Berita Nasional Terpercaya

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Cat Rambut

0

BERNAS.ID – Tren mewarnai rambut mulai hadir saat masa pandemi COVID-19 yang menjadi kegiatan masyarakat di rumah. Sebelum kamu mewarnai rambut kamu harus mengetahui apa yang akan terjadi saat akan melakukan proses pewarnaan.

Kamu harus mengetahui hal tersebut agar kamu dapat melakukan persiapannya dan mengetahui risikonya. Hal ini agar kamu tidak menyesalinya ketika proses pewarnaan sudah dilakukan.

Kamu juga dapat mengenali lebih dahulu jenis rambut kamu agar warna yang kamu hasilkan sesuai dengan keinginanmu. Berikut 5 hal yang harus kamu ketahui sebelum mewarnai rambut.

1. Proses pengecetan rambut dan risikonya

Tanpa bleaching, cat rambut tidak akan terlalu keluar warnanya dirambut. Proses bleaching akan membuka lapisan kultikula rambut dan menghilangkan kandungan melanin pada tiap batang rambut.

Penting bagi kamu untuk melakukan perawatan sebelum mewarnai rambut. Pastikan rambut kamu dalam keadaan sehat saat mewarnai rambut.

2. Manfaatkan produk developer dengan takaran yang sesuai

Pada proses bleaching pasti membutuhkan bleach dan produk developer dapat disebut pula hydrogen peroksida. Developer ini merupakan cairan yang berfungsi untuk membuka folikel pada rambut, agar zat pewarna masuk ke dalam rambut.

Developer umumnya terdiri dari 4 tingkatan, yaitu volume 10,20,30 dan 40. Semakin tinggi tingkat developer maka makin terang warna yang akan dihasilkan.

Umumnya efek developer semakin tinggi akan dapat membuat rambut kamu kering. Maka sebaiknya kamu menggunakan developer pada volume 20 sampai 30.

3. Bleaching mungkin dilakukan lebih dari satu kali

Tidak jarang pada proses pewarnaan rambut yang menggunakan bleaching dapat dilakukan lebih dari satu kali. Rambut yang tidak pernah diwarnai atau berwarna hitam dan cokelat tua akan lebih susah untuk di bleach.

Kamu harus menunggu setidaknya 2 sampai 3 minggu untuk masuk ke proses bleaching selanjutnya. Hal itu dilakukan untuk pencegahan kerusakan pada rambut anda.

4. Rambut tidak akan langsung berwarna terang setelah bleaching

Pada proses bleaching biasanya tidak langsung berwarna putih setelah di bleach. Biasanya untuk rambut yang berwarna gelap akan memunculkan warna kuning dan orange.

Agar mendapatkan warna rambut yang lebih natural kamu dapat menambahkan toner. setelah warna rambut tampak sesuai seperti yang diinginkan kamu bisa langsung membilas rambut.

5. Perawatan rambut setelah proses pengecatan

Setelah proses bleaching dan diberikan toner, rambut kamu pasti membutuhkan perawatan ekstra. Agar rambut tidak kering dan rapuh kamu dapat menggunakan conditioner khusus rambut yang diwarnai setiap dua kali seminggu.

Kamu juga perlu mengurangi pemakaian alat-alat styling seperti hair dryer, hair straightener, hot rollers. Karena suhu panas dari alat-alat ini dapat membuat rambut semakin kering dan bercabang.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.