Berita Nasional Terpercaya

Empat Anggota DPRD DIY Positif Covid-19, Gedung Dewan Ditutup 3 Hari

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – DPRD DIY mengadakan tes swab kepada 32 anggotanya, Sabtu (12/9/2020) akhir pekan lalu. Hasilnya, ditemukan ada empat orang anggota dewan yang positif Covid-19.

“Saya tekankan, positif Covid-19 bukanlah sebuah aib dan bukan kesalahan. Ini bisa menimpa siapa saja,” ujar Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana memberikan klarifikasi, Rabu (16/9/2020).

Ia justru mengapreasi para anggota dewan yang bersedia melakukan tes swab, sehingga bisa ketahuan hasilnya. Namun ia menegaskan, secara aturan anggota dewan yang positif Covid-19 tidak boleh disebut identitasnya.

“Kecuali atas inisiatif beliau sendiri,” katanya.

Ia menambahkan, empat orang anggota dewan adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) dan kini kondisinya baik. Mereka sudah mengikuti prosedur kesehatan dan kini melakukan isolasi. Sudah dilakukan juga prosedur kesehatan tracing para keluarga anggota dewan yang positif Covid-19. Rapid test keluarga besar DPRD DIY juga dilakukan.

“Tiga orang staf setwan di-rapid test hasilnya reaktif, namun setelah di-swab hasilnya negatif, imbuhnya.

Ia meneruskan, atas temuan ini, Gedung DPRD DIY mulai hari ini disterilisasi selama tiga hari untuk memastikan tempat ini bersih kembali, sampai hari Jumat (18/9/2020). “Kami akan aktif lagi hari Senin,” imbuhnya.

Terkait rapat-rapat, termasuk pembahasan anggaran, menurutnya tetap diadakan secara daring. Protokol kesehatan juga diperketat di semua kegiatan.

“Penerimaan tamu kami tunda, termasuk hari ini ada demonstrasi, tidak bisa kami terima dulu,” katanya. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.