Berita Nasional Terpercaya

Perubahan Zonasi Daerah, Doni Monardo: Ada Tidaknya Pilkada Harus Disiplin

0

BERNAS.ID – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan tren zonasi daerah yang menyelenggarakan Pilkada justru menunjukkan perubahan. Menurutnya, ada daerah-daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2020 yang menunjukkan ada  penurunan kasus positif Covid-19. Sedangkan, daerah yang tidak melaksanakan Pilkada justru mengalami peningkatan kasus positif baru. 

Sebagai contoh Provinsi Sulawesi Utara yang semula termasuk zona berisiko tinggi atau zona merah berubah menjadi zona oranye (risikonya rendah). Selanjutnya, daerah yang tidak menyelenggarakan Pilkada malah mengalami peningkatan kasus konfirmasi positif baru. 

?Aceh tak ada pilkada tapi tinggi,” ungkap Doni Monardo saat bincang-bincang bertema “Media Bertanya, Doni Monardo Menjawab,” di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (9/10/2020) lalu. 

Kendati begitu, Doni Monardo yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menegaskan kuncinya pada disiplin menjalankan protokol kesehatan. Utamakan menghindari kerumunan, selalu memakai masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan. Hal ini mengingat penularan virus corona begitu cepat dan bisa terjadi di mana saja. 

“Ini bukan kesimpulan tapi sangat mungkin karena faktor disiplin. Ada atau tidak ada pilkada kalau disiplin menerapkan protokol kesehatan pasti kasus Covid-19 bisa dikurangi,” tegasnya dikutip dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19. 

Di lain sisi, penambahan kasus positif Covid-19 masih terus terjadi di Indonesia. Hingga Minggu (11/10/2020) pagi, total keseluruhan kasus positif Covid-19 di tanah air tercatat 328.952 orang. Sedangkan, 251.481 orang telah dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona. Adapun total sejak 2 Maret 2020, ada 11.765 orang dilaporkan meninggal dunia akibat Covid-19. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.