Berita Nasional Terpercaya

Ibu Hamil Tetap Cek ke Dokter, Ini Alasannya

0

BERNAS.ID – Siapa saja bisa terinfeksi virus corona termasuk ibu hamil. Ibu hamil yang positif terinfeksi virus corona sebaiknya mematuhi protokol kesehatan dan menginformasikan statusnya pada dokter kandungan. Dokter Muhammad Fadli, Sp.OG menyarankan ibu hamil yang positif Covid-19 mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan imunitas. 

“Ibu hamil yang positif Covid-19 itu harus banyak mengkonsumsi vitamin C, guna meningkatkan imunitas tubuhnya,” ungkapnya aalam talkshow bertema “Para Pahlawan Kesehatan di Pusaran Pandemi” di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB Jakarta pada Rabu (30/9/2020) siang,

Ia menambahkan ibu hamil positif Covid-19 tanpa gejala alias OTG sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungannya dan melakukan isolasi mandiri. 

“Kalau ada gejala berat, misalnya batuk, sebaiknya datang ke rumah sakit untuk segera mendapat tindakan,” lanjutnya. 

Selain itu, dokter Fadli menambahkan kasus ibu hamil yang positif Covid-19 dapat menularkan pada janin di dalam kandungannya. Ia menceritakan salah satu pasiennya mendapat kabar positif Covid-19, dua hari kemudian hasil swab test ternyata negatif. Ketika USG, detak jantung bayi sudah tidak ada. Apakah karena Covid-19 atau tidak, masih dalam penelitian. Namun, ada beberapa penelitian yang menyebutkan virus bisa masuk ke jalan plasentanya. 

Pada kesempatan yang sama, drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati menyebutkan selama pandemi Covid-19 jangan meremehkan kasus bau mulut dan gusi berdarah. 

“Bau mulut dan gusi berdarah, jangan dianggap biasa saja. Itu kalau dibiarkan bisa berdampak hancurnya penyangga gigi,” ungkap dokter yang akrab disapa Anna itu. 

Pihaknya mengingatkan agar masyarakat tak perlu takut untuk datang ke rumah sakit, klinik, maupun dokter gigi. Periksakan kesehatan gigi dan mulutsecara berkala. Ia menyampaikan dokter yang praktek selama pandemi Covid-19 menggunakan alat pelindung diri (APD) dan menerapkan protokol kesehatan. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.