Berita Nasional Terpercaya

25 Usaha Jasa Pariwisata Jogja Terverifikasi Protokol Kesehatan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sebanyak 25 dari total 57 usaha jasa pariwisata di Kota Yogyakarta telah memperoleh surat keterangan terverifikasi protokol kesehatan dari pemerintah daerah setempat hingga pekan ketiga September, yang terdiri dari 21 hotel dan empat restoran.

“Sisanya masih terus berproses,? kata Kepala Bidang Atraksi Wisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Edi Sugiharto, Rabu (23/9/2020).

Edi menyebut, proses verifikasi protokol kesehatan dari berbagai tempat usaha jasa pariwisata yang mengajukan permohonan membutuhkan waktu karena tim harus tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan verifikasi.

Dalam verifikasi di lapangan, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta tidak bekerja seorang diri tetapi melibatkan tim dari Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di wilayah dan sejumlah organisasi perangkat daerah lain.

?Tentunya, untuk mengumpulkan beberapa instansi harus ada penjadwalan terlebih dulu. Ini yang terkadang membutuhkan waktu. Tetapi kami berusaha semaksimal mungkin,? kata Edi

Ia meneruskan, usaha jasa pariwisata di Kota Yogyakarta dapat mengajukan permohonan verifikasi protokol kesehatan dengan mengunduh formulir secara daring di laman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi administrasi dan verifikasi di lapangan untuk memastikan bahwa seluruh protokol kesehatan yang dipersyaratkan sudah dilaksanakan oleh tempat usaha tersebut.

Sebelumnya, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, verifikasi protokol kesehatan terhadap usaha jasa pariwisata ditujukan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat khususnya wisatawan, bahwa pariwisata di Yogyakarta sudah menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Rasa aman dan nyaman menurutnya sangat penting dan menjadi promosi yang harus dilakukan sehingga wisatawan tidak merasa takut untuk datang dan berwisata di Kota Yogyakarta terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.