Berita Nasional Terpercaya

Hari Ini Batas Perbaikan Berkas Bapaslon Bupati Gunungkidul

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID ? Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul meminta masing-masing tim bapaslon segera melakukan perbaikan kelengkapan dokumen bagi kandidat pilkada yang belum memenuhi syarat administratif. KPUD Gunungkidul memberi waktu perbaikan berkas hingga hari ini Rabu, 16 September 2020.

Komisioner KPU Gunungkidul Andang Nugroho mengatakan, bahwa kurangnya kelengkapan berkas pendaftaran bapaslon diketahui pada Minggu (13/09/2020). Pihaknya pun telah melakukan pleno penyampaian hasil verifikasi administrasi persyaratan bapaslon Pilkada.

?Saat pleno kemarin, seluruh tim penghubung atau LO dari masing-masing bapaslon dihadirkan,? katanya Rabu (16/09/2020).

Selain itu, Andang menambahkan, salah satu berkas yang kurang lengkap yakni ijazah calon terlegalisir namun tidak disertai stempel resmi dari instansi yang menerbitkan ijazah. Selain itu, ada bakal calon (balon) yang menyerahkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tidak sesuai ketentuan.

?Rata-rata menyerahkan SKCK yang diterbitkan oleh Polres Gunungkidul. Padahal tidak semua balon merupakan warga asal Kabupaten Gunungkidul, jadi ini yang perlu diperbaiki,? ucapnya.

Berdasarkan hasil pleno KPUD Gunungkidul, memberi waktu perbaikan berkas hingga hari ini. Berkas yang belum lengkap dikembalikan ke masing-masing tim bapaslon. Pada hari pertama, Andang mengungkapkan belum ada satupun tim bapaslon yang menyerahkan berkas perbaikan ke KPU.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani menyampaikan bahwa, hasil pemeriksaan kesehatan seluruh bapaslon dinyatakan memenuhi syarat. Surat rekam medis pun telah diterima dari pihak rumah sakit.

Berkas perbaikan yang sudah diserahkan masih harus melewati proses verifikasi atau pengecekan ulang. Ada pun verifikasi dokumen perbaikan akan dilaksanakan pada 16-22 September.

?Pada tanggal 23 September akan dilakukan penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati,? katanya.

Dikatakan Hani, pengambilan nomor urut bagi paslon akan dilakukan pada 24 September mendatang.

?Paslon bisa memulai kampanye sesuai jadwal yang ditentukan,? pungkasnya. (cdr)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.