Berita Nasional Terpercaya

Jubir Satgas Covid-19: Belum Ada Keputusan Soal Standarisasi Harga Tes PCR

0

BERNAS.ID – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan masih dalam tahap perumusan standardisasi harga tes PCR (Polymerase Chain Reaction). Sehingga penerapan standar harga tes PCR saat ini belum diputuskan oleh Pemerintah. 

?Proses dilakukan dengan keterlibatan berbagai pihak penyelenggara, urusan bidang kesehatan, termasuk penyelenggara kesehatan, Kementerian Kesehatan baik swasta maupun pemerintah, serta provider dari PCR ataupun reagen,? ungkap Wiku saat jumpa pers di Kantor Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/9/2020) lalu. 

Menurutnya setelah pemerintah memutuskan soal harga tes PCR hasilnya segera disampaikan ke publik bahkan segera ditetapkan. Diketahui harga tes PCR di berbagai fasilitas kesehatan masih bervariasi. Harga yang berbeda-beda itu dikarenakan keterbatasan stok reagen di lapangan.

?Setelah dirumuskan, kami akan secara transparan kepada publik dan menetapkan pada laboratorium-laboratorium penyelenggara testing PCR tersebut,? ujarnya dikutip Bernas.Id dari laman resmi www.setkab.go.id, pada Sabtu (12/9/2020). 

Hasil positif pada rapid test saja tidak bisa dijadikan penentu bahwa seseorang terinfeksi virus Corona. Tes PCR digunakan untuk mendeteksi virus Corona penyebab Covid-19. Tes PCR merupakan pemeriksaan diagnostik yang dianggap paling akurat untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.