Berita Nasional Terpercaya

Pakai Teknologi Modern, Ini Keinginan Jokowi Bangun ‘Food Estate’ di Kalteng

0

BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo meninjau lumbung pangan (food estate) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Kamis (8/10/2020). Di situlah terdapat penanaman padi, peternakan bebek, dan keramba ikan. 

Pengembangan lumbung pangan (food estate) dengan memanfaatkan lahan seluas 30 ribu hektare itu untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Lumbung pangan ini dikerjakan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. 

?Kita memulainya di 2020, di Pulang Pisau akan dikerjakan akan dikembangkan 10.000 hektare, kemudian di Kabupaten Kapuas akan dikerjakan 20.000 hektare,? ungkap Presiden yang akrab disapa Jokowi itu usai meninjau kesiapan pengembangan lahan food estate di Kabupaten Pulang Pisau. 

Ia menjelaskan lahan pertanian tersebut digarap dengan menggunakan alat dan mesin pertanian modern. Misalnya, pemupukan dibantu dengan alat drone, proses membajak sawah memakai traktor apung. Jokowi menambahkan, traktor khusus itu bisa membantu petani mengerjakan 2 hektare lahan dalam kurun waktu sehari. Alat-alat modern itu diperlukan untuk mempercepat pengerjaan lahan sekaligus hasil pertanian yang maksimal. 

Pihaknya mengungkapkan lahan food estate itu tidak hanya untuk persawahan padi tetapi juga akan ditanami tanaman lainnya. Air irigasi yang melimpah juga akan dimanfaatkan untk budidaya ikan keramba.

?Dengan cara-cara ini kita harapkan pendapatan petani akan naik. Tidak hanya dari padi tapi juga dari jeruk, dari bawang merah, dari kelapa, dan dari ikan, plus juga dari itik,? ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat  Kabinet RI. 

Disampaikan Jokowi, model bisnis pertanian yang tengah dibangun pemerintah ini merupakan model percontohan yang nantinya dapat diterapkan di daerah lain. Kombinasi berbagai macam pertanian diuji coba terlebih dahulu. 

?Ini kombinasi-kombinasi model bisnis seperti ini yang akan kita coba terlebih dahulu. Begitu itu nanti kita lihat bagus, sukses dan bagus (maka) model bisnis ini akan kita kopi di tempat-tempat lain. Per 1.000 hektare lahan akan ada model-model bisnis yang akan kita bangun,? demikian penjelasan Jokowi. 

Setibanya di Bandara Tjilik Riwut, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju Kabupaten Pulang Pisau. Saat perjalanan menuju Palangka Raya, Presiden Jokowi juga memantau dari udara lokasi lumbung pangan singkong di Kabupaten Gunung Mas. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.