Berita Nasional Terpercaya

Rusunawa Bener Akan Dijadikan Shelter Bagi OTG Pekan Depan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Shelter bagi pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 menjadi hal yang esensial seiring meningkatnya penyebaran Covid-19 melalui OTG di wilayah Kota Jogja. Oleh karena itu, Pemkot Yogyakarta merencanakan penggunaan Rusunawa Bener, Yogyakarta untuk dijadikan shelter guna menampung OTG yang tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, rencananya shelter bagi OTG di Rusunawa Bener, Tegalrejo, Yogyakarta bakal dioperasikan sekitar minggu depan. Saat ini, pihaknya masih mempersiapkan agar infrastruktur yang ada di Rusunawa Bener mumpuni untuk dijadikan shelter bagi OTG.

“Sekarang kita sedang siapkan dan dibersihkan. Kita penuhi fasilitas di Rusunawa Bener agar mendukung sebagai shelter OTG. Minggu depan sudah siap semua. Kalau beberapa hal lain sudah tersedia di sana. Dari tempat tidur, kasur, maupun meja,” jelas Heroe, Selasa (15/9/2020).

Ruangan yang nantinya bakal digunakan sebagai ruang isolasi mandiri bagi pasien OTG Covid-19 menurut Heroe sebanyak 42 unit. Setiap unit ada dua kamar, ukuran per unitnya adalah 36 meter persegi

“Shelter Rusunawa Bener ditujukan kepada OTG yang masuk klaster maupun OTG yang tidak bisa isolasi mandiri di rumah,” sambung dia.

Heroe meneruskan, Pemkot Yogyakarta juga menyediakan shelter bagi pasien OTG Covid-19 yang membutuhkan perawatan medis. Shelter bagi OTG tersebut akan ditempatkan di RS Pratama. 

“Ada delapan kamar di RS Pratama. Terutama, bagi OTG yang perlu penanganan medis. Untuk shelter di Rusunawa Bener kan bagi OTG yang tidak perlu perhatian khusus,” jelasnya. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.