Upaya Terkini Tingkatkan Literasi Digital Pedagang Pasar Jogja

Penulis : Deny Hermawan
Editor : Dewi Ratih Editor
28 September 2020

Pasar Beringharjo Yogyakarta (foto: Deny Hermawan/Bernas.id)


YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi digital pedagang pasar rakyat di Kota Yogyakarta, sejumlah relawan dari Beringharjo.co.id menginisiasi Semar School. Ini untuk meningkatkan literasi pedagang terhadap dunia digital, salah satunya untuk kebutuhan penjualan secara daring.

“Jarak pengetahuan dan kemampuan pedagang dengan perkembangan teknologi digital, terutama untuk kebutuhan berjualan daring perlu didekatkan. Makanya, kami membuat program Semar School,” kata Koordinator Relawan Beringharjo.co.id, Zaki Siraj, Senin (28/9/2020).

Ia menjelaskan, melalui program smart traditional market atau Semar School tersebut, pedagang akan mendapat bimbingan untuk mempelajari seluk beluk berjualan secara daring. Menurut dia, berjualan secara daring menjadi sebuah jawaban yang dibutuhkan di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini sehingga konsumen tetap bisa berbelanja dari rumah dan pedagang tidak kehilangan omzet.

“Sudah ada empat angkatan yang mengikuti kegiatan ini. Setiap angkatan diikuti 15 hingga 20 pedagang. Kami pun menyertakan sejumlah relawan untuk mendampingi pedagang pasar,” ungkapnya.

Ia meneruskan, saat ini, pedagang yang terlibat dalam program tersebut berasal dari pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta yang menjadi pasar tradisional terbesar di kota tersebut dan menjadi salah satu tujuan wisata belanja.

Sejumlah kegiatan yang bisa diikuti pedagang di antaranya pengetahuan untuk membuat foto produk yang menarik, memberikan diskripsi barang dengan tepat seperti warna, bahan, dan ukuran serta memberikan harga yang tepat sehingga bisa bersaing dengan produk lain yang juga dijual secara daring.

“Persaingan harga dalam penjualan secara daring ini pun menjadi bagian diskusi kami dengan pedagang dalam Semar School. Agar produk laku terjual, maka harga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan,” jelasnya.

Selain itu, pedagang menurutnya juga diajak untuk mengunjungi sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bisa dijadikan mitra atau suplier produk.

“Kami pun berusaha mendekatkan pedagang ke bank sehingga bisa memperoleh modal atau kredit dengan bunga yang rendah,” katanya.

Program Semar School tersebut berjalan berkesinambungan dengan upaya mewujudkan marketplace untuk pedagang Pasar Beringharjo dengan menyiapkan domain beringharjo.co.id.

Ini adalah salah satu upaya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta yang mengajak pihak ketiga sebagai mitra untuk meningkatkan kapasitas pedagang untuk menghadapi perkembangan dunia digital untuk pemasaran produk. (den)

 

 

 


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle

Ingin Kulit Bebas Jerawat? Ikuti 9 Langkah Ini!

BERNAS.ID - Bagi Anda yang mendambakan wajah yang mulus tanpa jerawat, jangan khawatir, banyak cara yang bisa Anda lakukan. Kulit bersih, mulus, dan bebas jerawat adalah impian banyak orang. Sayangnya tidak semua orang memiliki tipe kuli ...

Analisa Pilkada

KPUD Sleman: Setiap Tahapan Pilkada Didesain Beradaptasi dengan Pandemi

SLEMAN, BERNAS ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan pihaknya merencanakan setiap tahapan Pemilihan Bupati Sleman dan Wakil Bupati Selman 2020 dapat berdaptasi di tengah pandemi COVID ...

Sintesa

Kenangan Unik dari Pinggiran Kota dan Desa

Oleh:  Sudjarwadi    Di suatu pagi yang cerah, Situtena mengajak istrinya, Yatica, berangkat ke tempat teman berjarak sekitar lima kilometer dari rumahnya. Temannya tinggal di sebuah desa yang masih dikelilingi sawah ...

DIY

Hotel Terisi, Bukti Wisatawan Sudah Percaya Diri Datang ke Jogja

KULONPROGO, BERNAS.ID - Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah melakukan berbagai langkah untuk mengisi libur panjang (long weekend) di Yogyakarta, dari tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2020. Hal tersebut perlu ...

Nasional

BNPT Gelar Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional

MALANG, BERNAS.ID - Pada hari Selasa, 27 Oktober 2020, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional BNPT Tahun 2020, berpusat di Golden Tulip Holland Resort, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. ...