close

Mau Tingkatkan Imunitas Tubuh? Ini Waktu yang Tepat Minum Air Putih

Mau Tingkatkan Imunitas Tubuh? Ini Waktu yang Tepat Minum Air Putih

BERNAS.ID - Minum air putih secara rutin memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh. Apakah Anda sudah membiasakan diri mengonsumsi air putih untuk menjaga kesehatan tubuh? Kalau terlalu sedikit mengonsumsi air putih tentu saja manfaat yang dirasakan juga kurang atau dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Saat ini masyarakat tengah menghadapi pandemi Covid-19 harus memiliki imunitas tubuh yang kuat. 

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas adalah memenuhi kebutuhan cairan. Pandemi Covid-19 ini turut mengingatkan masyarakat kembali membiasakan diri minum air putih secara teratur. 

"Pada kondisi pandemi seperti saat ini air putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh," ungkap dokter umum RS Pondok Indah (RSPI) I Made Tirta Saputra di Jakarta, Minggu (27/9/2020) sebagaimana dilansir Antara. 

Minum air putih setelah bangun tidur menjadi salah satu waktu terbaik demi menjaga imunitas tubuh. Hal ini disampaikan oleh Meminum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena berjam-jam tidur. 

"Air putih juga membantu proses metabolisme tubuh," imbuhnya. 

Made menyarankan selain minum air putih setelah bangun tidur tetapi juga sebelum tidur. Konsumsi air putih akan membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, jangan terlalu banyak minum air putih sebelum tidur karena malah akan membuat Anda terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Minumlah air putih maksimal satu jam sebelum tidur malam jika tidak ingin sering buang air kecil di tengah malam. 

Lebih lanjut, ia juga mengatakan air putih dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yan hilang. Selalu siapkan botol air minum ketika berolahraga dan minumlah sedikit demi sedikit untuk menghindari dehidrasi. Jika sampai terjadi dehidrasi, sistem imun tubuh perlahan juga akan melemah. 

Berapa takaran normal agar tidak kekurangan cairan? Kebutuhan cairan setiap orang memang berbeda-beda. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, orang dewasa perlu mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas per hari dengan ukuran gelas 230 ml atau total 2 liter per hari. Rupanya, tidak hanya cukup dari air putih saja tetapi orang dewasa juga disarankan mengonsumsi makanan yang dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan dapat diperoleh dari buah dan sayur. Misalnya semangka, jeruk, sayur bayam.

Made menyebutkan Institute of Medicine’s Food and Nutrion Board merekomendasikan konsumsi air putih untuk perempuan sebanyak 2,7 liter dan 3,7 liter untuk pria. Ia mengingatkan bahwa aktivitas setiap orang berbeda dan perlu disesuaikan agar tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Kendati begitu, Made tidak menyarankan berlebihan minum air putih misalnya demi diet. Hal ini dapat menyebabkan keracunan air yang berakibat hiponatremia.

Ada efek pula yang dirasakan jika kebanyakan minum air, yakni sakit kepala, kram otot, kejang, bahkan dapat mengakibatkan kematian. “Jadi minum air putih secukupnya ya, tidak kurang tidak juga berlebihan.”

Dikatakan Made, upaya menjaga imunitas tubuh juga dibarengi dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengelola stres, makan makanan bergizi yang didapatkan dari buah dan sayur. Istirahat yang cukup selama 6-7 jam dalam sehari. Tak lupa rutin berolahraga seperti jalan kaki, bersepeda, maupun melakukan olahraga yang aman di dalam rumah. (mta)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru