Berita Nasional Terpercaya

Pedagang Positif Covid-19, Pasar Cebongan Ditutup 3 Hari Ke depan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes)Sleman menyampaikan kejadian kasus positif Covid-19 dimulai dari 1 pedagang dan 1 penjaga MCK di Pasar Cebongan Sleman. Dinkes Sleman sudah melakukan tracing kepada kurang lebih 100 orang. 

Kadinkes Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo mengatakan pihak sudah melakukan tes usap dan rapid test terhadap pedagang dan keluarga pedagang. “Kita sudah lakukan tracing dengan jumlah cukup besar, swab tes dan rapid test kepada 98-100 orang,” terangnya, Senin (14/9/2020).

Joko mengatakan dari hasil tracing yang dilakukan ada penambahan 12 positif Covid-19 setelah sebelumnya ada 7 yang positif Covid-19. “Saat ini tracing masih dilakukan, dikembangkan dari kasus-kasus positif pedagang dan keluarga. Sebagian besar yang ketularan keluarga,” ucapnya.

“Saat ini kita masih koordinasi Dinas Perindag dan Satpol PP, lalu kita akan laporkan ke Sekda. Belum ada keputusan apapun sampai hari ini,” imbuhnya.

Untuk yang kontak erat, Joko menyebut sudah dilakukan karantina mandiri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Untuk yang positif, dirawat di rumah sakit dan lainnya di shelter Asrama Haji,” katanya. 

Tentang rencana penutupan total atau tidak Pasar Cebongan Sleman, Joko mengatakan masih dirapatkan. Namun, untuk penutupan sebagian, sudah dilakukan.

Sedangkan, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya menyampaikan keputusan akan menutup Pasar Cebongan selama 3 hari mulai besok, Selasa 15 September 2020 sampai Kamis 17 September 2020. “Langkah ini diambil karena sudah dilakukan tracing lebih dari satu blok,” katanya.

Ia pun tak memungkiri berkaitan dengan situasi sekarang ini, masyarakat banyak yang takut, khususnya masyarakat di dekat Pasar Cebongan. “Penutupan pasar bukanlah hal mudah yang dilakukan karena dikhawatirkan masyarakat akan takut kembali lagi ke pasar jika penutupan sudah dilakukan,” tuturnya. (jat

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.