Berita Nasional Terpercaya

Anak Bantaran Code Senang Bisa Akses WiFi Gratis

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID –  Keceriaan tampak di wajah anak-anak pinggiran Kali Code di sekitar Masjid Baitul Makmur, Jogoyudan, Gowongan, Yogyakarta. Pasalnya masjid yang ada di kawasan Rusunawa Jogoyudan itu kini memiliki fasilitas WiFi gratis.

Mulai Selasa (8/9/2020), sejumlah pelajar sekolah berkumpul di kawasan masjid tersebut menikmati fasilitas internet gratis. Usai memasukkan 12 digit password, wajah mereka langsung serius menghadap layar smartphone masing-masing, masuk ke dunia maya.

Muhammad Rega misalnya, pelajar kelas 8 SMP N 8 Yogyakarta, yang tinggal di Jogoyudan, bantaran Sungai Code. Ia merasa senang, karena bisa menghemat kuota untuk mengikuti proses belajar-mengajar secara daring.

“Ini memakai internet di sini (masjid) untuk mengerjakan tugas sekolah dari guru. Biasanya dikerjakan dari rumah, memakan kuota. Kalau di sini kan tidak,” tuturnya senang.

Masjid Baitul Makmur merupakan salah satu dari 10 masjid di DIY yang mendapat bantuan internet gratis dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY. Hal ini membuat Nurdin selaku takmir masjid tersebut juga turut senang.

“Anak-anak sekolah sudah bisa memanfaatkan,” kata Nurdin.

Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan
Pendayagunaan BAZNAS DIY Agus Sunarto menjelaskan, pihaknya memang memiliki program pemberdayaan dengan memasang WiFi di masjid-masjid. Selain pemasangan, pihaknya juga memberikan bantuan biaya internet hingga empat bulan ke depan.

“Untuk satu masjid biayanya sekitar tiga jutaan. Rencana akan ditambah hingga 50 masjid sampai akhir tahun,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bantuan diberikan memang untuk memberdayakan pelajar di kawasan masjid supaya bisa belajar daring. Selain itu adalah agar internet bisa dimanfaatkan masyarakat yang menjalankan bisnis online.

“Masjid yang kita bantu sebelumnya kita survei, kami pilih yang masyarakatnya membutuhkan. Hasil survei menyebut masyarakat sekitar Masjid Baitul Makmur sulit ekonominya,” katanya. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.