Berita Nasional Terpercaya

7 Obat Alami untuk Atasi Diare, Selain Daun Jambu Biji Ada Yoghrut

0

BERNAS.ID – Diare dapat dialami oleh semua orang dari berbagai kalangan. Bagi para penderita diare, terdapat beberapa obat alami yang dapat diracik sendiri di rumah.

Selain itu, obat alami tersebut juga dapat mencegah diare semakin parah. Diare yang parah tentu sangat berbahaya bagi kesehatan, karena tubuh akan mengalami dehidrasi. Berikut obat alami yang dapat kamu racik sendiri.

1. Oralit

Obat tradisional ini memang sudah sangat terkenal dari dulu untuk mengobati diare. Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu cukup melarutkan setengah sendok teh garam halus dan dua sendok teh gula ke dalam air hangat. Kemudian, minum larutan tersebut secara perlahan.

2. Jahe

Bumbu dapur satu ini kaya akan zat antiperadangan, analgesik, dan anti bakteri. Di samping itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Cukup larutkan beberapa sendok teh jahe bubuk yang sudah diparut ke dalam segelas air hangat. Lalu, diamkan selama beberapa saat. Kamu juga dapat menambahkan lemon atau madu sesuai selera sebelum meminumnya.

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri baik yang sangat bagus untuk pencernaan. Di samping itu, yoghurt juga dapat melindungi organ pencernaan dari infeksi bakteri dalam usus. Hal itu tentu sangat baik sebagai obat alami ketika kamu mengalami diare.

4. BRAT

BRAT merupakan singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), applesauce (saus apel), dan toast (roti). Pasalnya makanan tersebut mengandung serat lebih rendah. Dengan demikian, makanan-makanan itu akan membuat tinja lebih padat. Namun, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jangka waktu yang lama. Segera setelah sembuh, kamu perlu mengimbangi makananmu dengan nutrisi tinggi, seperti buah-buahan, daging, dan sayur-sayuran. Pasalnya, BRAT mengandung protein, lemak, dan vitamin yang sangat sedikit.

5. Daun Jambu Biji

Selain oralit, daun jambu biji juga terkenal untuk menyembuhkan diare. Bahkan, beberapa obat pabrikan diklaim mengandung daun jambu biji. Cara termudah yang dapat kamu gunakan ialah dengan mengonsumsi langsung daun jambu biji. Selain itu, kamu juga dapat mengambil pucuk daun jambu biji yang masih muda, lalu beri sedikit garam, kemudian mengonsumsinya.

6. Buah Sirsak

Sirsak menjadi alternatif lain sebagai obat alami untuk menyembuhkan diare. Rasa buah yang enak ditambah tidak bau menjadi pilihan tersendiri. Kamu cukup mengambil air perasan buah sirsak yang sudah matang, kemudian mengonsumsinya dengan takaran 2-3 sendok makan.

7. Air Kelapa Muda

Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa sangat membantu mengganti cairan yang hilang. Di samping itu, air kelapa juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan diare. Untuk mengonsumsinya, cukup minum air kelapa murni tanpa tambahan apapun.

Itulah tujuh obat alami yang dapat kamu gunakan ketika sakit diare. Tentu obat alami tersebut selain menyehatkan, juga sangat baik karena efek samping yang ditimbulkan sangat kecil.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.