close

Total 132 Dokter Meninggal Dunia, PB IDI: Waspada OTG

Total 132 Dokter Meninggal Dunia, PB IDI: Waspada OTG

BERNAS.ID - Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melaporkan per 9 Oktober 2020, total ada 132 dokter yang meninggal dunia akibat Covid-19. Salah satu faktornya meningkatnya kematian dokter dikarenakan adanya lonjakan kasus positif Covid-19 terutama orang tanpa gejala (OTG). Orang yang sudah terinfeksi virus corona dan mengabaikan protokol kesehatan sehingga bisa menularkan pada orang lain. 

Klaster-klaster baru penularan Covid-19 juga masih terus bermunculan pada beberapa pekan terakhir dan ditandai dengan peningkatan kasus positif baru yang dilaporkan setiap harinya. Apalagi sejumlah daerah mulai melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ada lagi daerah-daerah yang dibuka kembali untuk para pendatang, orang-orang bepergian, dan orang-orang menjalani aktivitas di luar rumah. 

Lebih lanjut, Ketua Tim Pedoman dan Protokol dari tim mitigasi PB IDI, Dr. dr. Eka Ginanjar menyampaikan wajib menerapkan protokol kesehatan sebelum vaksin Covid selesai diujicoba, terbuktif efektif, dan aman digunakan. Sampai sekarang belum ada vaksin yang lebih baik dari menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

"Walaupun sulit dan banyak masyarakat belum terbiasa, namun langkah 3M ini adalah cara yang paling efektif hingga saat ini dalam mencegah penularan," terang dokter Eka (10/10/2020) dilansir dari Kompas. 

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan ada pasien sembuh dari Covid-19 bertambah  3.492 orang pada Senin (12/10/2020). Dengan begitu total keseluruhan kasus positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh terhitung sejak 2 Maret 2020 menjadi 258.519 orang 

Adapun kasus positif baru bertambah sebanyak 3.267 orang pada hari ini. Sehingga total akumulatif ada 336.716 orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. 

Bertambahnya kasus sembuh juga masih diiringi dengan penambahan kasus positif, yakni sebanyak 4.497 orang. Dengan begitu, total ada 333.449 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di tanah air. Sedangkan, kasus meninggal dunia pada hari ini ada penambahan 91 orang. Dengan begitu, total keseluruhannya ada 11.935 pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Dokter Eka mengakui tak sedikit masyarakat yang merasa tidak nyaman memakai masker. Kendati begitu, ia menegaskan disiplin menjalankan 3M bukan hanya untuk menjaga diri tetapi juga anggota keluarga maupun orang-orang di sekitar. Diungkapkan dokter Eka, sekarang ini yang harus diwaspadai adalah OTG karena terlihat sehat, melakukan banyak aktivitas, dan mengabaikan protokol kesehatan. 

"Sebagian besar pasien Covid-19 yang ditangani para dokter merasa menyesal tidak mematuhi protokol kesehatan setelah terkena Covid-19, dan mereka merasakan betul bahwa Covid-19 itu nyata dan menyiksa tubuh," paparnya. 

Sebelum ada vaksin yang bisa disuntikkan secara massal, ia berpesan agar mencegah diri dari penularan dan mencegah diri untuk menjadi sumber penularan Covid-19. Lebih lanjut, jika masyarakat menggunakan masker kain (non-medis), lekas dicuci setelah digunakan selama 4 jam atau setelah beraktivitas. Jika memakai masker medis segera dibuang ke tempat khusus dalam keadaan sudah digunting-gunting. Hal ini untuk menghindari daur ulang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. (mta)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru