Berita Nasional Terpercaya

5 Cara Optimalisasi Konten Video di Youtube

0

BERNAS.ID – Video trending di youtube disebabkan oleh berbagai macam faktor. Selain sisi menarik atau tidaknya video, optimalisasi video di youtube merupakan faktor penting pula.

Ada beragam cara untuk mengoptimalkan video youtube kamu, mulai dari judul, deskripsi, hingga pemilihan topik. Berikut ulasan lengkap agar kamu dapat mengoptimalisasi konten video yang kamu unggah di youtube.

1. Judul

Aspek paling penting dari video youtube ialah judul. Pasalnya, hal itu merupakan hal pertama yang dilihat oleh para penonton. Di samping itu, menarik tidaknya judul juga dapat menentukan apakah video akan diklik oleh penonton.

Penulisan judul tidak melulu soal click-bait, tetapi bisa membuat orang tertarik. Kamu juga bisa memanfaatkan google trends untuk memilih topik yang sedang trending.

2. Deskripsi video

Menuliskan deskripsi video ialah hal yang harus kamu lakukan setelah membuat judul. Tidak hanya berisi keterangan tentang video terkait, namun kamu juga dapat mengisi deskripsi dengan link akun media sosial kamu. Di samping itu, kamu juga dapat menambahkan hashtag dengan kata-kata yang sedang trend kala itu.

3. Thumbnail Video

Optimalisasi video di youtube juga dapat kamu lakukan melalui thumbnail. Sebaiknya, kamu membuat thumbnail yang berbeda dengan konten. Fungsinya pembeda tersebut ialah untuk melengkapi video yang kamu buat. Hal itu akan jauh lebih baik daripada kamu membuat thumbnail yang sama dengan topik konten.

4. Cards

Kamu juga dapat menyediakan link yang langsung menghubungkan ke video lain yang telah kamu unggah. Hal itu akan membantu para penonton untuk menonton video terkait, terutama apabila kamu membuat serial video. Di samping itu, hal tersebut akan membantu kamu untuk mendapatkan jam tayang lebih banyak.

5. Sediakan Subtitle

Subtitle akan sangat membantu, terutama ketika target penontonmu merupakan orang asing. Setidaknya, sediakan pilihan subtitle bahasa Inggris, karena bahasa tersebut sangat umum sebagai bahasa internasional.

Itulah setidaknya lima tips agar video yang kamu unggah di youtube semakin optimal. Dengan demikian, banyak ornag akan tertarik untuk menonton video yang telah kamu unggah.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.