close

Tak Mau Tertular Covid-19 dari OTG? Ini Kesalahan yang Kerap Terjadi

Tak Mau Tertular Covid-19 dari OTG? Ini Kesalahan yang Kerap Terjadi

BERNAS.ID - Pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau OTG ada di sekitar kita. Seiring berjalannya waktu kasus konfirmasi positif Covid-19 kategori OTG yang menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta lebih tinggi dibandingkan pasien positif yang bergejala ringan atau sedang. Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa penularan Covid-19 masih terjadi di tengah masyarakat. 

Dalam talkshow “Update Wisma Atlet: Harapan Sembuh bagi Pasien Covid-19” di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Kamis (8/10/2020) lalu dokter spesialis Paru-paru RS Siloam ASRI Jakarta Maydie Esfandiari, Sp.P menjelaskan bagaimana proses virus Corona bisa masuk ke dalam tubuh. Ia menerangkan bila seorang pasien terkonfirmasi Covid-19 batuk dan tidak menggunakan masker maka droplet yang keluar dari mulut dan hidung dapat menular kepada orang lain.

Cara penularannya begitu mudah, yakni melalui saluran pernapasan saat orang menghirup udara. Percikan droplet bisa melayang-layang di udara, saat terhirup orang lain yang tidak memakai masker maka terjadilah penularan. Dokter Maydie menegaskan jika menggunakan masker dengan tidak benar juga berpotensi terpapar Covid-19. Masih kerap ditemui ada orang-orang yang memakai masker tetapi tidak benar. 

“Orang yang memakai masker secara tidak benar, di bawah hidung atau di dagu, dapat menyebabkan terjadi penularan,” tegas Maydie sebagaimana dikutip dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19. 

Ia menambahkan melalui kasus lain pada droplet yang jatuh pada permukaan benda lalu tersentuh atau dipegang tangan. Tanpa disadari memegang badan, mengusap wajah terutama area hidung dan mulut, serta mengucek mata maka dengan mudah virus corona dapat masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, ia kembali meningatkan supaya menggunakan masker dengan benar, menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti menghindari kerumunan orang, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan. 

“Masuknya lewat mata dan hidung, lalu masuk ke paru-para melalui saluran pernapasan atas,” imbuhnya. 

Oleh karenanya, cuci tangan sebelum memakai dan setelah melepas masker. Hindari menyentuh area masker, wajah, maupun mata. Kalau ingin minum sebaiknya lepaskan seluruh masker, tidak hanya diturunkan sampai dagu. Lekas pakai lagi dan tidak berbicara dengan orang lain. 

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Operasional RS Darurat Covid-19 Kolonel CKM dr. Stefanus Dony menyampaikan jika jumlah pasien Flat Isolasi Mandiri di Tower 4 dan Tower 5 telah merawat lebih dari 1.500 OTG. Sedangkan di Tower 6 dan Tower 7 RS Darurat Covid-19 terisi pasien bergejala ringan dan sedang. Ia menerangkan sebagian besar penghuni RS Darurat Covid-19 merupakan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang terpapar dari keluarga dan perkantoran. 

“Memang perbedaan tidak terlalu jauh. Yang kita lihat kebanyakan dari keluarga dan kantor yang masuk ke RS Darurat Covid-19,” ungkap dokter yang kesehariannya bertugas sebagai Kepala Kesehatan Kodam Jaya itu. (mta)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru