumbu filosofis ini menurutnya menjadi satu-satunya warisan budaya dunia yang diajukan Indonesia ke UNESCO. Sebelumnya, Kebun Raya Bogor juga ingin diajukan, namun melihat kesiapannya, Sumbu Filosofis Jogja lebih memungkinkan. (den)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.