Berita Nasional Terpercaya

Jubir Satgas Covid-19: Kita Harus Membatasi Mobilitas Penduduk

0

BERNAS.ID – Kasus positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh bertambah sebanyak 2.977 orang pada Minggu (20/9/2020). Dengan begitu, total ada 177.327 orang yang telah sembuh dari infeksi virus corona. Persentase kesembuhannya mengalami peningkatan menjadi 72,5 persen. Dilansir dari Satgas Penanganan Covid-19 melalui laman resminya www.covid19.go.id, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 244.676 orang. 

Adapun 9.553 orang kasus positif Covid-19 dilaporkan meninggal dunia. Angka kematian akibat Covid-19 di Tanah Air mencapai 3,9 persen. Sedangkan, kasus aktifnya menjadi 57.796 orang dari keseluruhan kasus terkonfirmasi Covid-19 atau sebesar 23,6 persen. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan kalau pemerintah minim mendapatkan informasi terkait pelacakan kontak (tracing) Covid-19 di masing-masing daerah. Menurutnya, kalau hanya mengandalkan dinas kesehatan saja belum cukup mengingat luasnya wilayah Indonesia dan jumlah penduduknya. 

“Kenyataannya dengan Indonesia yang besar ini, kami laporannya saja belum memiliki secara nasional untuk bisa menggambarkan tracing-nya seperti apa yang dilakukan setiap daerah,” ungkap Wiku dalam seminar daring pada Minggu (20/9/2020). 

Wiku menyebutkan penanganan mobilitas penduduk antardaerah di masa pandemi ini menjadi kunci pengendalian kasus Covid-19. Menurutnya, jika kelima provinsi dengan kasus positif Covid-19 terbanyak, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan menangani mobilitas penduduk dengan baik maka penanganan kasus Covid-19 lebih efektif. Komando kepala daerah menjadi penting mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan. 

“Itu adalah kunci, bahwa kita harus membatasi mobilitas penduduk. Pemerintah daerah yang punya kendali lebih besar,” tegasnya dikutip Bernas.Id dari Antara. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.