Bagian Kedua: Duka Perempuan Beraroma Kembang Kopi

Penulis : Risma Arista
Editor : Sabila J. Firda
16 September 2020

Sumber: Pixabay


Bernas.idDari awal aku tahu bahwa dia tak pernah mencintaiku. Tapi aku tetap keras kepala untuk menikahinya, menerjang ketidaksetujuan bapakku bahkan warga sekampungku. Aku tetap menikahi Martini, si janda beranak satu meski aku tahu dia masih sangat mencintai suaminya yang dulu. Tapi laki-laki beruntung itu telah lama meninggal. Dan aku tak pernah bisa menjadi penggantinya di mata Martini.

Semenjak kami menikah, ia selalu melayaniku dengan baik. Memasak makanan kesukaanku, mengerjakan pekerjaan rumah, dan selalu tersenyum untukku. Kadang kala jika aku sedang benar-benar ingin memperhatikan senyum itu, aku merasa seperti ia melakukannya dengan terpaksa, hanya untuk membuatku senang. Dan sialnya itu selalu berhasil. Buktinya, sampai menjelang dua tahun usia pernikahan kami, aku masih bertahan dengan perasaanku yang bertepuk sebelah tangan ini. Raga Martini mungkin memang menjadi milikku, tapi jiwanya tidak.

Sering aku mendapatinya menangis sesaat setelah kami selesai berhubungan. Jika sudah seperti itu, aku hanya bisa berpura-pura tidur dan tak mendengar tangisannya yang lirih namun sungguh menyayat hati. Meski ia berusaha menyembunyikan kedukaan itu saat tampil di hadapanku, tapi aku jauh lebih mengetahui perasaannya dibanding dirinya sendiri. Aku tidak tahu sampai kapan kami akan sanggup untuk terus berpura-pura antara satu sama lain. Saling menyembunyikan perasaan masing-masing, dan menanggung duka yang sama karena kehilangan seseorang. Martini yang kehilangan suaminya, dan aku yang kehilangan Martini.

Sebelum memutuskan menikah dengannya, awalnya aku hanya berpikir untuk menyelamatkan Martini dan anaknya dari rundungan dan siksaan warga kampung kami yang dulu. Bahkan, bapakku yang seorang kepala RT juga tidak melarang kegiatan warga yang sering memojokkan Martini atau bahkan melukainya secara fisik. Ia dianggap sebagai perempuan pembawa sial yang menyebabkan sebagian besar warga menderita penyakit sesak napas serta gatal tanpa sebab. Bukannya berobat pada mantri atau dokter di puskesmas, mereka justru menyalahkan Martini yang merupakan warga pendatang baru di kampung kami. Katanya, gejala tersebut mereka rasakan setelah mencium aroma kembang kopi yang seringkali berasal dari rumah Martini saat malam hari. Bahkan, tidak sedikit yang meyakini bahwa Martini sedang melakukan jampi-jampi atau semacamnya agar bisa menggoda para pemuda di kampung kami. Sebagian besar masyarakat memang masih memercayai adanya klenik atau mitos yang sengaja dihubung-hubungkan dengan hal-hal gaib. Tapi, kurasa hanya aku yang tidak percaya pada hal-hal semacam itu.

“Desa kita telah dikutuk!” Begitu kata bapak padaku di suatu malam ketika kami berdebat sengit tentang kepindahan Martini yang memang belum lama. Baru sekitar satu bulan ia menempati rumah tua di gigir kampung yang setahuku merupakan peninggalan mendiang suaminya. Sebagai kepala RT, bapak memang sering mendapat banyak laporan atau keluhan dari para warga. Namun minggu-minggu itu, semakin banyak saja warga yang datang ke rumah untuk mengeluhkan hal yang sama, gatal-gatal dan sesak nafas. Aku heran, kenapa orang-orang itu tidak langsung memeriksakan kesehatan mereka pada mantri atau dokter di puskesmas saja? Malah mengadu ke bapakku, yang bahkan tidak tahu menahu soal kesehatan.

“Lalu apa hubungannya wabah yang menimpa masyarakat itu dengan Martini? Lagi pula ia mungkin masih berduka setelah ditinggal suaminya, kenapa para warga justru tidak simpatik padanya?” Tanpa sadar, volume suaraku meninggi saat berbicara di depan bapak.

“O, jadi sekarang kamu sudah berani membentak bapakmu demi membela perempuan pembawa sial itu, ya, Ngguh?”

“Aku tidak membelanya, Pak. Tapi bukankah apa yang bapak dan para warga katakan itu adalah sebuah tuduhan tak berdasar? Apa buktinya kalau Martini yang jadi penyebab itu semua?”

“Jangan pernah sebut nama laknat itu lagi di rumah ini!”

Sebelum aku sempat menjawab, tiba-tiba saja sebuah tamparan keras mendarat di pipi kiriku yang langsung terasa panas. Aku hampir tak percaya lagi kalau bapak tega menamparku begitu keras. Namun setelah perdebatan itu, aku jarang berbicara dengan bapak lagi meski kami tinggal satu rumah. Pun ketika kedua mata kami tak sengaja bersitatap, aku memilih menatap ke arah lain atau pergi menghindarinya.  

Sebenarnya aku masih betanya-tanya sendiri dalam hati, bagaimana mungkin para warga desa ini mengkambing-hitamkan Martini sebagai penyebab mereka menderita sesak nafas dan gatal-gatal itu? Jadi, karena aku merasa saat itu Martini tidak punya siapa-siapa yang bisa membelanya, aku berinisiatif untuk membuktikan bahwa para warga telah salah menilai Martini.

Akhirnya, aku memutuskan untuk bertamu ke rumah Martini malam hari selepas salat Isya’. Suasana depan rumahnya memang remang-remang dengan cahaya lampu pijar yang bahkan hampir habis dayanya. Kuketuk pintu rumah Martini dan memanggil namanya beberapa kali. Dari dalam, kudengar langkah kakinya berjalan mendekat sedikit tergopoh-gopoh. Lalu beberapa saat kemudian, ia membukakan pintu. Pada saat itulah, mataku bersitatap dengan matanya. Meski sudah beranak satu, perawakannya masih sama seperti para gadis yang belum menikah.

“Maaf, Mas Lungguh ada perlu apa ya, datang ke rumah saya?” tanyanya sambil menggendong anak semata wayangnya. Rambutnya dicepol ke belakang, sehingga aku bisa melihat wajahnya secara keseluruhan.

“Boleh saya masuk dulu?” tanyaku. Ia lalu membuka pintu semakin lebar. Masuk ke rumahnya, aroma khas yang yang sering dibicarakan warga kampung langsung menusuk hidungku. Membuatku tak tahan untuk tidak bertanya.

“Aroma apa ini, Mar?”

“Kembang kopi, Mas. Saya sedang meroncenya,” jawabnya datar.

“Untuk apa kamu membuat ronce dari kembang kopi?” Kali ini Martini tak langsung menjawab. Ia menatap lurus ke arah entah, pandangannya seperti kosong begitu saja.

“Dulu suami saya sangat suka sekali kopi racikan murni buatan saya. Kami bahkan menanam pohon kopi di pekarangan rumah kami yang dulu. Selain suka minum kopinya, suami saya juga suka aroma kembang kopi untuk kemudian dibuat teh atau kami racik sendiri menjadi parfum.” Martini masih menerawang, mungkin memanggil kembali sisa-sisa kenangan masa lalu bersama suaminya dulu.

“Tapi sekarang saya sudah tidak bisa melakukan itu semua, Mas. Suami saya sudah meninggal. Saya tidak bisa lagi membuatkan kopi murni untuknya, atau racikan teh atau parfum untuknya. Jadi, saya membuatnya untuk diri saya sendiri.”

Aku berpikir agak lama sembari mencerna kata-kata Martini. Rupanya ibu satu anak itu memiliki duka yang begitu dalam yang hanya mampu dirasakannya sendiri. Sampai sejauh itu, aku tak jadi bertanya lebih jauh terkait tuduhan para warga yang menganggapnya sebagai perempuan pembawa sial karena aroma kembang kopi yang menguar dari rumahnya. Entah mengapa aku tak mau melihatnya menangis dan berduka lebih dalam lagi. Di akhir pertemuan itu, aku hanya menyerahkan sepucuk amplop kecil yang kuminta ia membukanya ketika aku pulang nanti. Awalnya ia memang menolaknya. Namun, karena kupaksa akhirnya ia mau menerimanya juga.

Pada malam lain yang telah kujanjikan padanya, Martini benar-benar datang menemuiku. Ia bahkan telah mengepak barang-barangnya dan membawa si buah hati dalam gendongannya.

“Apa Mas yakin dengan keputusan Mas?” tanyanya hati-hati. Aku memegang tangan Martini dengan erat. Aku hanya mengangguk mantap. Di tengah cahaya remang-remang yang ditimbulkan oleh lampu pijar yang terpasang di gapura desa kami, entah ia melihat binar dalam mataku atau tidak. Yang jelas, aku sudah mantap untuk mengajaknya memulai hidup baru dan berbahagia di tempat lain. Aku dan Martini kabur dari kampung kami secara diam-diam pada suatu malam tanpa bintang. Dalam hati, aku berharap jika wabah yang diderita warga berasal dari aroma kembang kopi yang dironce Martini, setelah ini tak akan ada lagi kambing hitam yang disalahkan. Dan desa kami kembali aman dan tenteram seperti sedia kala.

Aku memutuskan untuk menikahi Martini dan membawanya pindah ke desa lain. Sebuah desa terpencil di pinggiran Kabupaten Semarang. Kebetulan, aku mempunyai kenalan dekat di desa tersebut, dia juga telah banyak membantu kepindahan kami dengan menyediakan transportasi berupa mobil pick up. Kuharap, Martini tak lagi merasakan kedukaan dan jauh dari omong-omong warga.

Namun, sebelum aku resmi menikahinya, rupanya Martini telah mengandung seorang anak.


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Revitalisasi Drainase Jalan Kemasan Kotagede Dilengkapi 100 Sumur Resapan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta kini tengah menyelesaikan proyek revitalisasi saluran drainase di Jalan Kemasan Kotagede. Drainase akan dilengkapi dengan 100 unit sumur peresapan air hujan sebagai upaya konservasi air sehingg ...

Editorial

Hari Kereta Api dan Lokomotif Pemulihan

Oleh : Cahyadi Joko Sukmono, Pemimpin Redaksi Harian Bernas Hari ini, 28 Oktober, adalah Hari Kereta Api.  Tanggal ditetapkan berdasarkan peristiwa bersejarah tahun 1945 setelah proklamasi kemerdekaan saat direbutnya Kantor Pusat ...

UMKM

Anggota DPR RI Minta UMKM Dibebaskan dari Tarif Sertifikasi Halal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf meminta pemerintah untuk membebaskan UMKM dari pengenaan tarif sertifikasi halal terhadap produk yang mereka ajukan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Menurutn ...

Nasional

Viral Konten AR pada Uang Rp 75.000, Begini Tanggapan BI

JAKARTA, BERNAS.ID - Beredar melalui media sosial dan kini menjadi viral tentang uang pecahan Rp 75.000 yang memiliki konten augmented reality atau AR. Dengan menggunakan aplikasi tertentu melalui handphone, pada mode pengambilan video atau ...

Pilkada

Pilkada di Masa Pandemi, Sri Muslimatun Komitmen Lindungi Masyarakat

SLEMAN, BERNAS.ID - Pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan kampanye yang melibatkan massa. Agenda-agenda kampanye yang melibatkan kerumunan massa secara tegas dilarang oleh PKPU Nomor 13 Tahun 2020 dan Maklumat Ka ...

Kesehatan

Operasi Gabungan untuk Disiplinkan Masyarakat Jogja Terhadap Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, maupun Satpol-PP dan Dishub Kota Yogyakarta melaksanakan patroli di sejumlah titik yakni Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton). Operasi yustisi dilakukan terkait d ...

Ekonomi

Upaya Terkini Tingkatkan Literasi Digital Pedagang Pasar Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi digital pedagang pasar rakyat di Kota Yogyakarta, sejumlah relawan dari Beringharjo.co.id menginisiasi Semar School. Ini untuk meningkatkan literasi pedagang terhadap dunia ...

Hukum dan Kriminal

Merasa Dicemarkan, Alumni Gugat UII Yogyakarta

BANTUL, BERNAS.ID - IM, alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang diduga sejumlah pihak melakukan pelecehan seksual menggugat UII Yogyakarta terkait pencabutan Surat Keputusan (SK) mahasiswa berprestasi guna membersihkan nama ...

Analisa Pilkada

Bawaslu Menduga Ada Pelanggaran saat Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mengeluarkan sikap terkait adanya kegiatan massa pendukung di luar Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Sleman saat berlangsungnya Pleno Pengundian Nomor Urut Pasangan C ...

DIY

Edukasi Protokol Kesehatan Digencarkan Hingga Tingkat KampungĀ 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu aspek paling penting selama pandemi Covid-19. Karena itu, Pemkot Yogyakarta, melalui Satpol PP Kota Yogyakarta dan tim gabungan pun gencar melakukan operasi protok ...

Kesehatan

Pemkot Yogyakarta Rencanakan Shelter Khusus Tenaga Kesehatan

YOGYAKART, BERNAS.ID - Sempat ditutupnya empat Puskesmas di Kota Yogyakarta dan terpaparnya beberapa tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit membuat keberadaan shelter bagi nakes dipertimbangkan kembali. Jajak pendapat pun dilakukan untuk m ...

Olahraga

Laga Perdana Liga 1, Tim PSS Jalani Tes Usap

SLEMAN, BERNAS.ID - Laga perdana Liga 1 2020 akan segera digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis 1 Oktober 2020. Laga pertama mempertemukan PSS Sleman melawan Persik Kediri yang akan dimulai pukul 18.30 WIB. Untuk itu, seluruh pemai ...

Inovasi

Tak Sampai 2 Menit, GeNose Bisa Endus Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - Menristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro mengapresiasi alat deteksi Covid-19 lewat hembusan napas yang dikembangkan oleh tim peneliti UGM. Dia mengatakan pihaknya siap untuk mendukung uji klinis lanjutan GeNose. “R ...

Analisa Pilkada

KPU Diminta Jamin Pelaksanaan Disiplin Protokol Kesehatan dalam Pilkada 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto meminta agar upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 benar-benar dijalankan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kesempatan, termasuk berkaitan dengan ...

Daerah

Masyarakat Antusias Menjajal Tol Pekanbaru-Dumai, Sebabkan Antrian Panjang di Pintu Tol

PEKANBARU, BERNAS.ID - Pasca diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat kemarin (25/9/2020),Tol Pekanbaru-Dumai (Tol Permai), secara resmi sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat hari ini mulai pukul  06.0 ...

Olahraga

Gol Bunuh Diri Membuat Timnas U-19 Indonesia Kalah dari Bosnia-Herzegovina

KROASIA, BERNAS.ID - Sebuah gol bunuh diri, membuat Tim Nasional U-19 Indonesia kalah dari Bosnia Herzegovina dalam pertandingan ujicoba di Kroasia Jumat malam (25/9/2020) waktu Indonesia. Gol bunuh diri tersebut dilakukan oleh bek tenga ...

Pendidikan

Siswa Diminta Lapor Kalau Belum Terima Kuota Internet untuk Belajar

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Saat ini sejumlah siswa dan guru di Kota Yogyakarta sudah mulai menerima bantuan subsidi kuota data internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada penerimaan tahap pertama untuk September. Dinas Pendid ...

Budaya

Foto Liputan Covid-19 Karya PFI Jogja Hadir di FKY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Puluhan foto karya fotografer dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) menjadi bagian dari pameran Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020. Karya foto bertema ‘Covid-19 Dalam Lensa Jurnalis’ terpaja ...

DIY

Puluhan Pekerja Hotel Adukan Nasibnya di Disnaker Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebanyak 55 pekerja PT Griya Asri Hidup Abadi (Hotel Grand Quality Yogyakarta) mendatangi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sleman untuk mendapatkan kembali hak-haknya sebagai pekerja sesuai Undang-undang Ketenagakerjaan. ...

Inspirasi

Falsafah Hidup Prof. Soedjarwadi (Mantan Rektor UGM)

Setiap manusia mempunyai prinsip atau falsafah hidup sendiri-sendiri, termasuk mereka yang sudah terbilang sukses dalam menjalani kehidupan ini.  Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D. adalah mantan Rektor Universitas Gadjah Mada perio ...

Nasional

Wiku Sebut Peningkatan Kasus Positif Baru Akibat Kegiatan Calon Kepala Daerah

JAKARTA, BERNAS.ID - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan penambahan kasus positif baru Covid-19 terus mengalami peningkatan. Pada Kamis (24/9/2020) terjadi penambahan kasus positif sebanyak 4.634 da ...

Lifestyle

Jalur Gowes Susur Kampung Kota Jogja Diluncurkan, Ada 5 Rute yang Bisa Ditempuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta melakukan soft launching Jalur Sepeda Gowes Susur Kampung Kota Yogyakarta, Jumat (25/9/2020) di kawasan Bendung Lepen Kotagede. Ini disertai dengan launching aplikasinya di Jogja Smart Service (JSS) ...

DIY

60 Pabrik di DIY Berisiko Tinggi Sebarkan Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 60 pabrik di DIY dinilai berisiko tinggi untuk penyebaran Covid-19. Untuk mengantisipasi terjadinya penularan, Pemda DIY terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan dan penggunaan Jogja Pass sebagai a ...

Kesehatan

35 Persen Wilayah Sleman Masuk Zona Merah Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menerbitkan peta epidemiologi COVID-19 per wilayah Kapanewonan (Kecamatan-red) se-Kabupaten Sleman per tanggal 20 September 2020. Peta epidemiologi COVID-19 ini memberikan gambaran si ...

DIY

Pol PP Kembali Perketat Pengawasan Tempat Kumpul Anak Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja DIY kembali memperketat pengawasan tempat kumpul anak muda seperti kedai kopi dan tempat hiburan. Ini dalam upaya mencegah penularan COVID-19. "Karena terus terang dari laporan Dina ...

Pilkada

Hari Ini, KPU Sleman Mengundi Nomor Urut Bapaslon Pilkada Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan pengundian nomor urut pasangan bakal calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati di Gedung Serbaguna Sleman pada hari Kamis (24/9/2020). Nomor urut pasangan diambil ole ...

Analisa Pilkada

25 Calon Kepala Daerah ini Dipastikan Akan Melawan Kotak Kosong dalam Pilkada 2020

BERNAS.ID - Pilkada tahun 2020 ini memang mengundang banyak polemik. Setelah pro kontra mengenai penundaan penyelenggaraan pilkada karena situasi dan ancaman pandemi, sekarang muncul lagi fenomena politik yang cukup unik.  Taha ...

Politik

PB MDHW: Lanjutkan Pilkada 2020 dengan Protokol Kesehatan Ketat

JAKARTA BERNAS.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memutuskan tidak akan menunda Pilkada 2020 meski muncul banyak masukan penundaan. Jokowi mengambil keputusan ini setelah mendengarkan dan mempertimbangkan masukan dari berbagai u ...

Analisa Pilkada

Pilkada 2020 Meyakinkan Pemilih Lewat E-Demokrasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah 2020, menjadikan pesta demokrasi kali ini menjadi lebih spesial. Selain dilaksanakan dalam situasi pandemi yang menuntut pemerintah bekerja keras menyesuaikan berbagai r ...

Sintesa

Cerita Menuju Pengembangan Budaya Bahari bagi Anak-anak Pesisir

Oleh:  Profesor Sudjarwadi Suatu pagi Yatica masuk rumahnya dari halaman depan sambil menenteng sesuatu. Situtena, suaminya, mengira Yatica membawa makanan tetapi ternyata bukan makanan. “Yang, ini ada kiriman buku dar ...

DIY

ASN DIY Positif Covid-19 Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Seorang ASN (Aparat Sipil Negara) Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meninggal dunia setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Almarhum (50) yang berjenis kelamin laki-laki meninggal pada hari Rabu (23/09), pukul 9.57 ...

Pilkada

Petahana Bantul Bakal Bertarung di Pilkada

BANTUL, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul hari ini, Rabu (23/9/2020) telah menetapkan 2 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak lanjutan pada 9 Desember 20 ...

Olahraga

Meski Covid-19 Terus Menyebar, Lanjutan Liga 1 di DIY Jalan Terus

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walau penambahan kasus positif Covid-19 masih cukup tinggi khususnya dalam beberapa minggu terakhir, DIY akan tetap menjadi homebase sejumlah klub dalam lanjutan Liga 1 yang akan dimulai pada 1 Oktober mendatang ...

Analisa Pilkada

KPU Sleman: Tiga Paslon Lolos Seleksi Administrasi

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman secara resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Sleman untuk maju di Pilkada 2020. Penetapan diputuskan setelah melakukan rapat pleno tertutup. ...

Pariwisata

25 Usaha Jasa Pariwisata Jogja Terverifikasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 25 dari total 57 usaha jasa pariwisata di Kota Yogyakarta telah memperoleh surat keterangan terverifikasi protokol kesehatan dari pemerintah daerah setempat hingga pekan ketiga September, yang terdiri dari 2 ...

Olahraga

Tiga Pemain PSS Dipanggil ke Timnas U-16

SLEMAN, BERNAS.ID - Tiga orang pemain muda PSS Sleman dipanggil untuk mengikuti pemusatan pelatihan Timnas Indonesia U-16. Ketiganya adalah Raka Octa yang berposisi penjaga gawang, Iput Nurhasan yang berposisi sebagai stopper, dan Fahmi Alv ...

DIY

Sultan: Pilkada Jangan Sampai Jadi Klaster Baru

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski menuai kontroversi, Pemerintah Pusat tetap memutuskan untuk melanjutkan Pilkada pada pada 9 Desember mendatang. Merespons hal ini, Pemda DIY menyerahkan pelaksanaan pilkada pada KPU dan berpesan agar janga ...

DIY

Sultan Tinjau Kesiapan Shelter Covid-19 di Tegalrejo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau shelter penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta yang terletak di Rusunawa Bener, Tegalrejo, Senin (22/9/2020). Sultan menilai fasilitas tersebut cukup baik, dan mulai ha ...

Editorial

TouriSME Connect, Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Kurang lebih 5 tahun lalu, selepas pensiun dari PT FIV, saya berkeliling ke beberapa wilayah Indonesia untuk lakukan riset mandiri tentang Social Business. Ada banyak tempat yang saya datangi dari pegunungan, pedesaan, hutan, kampung, hingg ...

Nasional

Menag Positif Covid-19, Akses Masuk Kantor Kemenag Dibatasi

JAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Covid-19. Jubir Kemenag Oman Fathurrahman mengatakan, bahwa saat ini telah dilakukan pembatasan akses masuk kantor bagi pegawai Kementerian Agama. "Kementerian Ag ...

Nasional

Muhammadiyah Minta Pilkada 2020 Ditunda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyerukan agar pemerintah menunda lagi Pilkada Serentak 2020, sebab kasus Covid-19 yang makin mengkhawatirkan. Muhammadiyah menilai keselamatan masyarakat harus diprioritas ...

Kesehatan

Berikut Tanda-Tanda Gejala Malaise

SLEMAN, BERNAS.ID - Demam, batuk, tenggorokan gatal, dan pilek merupakan sejumlah gejala ringan yang kerap muncul pada infeksi Covid-19. Namun, selain gejala-gejala tersebut, ada salah satu gejala ringan yang disebut malaise.   ...

DIY

Begini Kesiapan Shelter Pasien OTG di Kota Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Persiapan Shelter Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta di Rusunawa Bener Tegalrejo bisa dibilang telah selesai dan siap digunakan. Strategi logistik selama pasien OTG menjalani isolasi mandiri pun telah disusun. ...

Wacana

Polemik Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh Wiastiningsih, WNI yang sedang kuliah di Tokyo. Sejak wabah Covid-19 terjadi akhir tahun 2019 di Wuhan dan meluas hampir ke seluruh penjuru dunia, semua lini kehidupan terdampak dan perlu beradaptasi agar kehidupan tetap berlangsung ...

UMKM

Cara Mendapatkan Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro dan Kecil

Para pengusaha mikro dan kecil akhirnya bernapas lega karena sejak 24 Agustus 2020, pemerintah sudah menyalurkan bantuan presiden (banpres) produktif bagi usaha mikro atau disebut Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM). Nilainya sebesa ...

DIY

Kini di Sleman ada Anjungan Mandiri Donor Darah

SLEMAN, BERNAS.ID - Seluruh anggota keluarga Palang Merah Indonesia Kabupaten Sleman melakukan aksi donor darah di GOR Pangukan, Tridadi, Sleman dalam memperingati HUT ke-75, Sabtu pagi (19/10/2020). Selain aksi kemanusiaan, PMI Kabupaten S ...

Kesehatan

Dilarang Dipakai, Ini Kelemahan Masker Scuba

SLEMAN, BERNAS.ID - Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher, dr Mahatma Sotya Bawono, M.Sc., Sp. THT-KL., menegaskan bahwa masker scuba tidak efektif dalam memberikan perlindungan terhadap penularan virus corona penyebab Co ...

DIY

Pemda Didesak Tingkatkan Perlindungan Dokter, Perawat dan Tenaga Kesehatan Lainnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Hasil kontak tracing terkini yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah DIY mendapatkan 53 kasus baru positif Covid-19 pada Jumat (19/9/2020), yang membuat total kasus positif COVID-19 di DIY menjadi 2.037 kasus. ...

Nasional

Komite Penanganan Covid10 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Bahas Fokus Penanganan di 8 Propinsi Prioritas

JAKARTA, BERNAS.ID - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengadakan Rapat Pleno rutin mingguan pada Jumat 18 September 2020. Seperti dilansir dalam siaran pers KPC-PEN, rapat membahas tindak lanjut da ...

Ekonomi

Airlangga Hartarto Optimis Ekonomi Indonesia Akan Lebih Cepat Membaik

Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto meyakini dengan optimis bahwa ekonomi Indonesia akan semakin membaik, sejalan dengan progres optimalisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional.  Lebih detail Airlangga memaparkan i ...