Berita Nasional Terpercaya

Olahraga Rekreatif! Jokowi: ‘Sport Tourism’ Menjadi Tren Pariwisata Baru

0

BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo mengungkapkan olahraga bisa menjadi salah satu pendongkrak perekonomian nasional karena terdiri dari berbagai industri. Ada peluang mengembangkan sport tourism nasional untuk mendukung aktivitas berolahraga. 

?Olahraga merupakan industri yang cakupannya sangat luas, mulai dari industri events, industri pakaian, sepatu, bola, dan lain-lain,? terang Presiden yang akrab disapa Jokowi itu saat memberikan sambutan pada Puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXVII secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020) kemarin. 

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyebutkan dalam olahraga juga terdapat industri media dan industri penyiaran. Selain itu ada pembuatan stiker, suvenir, piala dan lainnya yang bisa melibatkan UMKM hingga perusahaan raksasa multinasional. Disampaikan Jokowi, target pasarnya bukan hanya masyarakat di daerah maupun pasar nasional tetapi juga pasar global. 

Menurutnya, olahraga juga membuka peluang besar bagi Indonesia untuk mengembangkan sport tourism. Indonesia, lanjutnya, memiliki daerah-daerah dengan pemandangan yang indah seperti pegunungan, danau, maupun laut. Selain itu, setiap daerah juga kaya akan seni dan budaya. 

?Sport tourism telah menjadi tren pariwisata baru yang pasarnya sangat besar, sangat luas, yang akan memberikan multiplier effect pada kegiatan ekonomi masyarakat,? ujarnya seperti dikutip Bernas.Id dari laman resmi setkab.go.id. 

Potensi-potensi di daerah itu dapat dimanfaatkan untuk berbagai acara olahraga, seperti terbang layang, menyelam, bersepeda, atletik, dan olahraga rekreatif lainnya. Ia optimis pengembangan sport tourism akan semakin besar pasca pandemi Covid-19. Menurutnya, masyarakat akan lebih memilih berolahraga dan berwisata di alam bebas. Sehingga ia pun mengajak untuk memanfaatkan potensi dan peluang yang dimiliki Indonesia. 

?Peluang pengembangan sport tourism ini semakin besar pasca pandemi nanti,” ungkap Presiden Jokowi. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.