Berita Nasional Terpercaya

Revitalisasi Drainase Jalan Kemasan Kotagede Dilengkapi 100 Sumur Resapan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemkot Yogyakarta kini tengah menyelesaikan proyek revitalisasi saluran drainase di Jalan Kemasan Kotagede. Drainase akan dilengkapi dengan 100 unit sumur peresapan air hujan sebagai upaya konservasi air sehingga air hujan tidak seluruhnya mengalir ke sungai.

?Sumur peresapan air hujan ini akan dibangun di sepanjang kanan dan kiri saluran drainase. Sudah menjadi satu paket pekerjaan dengan revitalisasi drainase,? kata Kepala Seksi Peningkatan Perairan dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Herka Hanung Wijaya, Senin (29/9/2020).

Herka menyebut, penempatan sumur peresapan air hujan tersebut sangat tepat karena berdasarkan hasil soil test yang lebih dulu dilakukan, diketahui jenis tanah di lokasi tersebut berpasir.

?Sumur peresapan air hujan sangat cocok bila dibangun di tanah yang cenderung berpasir. Air hujan bisa cepat meresap ke tanah,? ungkapnya.

Dengan begitu, menurutnya air tidak hanya langsung mengalir ke sungai tetapi bisa ?ditabung? untuk tujuan konservasi air sehingga kualitas air tanah di kawasan tersebut tetap terjaga.

Sedangkan untuk pekerjaan revitalisasi drainase di Jalan Kemasan, menurut Herka, ditargetkan dapat selesai dalam waktu dua bulan atau hingga akhir November.
 
Pekerjaan tersebut merupakan kelanjutan dari proyek yang sama tahun lalu yaitu revitalisasi drainase di Jalan Mondorakan. Revitalisasi drainase dibutuhkan sebagai salah satu upaya mengurangi potensi genangan yang kerap muncul di kawasan tersebut usai hujan lebat.

Anggaran pekerjaan dibiayai sepenuhnya melalui dana keistimewaan (Danais) dengan alokasi anggaran Rp 6,8 miliar. Pekerjaan revitalisasi drainase di Jalan Kemasan dilakukan dengan menutup jalan karena drainase berada di tengah badan jalan. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.