Bagian Kelima – Tentang Ibu dan Ceritanya yang Hampir Terlupakan

Penulis : Risma Arista
Editor : Redaktur Bernas
14 Oktober 2020

Sumber: Pixabay


Oleh : Risma Arista

Ceritanya panjang. Aku menyangsikan dia akan mendengarkanku kali ini. Mungkin baginya, aku sudah membual banyak hal yang membuat hidupnya berantakan. Namun jauh sebelum aku menemukannya hari ini, sungguh aku telah memikirkan segala kemungkinan yang akhirnya benar-benar terjadi. Joko, adikku yang satu itu sebenarnya tak harus merasakan kepahitan dalam hidupnya. Tapi aku datang hanya untuk menyampaikan pesan terakhir dan amanat dari ibu, itu saja.

Setelah pertemuan terakhirku dengannya di terminal Bawen waktu itu, sebenarnya aku sudah bisa menebak dia pasti akan menanyakan hal itu. Tentang alasan kenapa pak tua itu membawa dirinya yang masih orok pergi, namun justru tak merawat dan membesarkannya dengan baik. Dan saat dia mengetahui kebenarannya, dia langsung pergi begitu saja. Ah, bukankah kebenaran itu relatif, tergantung siapa yang menyatakannya? Kuharap, dia bisa menjadi seorang laki-laki yang lebih dewasa setelah melalui semua peristiwa ini.

Sebagai satu-satunya keluarga yang masih kumiliki, dia justru seperti orang asing. Aku tak tahu ini salah siapa. Aku tak berani menyalahkan ibu. Tapi aku selalu berprasangka buruk pada pak tua itu. Maksudku, Pak Lungguh. Aku sebenarnya enggan menyebut nama itu. Meski aku masih anak-anak saat dirinya pergi meninggalkan aku dan ibu, setidaknya ia pernah membuat ibu bahagia. Dan aku benci fakta itu. Sampai ibu memberitahuku sebuah cerita dari masa lalu yang bahkan hampir ia lupakan sendiri.

Aku memandang jari manis di tangan kiriku yang tersemat sebuah cincin perak bertuliskan huruf M & P, inisial namaku dan Pras. Lalu tersenyum saat mengingat hari di mana ia memberikan cincin ini yang seolah mengikatku menjadi miliknya seorang. Tapi hari itu tak sepenuhnya menjadi hari yang bahagia.

***

“Bagaimana kabar ibu? Sudah baikan, kah?” tanya Pras yang datang dengan dua buah kantong plastik di tangannya. Aku menebak isinya bubur.

“Ya, kata dokter keadaan ibu sudah agak membaik setelah tubuhnya menerima cairan infus. Terima kasih, Pras.”

Ibu sedang tidur setelah semalaman berjuang dengan sesak napasnya. Kemarin, ia masih berada di UGD. Namun dokter memindahkannya ke ruang rawat inap setelah kondisi tubuhnya cukup stabil. Semalam aku cukup panik karena tak menemukan di mana para inhealer ibu berada. Kebetulan obat-obatnya juga habis. Pikiranku tidak jernih sampai akhirnya Pras tiba-tiba menelepon. Dan akhirnya, lagi-lagi ia menjadi malaikat penyelamatku. Ia datang tepat waktu ke rumahku, juga saat membawa ibu ke rumah sakit.

“Untuk apa?” tanyanya mengeluarkan sesuatu dalam bungkusan. Benar dugaanku, itu bubur. “Sarapan dulu, Mar. Ibu sudah sarapan belum?”

“Haha, aku belum menjawab pertanyaan pertamamu. Sabarlah sedikit.”

“Hmm. Baiklah, kalau begitu aku akan menyimak sambil makan bubur. Hehe.”

“Terserah kau saja, Pras,” kataku sambil tersenyum padanya. Dalam hati aku selalu bersyukur karena Tuhan telah mempertemukanku dengan seseorang sepertinya. Laki-laki yang baik, hangat, dan menyenangkan.

“Pertama, tentu saja aku berterima kasih untuk semuanya. Karena kau adalah orang yang selalu ada di sisiku, selain ibu. Kedua, ibu sudah sarapan dan minum obat tadi. Mungkin, kini obatnya sedang bekerja. Makanya ia cepat terlelap.”

“Syukurlah kalau begitu. Oh, aku menanggapi jawaban keduamu. Dan untuk jawaban pertama, seharusnya kau tak perlu mengatakan hal itu. Bayarlah kebaikanku dengan menghabiskan bubur ini.” Pras memasang ekspresi wajah lucu yang membuatku tertawa. Aku mengambil bungkusan itu lalu mengeluarkan isinya. Namun, belum sempat aku menyendokkan suapan pertama ke mulutku, tiba-tiba saja ibu mengerang sementara matanya masih terpejam.

“Ja.. ngan.. ja.. ngan.. ba.. wa. Ja.. ngan.. ja.. ngan.. ba.. wa.” Aku meletakkan bubur yang sudah kubuka dan langsung mendekat ke arah ibu. Pras juga melakukan hal yang sama, namun ia segera keluar ruangan, mungkin memanggil perawat atau dokter untuk kemari.

“Aku di sini, bu. Tenang saja.” Baru saja aku ingin merasa lega karena keadaan ibu sudah membaik. Kali ini apa lagi? Mata Ibu setengah terbuka. Tangannya beranjak membuka sungkup oksigen yang meliputi hidugnya. Mungkin ia ingin mengatakan sesuatu. Aku mendekatkan telingaku ke mulutnya.

“Bu.. ku.. ha.. ri.. an.. di.. la.. ci.. ka.. mar. Ca.. ri.. a.. dik.. mu..” Susah payah Ibu mengatakan hal itu padaku. Sebisa mungkin ia mengatur napasnya tanpa bantuan sungkup oksigen. Sementara aku menggenggam tangannya semakin erat, dan berusaha menyembunyikan air mata yang entah sejak kapan keluar.

“To.. long.. te.. mu.. kan.. di.. a..” Aku tak lagi sanggup menyembunyikan air mataku. Dulu, aku sempat berjanji pada diriku sendiri untuk tak pernah lagi menangis di depan ibu ketika aku besar nanti. Tapi hari itu aku melanggar janjiku. Aku bahkan juga tak sanggup menatap matanya yang berubah sayu hanya dalam semalam. Ibu kembali sesak napas dan mengeluarkan bunyi ngik ngik yang tidak teratur. Aku segera memasangkan sungkup oksigennya lagi sampai akhirnya Pras datang bersama seorang dokter.

Aku tidak tahu bagaimana harus mendeskripsikan hari itu. Saat dokter akhirnya menyatakan bahwa ibu mengalami gagal napas karena sebelumnya mengalami gagal jantung, dan meninggal. Saat itu juga duniaku runtuh. Ternyata, kata-kata yang disampaikan ibu hari itu adalah kata-kata sekaligus permintaan terakhirnya padaku. Aku juga tak habis pikir bagaimana Pras yang saat itu juga sama kalutnya tiba-tiba menjatuhkan sebuah kotak kecil berwarna merah yang ternyata berisi dua cuah cincin perak. Kata Pras, ia sudah merencanakan akan memberikan salah satunya padaku sejak jauh-jauh hari. Tapi ia tak pernah menemukan waktu yang tepat. Dan bodohnya, kotak perhiasan di saku jaketnya terjatuh saat ia berlari untuk memelukku.

“Aku tahu ini bukan saat yang tepat. Tapi kuharap, kau akan selalu mengenang hari ini sebagai hari yang indah, bukan sebaliknya. Dan percayalah, bahwa aku akan selalu ada di sisimu.”

Kepergian ibu membuat lubang yang cukup mengaga di hatiku. Namun, keberadaan Pras yang selalu di sampingku membuatku sedikit demi sedikit menutup lubang itu dengan tambalan-tambalan. Hingga pada akhirnya, aku mengetahui kebenaran dan jawaban atas setiap pertanyaan selagi ibu masih hidup, dalam buku harian di laci kamar ibu. Air mataku berderai-derai melebihi saat melepas kepergian ibu ke liang lahat. Ternyata, membaca tulisan ibu di buku hariannya tak selamanya mudah. Terlebih, saat aku tahu bahwa ibu menjadikanku sebagai penerus tongkat estafet yang akan menanggung setiap rahasia dan penderitaan yang selama ini ternyata dirasakannya sendirian.

Di halaman pertama buku harian itu, ibu menuliskan “Kutukan Kecantikan”. Aku baru tahu kalau masa kecil ibu sudah diwarnai rasa sakit yang hanya bisa dirasakannya sendiri. Bagaimana ia menjalani hari-harinya sebagai gadis kecil yang cantik, namun ternyata hal itu menjadi kutukan bagi dirinya sendiri. Orangtuanya jarang mendulang hasil panen di sawah, dan lahannya justru sering mengalami kekeringan. Lambat laun, keluarganya juga didera penyakit gatal-gatal sampai berborok dan berbau tidak sedap. Anehnya, ibu tidak mengalaminya.

Saat beranjak remaja, ia tumbuh menjadi kembang desa yang aromanya bahkan tercium sampai seantero kecamatan. Banyak juragan yang berebut ingin menikah dengannya, namun lamaran mereka selalu ditolak begitu saja. Sampai akhirnya, datanglah seorang pemuda tanggung yang bahkan penampilannya saja tak meyakinkan. Namun, entah bagaimana ibu saat itu bisa menerima cinta pemuda tersebut. Mereka akhirnya menikah dan dikaruniai seorang anak, yang kuyakini itu aku. Lalu seiring berjalannya waktu, kehidupan mereka perlahan membaik. Ayahku diceritakan ibu adalah seorang pekerja keras sehingga keluarga kecil kami bisa memiliki tempat tinggal dan kehidupan yang layak. Namun, sayangnya itu tidak bertahan lama.

Di halaman kedua, tertulis “Kepergian yang Menyakitkan” dengan tinta merah dan tulisan yang tidak rapi. Bahkan saat aku membacanya, masih bisa kulihat bercak-bercak air mata pada kertasnya yang sudah menguning. Pada paragraf awalnya, ibu menceritakan tentang kehidupan barunya di sebuah desa yang asri dan tanaman kopi di belakang rumah. Ia juga bercerita betapa senang hatinya saat ayah mengajaknya pindah ke desa tersebut. Namun, ternyata kepindahan mereka ke desa tersebut adalah akhir dari kebersamaan mereka. Saat itu aku masih sangat kecil. Aku juga belum pandai untuk mengingat. Namun, saat membaca kembali tulisan ibu, aku meneteskan air mata karena membayangkan perpisahan terakhir mereka. Aku bahkan tak sempat mengingat wajah ayah dengan baik.

Pada halaman-halaman selanjutnya, tulisan ibu semakin tidak konsisten kerapiannya. Kadang ia menulis dengan huruf tegak bersambung, kadang dengan huruf latin. Tapi aku masih bisa membacanya, meski agak sedikit kesulitan. Pada kalimat terakhir di halaman kedua ini, ternyata ibu tidak menyelesaikan tulisannya. Kurasa, ibu hendak mengambil keputusan, namun masih bingung dengan keyakinannya sendiri.

“Seseorang datang melamarku. Dia pikir dia bisa meenyelamatkanku. Aku hendak menolaknya. Tapi aku juga ingin pergi sejauh-jauhnya dari desa ini.”

Sampai pada kalimat itu, aku yakin yang dimaksud adalah Pak Lungguh.


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Politik

Kopijo Hadir Mengawal Kebijakan Pemerintah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mengawal kebijakan pemerintah pusat dibawah kepemimpinan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sampai akhir masa jabatannya merupakan salah satu tujuan terbentuknya Komunitas Pilih Jokowi (Kopijo), itulah ...

Analisa Pilkada

Pentingnya Protokol Kesehatan di Pilkada Sleman untuk Kendalikan Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam sejarahnya, pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tahun 2020 digelar di tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang sampai saat ini tak bisa diprediksi kapan berakhir. Untuk itu, perlu diperhatikan terkait p ...

Budaya

Pembukaan Dua Bioskop Jogja Tunggu Hasil Verifikasi 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pembukaan bioskop yang tentunya sudah ditunggu para pecinta film di Jogja kini mulai menemukan titik terang. Saat ini dua bioskop di Kota Jogja sedang menjalani verifikasi agar bisa beroperasi sesuai protokol kesehat ...

DIY

Pertama Kali, Konser Virtual Sumpah Pemuda di Bandara Internasional Yogyakarta

SLEMAN, BERNAS.ID - PT Angkasa Pura I (Persero) akan menyelenggarakan Konser Virtual Sumpah Pemuda 2020 di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) pada hari Rabu 28 Oktober 2020 pukul 19.00 WIB melalui Kanal YouTube. Konser virtual ini beris ...

DIY

Posko Siaga Warga Didirikan di Malioboro untuk Kedamaian Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna mengantisipasi kemungkinan terulangnya kembali aksi kekerasan massa, Jejaring Masyarakat Jogja meresmikan Posko Siaga Warga di depan Hotel Mutiara, kawasan Malioboro Yogyakarta, Selasa (27/10/2020). Posko d ...

Desa

BUM Desa Mahanani Klaten Mengolah Potensi Desa Agar Bermanfaat bagi Warga dan Lingkungan

PROMOSI BUMDESA, BERNAS.ID - Mahanani yang berasal dari bahasa jawa yang artinya “Migunani” atau dalam bahasa Indonesia artinya bermanfaat, dipilih menjadi nama sebuah Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) wilayah Klaten ini. BUM ...

Nasional

Pemkab Purbalingga Aktifkan Pos Pemeriksaan Kesehatan Jelang Libur Panjang

PURBALINGGA, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mengaktifkan kembali pos pemeriksaan kesehatan di delapan jalur masuk wilayah Kabupaten Purbalingga guna mencegah penyebaran COVID-19 saat libur panjang akhir Oktob ...

Gen Z

AESPA, Girl Group Baru Besutan SM Entertainment

SM Entertainment memperkenalkan girl group baru bernama AESPA pada Senin (26/10). Girl grup baru agensi besutan Lee Soo Man ini diperkenalkan melalui teaser singkat pada pukul 01.00 waktu Korea. Awalnya penggemar hanya dapat berspekulasi ...

Pilkada

Debat Publik Pilkada Gunungkidul Putaran Pertama Akan Berlangsung Hari Ini

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID - Debat publik peserta Pilkada Kabupaten Gunungkidul 2020 akan berlangsung pada hari Selasa, (27/10/2020) pukul 19.30 WIB. Debat publik perdana diikuti oleh 4 orang calon Bupati. Diungkapkan oleh Komisioner Divisi ...

Nasional

14.692 Pekerja Batal Mendapatkan BLT Bantuan Subsidi Upah 600 Ribu Perbulan

JAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 14.692 pekerja batal mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi upah / gaji dari pemerintah sebagai bagian jaring pengaman sosial dampak pandemi covid-19. Hal ini disampaikan oleh Deputi Dire ...

Editorial

SUMPAH PEMUDA, BERSATU BANGKIT HADAPI PANDEMI

Tahun ini bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92. Waktu itu pemuda dan pemudi dari Sabang sampai Merauke, dari berbagai latar belakang suku dan ras telah menorehkan dalam sejarah bangsa Indonesia tentang semangat persatua ...

Daerah

Keluar Masuk Provinsi Riau Wajib Lakukan PCR dengan Biaya Mandiri

Pekanbaru, Bernas.id - Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan keluar atau masuk ke wilayah Provinsi Riau diwajibkan untuk melakukan PCR dengan biaya sendiri. Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Pemerin ...

DIY

Kabupaten Sleman Memberikan Bantuan bagi Warganya yang Kena PHK

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 200.000 kepada 57 warga Sleman yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena Pandemi Covid-19. BST akan diberikan dari bulan Se ...

DIY

Pos Dinamis Disiapkan untuk Antisipasi Kemacetan Jogja di Long Weekend

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 telah ditetapkan sebagai hari cuti bersama, dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada tanggal 29 Oktober. Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta s ...

DIY

BPBD Kota Jogja Minta Tempat Evakuasi Ditambah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta menyarankan penambahan tempat evakuasi di seluruh wilayah. Ini agar protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, khususnya perihal jaga jarak, bisa ...

Lifestyle

Dekranas Menggelar Karya Batik Kulon Progo di Era Pandemi Covid-19

KULONPROGO, BERNAS.ID - Sektor industri fashion tak luput dari dampak pandemi Covid-19, begitu pula para perajin kain batik di Kabupaten Kulonprogo. Guna menghidupkan kembali industri batik di Kulonprogo, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (De ...

Kesehatan

Jelang Libur Long Weekend, Sleman Perketat Prokes di Pusat Keramaian

SLEMAN, BERNAS.ID - Bupati Sleman, Sri Purnomo menghimbau masyarakat terkait pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) terkait libur panjang  (long weekend) cuti bersama libur Maulid Nabi Muhammad SAW, dari tanggal 28-30 Oktob ...

DIY

Stok BBM di Jogja Jelang Long Weekend Aman

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menjelang cuti bersama (long weekend) pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Bagian Tengah mengantisipasi kebutuhan BBM dan LPG dengan menyiagakan stok ...

DIY

Kawulo Ngayogyakarta Tolak Demo Anarkis di Pertigaan UIN Jogja

SLEMAN, BERNAS.ID - Ratusan massa Komunitas Kawulo Ngayogyakarta (KKN) melakukan aksi tolak demo anarkis di Pertigaan UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta, Minggu (25/10/2020). Komunitas ini terdiri dari 50 organisasi masyarakat, relawan da ...

Budaya

PKN 2020, Bukti Keberpihakkan Kepada Seniman Dan Pekerja Seni Dimasa Pandemi Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - PKN adalah upaya negara dan masyarakat di dalam membangun wadah kerja bersama untuk melahirkan ruang-ruang keragaman berekspresi, dialog antar-budaya, serta inisiatif dan partisipasi inovatif yang dikelola secara berjen ...

Budaya

Buku Profil TBY Dihadirkan Untuk Jadi Jendela Bagi Masyarakat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Taman Budaya Yogyakarta (TBY) menghadirkan buku Profil Taman Budaya Yogyakarta ke tengah masyarakat. Lewat itu, Taman Budaya Yogyakarta selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kebudayaan (Tundha Kabudayan) DIY ...

Pendidikan

Pengukuhan Guru Besar UNY Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan

SLEMAN, BERNAS.ID - Revolusi Industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hampir semua komponen pendidikan di SMK perlu terus  disempurnakan, meliputi standar kompetensi lulusan, kurikulum, sarana dan prasa ...

Hukum dan Kriminal

KPK Tahan Walikota Tasikmalaya Periode 2017-2022, Terkait Dugaan Suap Pengurusan DAK TA 2018

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penahanan terhadap Walikota Tasikmalaya periode 2012 – 2017 dan 2017 – 2022, terkait dugaan suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kota Tasikmalaya TA 20 ...

Pariwisata

Kebangkitan Pariwisata DIY Butuh 3 M

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Kesadaran bersama untuk patuh pada protokol kesehatan sangat penting. Memakai masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dan Menjaga jarak (3M), menjadi kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan menggerakan la ...

Pilkada

Tak Hanya Pelanggaran Aturan, Bawaslu Sleman Juga Memetakan TPS Rawan Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman memasukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di zona merah Covid-19 sebagai wilayah rawan. Pemetaan perlu dilakukan sebagai antisipasi persebaran virus Covi ...

DIY

Ada Layang-layang Tersangkut di Pesawat Citilink dari Jakarta

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebuah insiden terjadi pada pesawat Citilink dari Jakarta ketika melakukan pendaratan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada hari Jumat 23 Oktober 2020. Pesawat dengan nomor penerbangan QG 1107 yang berangk ...

Lifestyle

Pameran Fesyen di Pasar Beringharjo Digelar untuk Dongkrak Perekonomian

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berbagai upaya dilakukan untuk kembalikan situasi perekonomian di Kota Jogja. Salah satunya melalui pameran fesyen Tan Mingkuh Tumapaking Jaman Anyar yang dilakukan UPT Pusat Bisnis, Disperindag Kota Yogyakarta. E ...

Nasional

Jawa Tengah Raih TPID Award

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) wilayah Jawa - Bali. Prestasi ini merupakan kali keempat yang diraih Jawa Tengah sejak 2015 sebagai provinsi terbaik pengen ...

Nasional

Libur Long Weekend, KAI Tambah Perjalanan Kereta Api 13%

JAKARTA, BERNAS.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan sebanyak 13% menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober. Penambahan perjalanan KA ini untuk mengantisipas ...

Ekonomi

Pandemi, Penumpang YIA dan Adisutjipto Terima Subsidi Pembelian Tiket Sampai Desember

SLEMAN, BERNAS.ID - Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Adisutjipto menerima stimulus penerbangan melalui subsidi tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U). Dua bandara di bawah naungan PT Angkasa Pura masuk ke dala ...

DIY

Wakil Walikota Meminta Kampung Tangguh Bencana Jogja Mengecek Peralatan yang Dimiliki

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta seluruh Kampung Tangguh Bencana (KTB) di Kota Yogyakarta untuk melakukan pengecekan semua peralatan penanganan bencana. Harus dipastikan semua peralatan bisa berfungsi ...

Lifestyle

Ini Profil Singkat Masjid Presiden Joko Widodo yang Akan Dibangun di Abu Dhabi

ABU DHABI, BERNAS.ID - Sebagaimana dimaklumi, sesuai perintah Putra Mahkota Abu Dhabi Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Pemerintah Uni Emirat Arab telah meresmikan Jalan Presiden Joko Widodo di kawasan diplomatik/Embassy Area ...

DIY

Siasati Pandemi, PMII Kelola Empat Kolam Lele, Bantuan dari Polda DIY

SLEMAN, BERNAS.ID - Menyikapi pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya, Polri melalui Polda DIY memberikan bantuan empat kolam Lele untuk organisasi mahasiswa (ormawa) Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) D ...

Nasional

Kemenparekraf Menggandeng AELI dalam Peningkatan Kapasitas Pemandu Outbond

JAKARTA, BERNAS.ID - Kemenparekraf melalui Asosiasi Experiential Learning Indonesia mengadakan pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemandu Outbound yang tergabung dalam AELI selama 5 hari secara daring. Pelatihan Peningkatan Kapasitas P ...

Ekonomi

Pandemi Covid-19 Rupanya Dorong Kenaikan Jumlah Investor

YOGYAKARTA, BERNAS.ID —Tingkat kepercayaan publik terhadap pasar modal Indonesia dinilai masih terus meningkat, di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut dilihat dari jumlah investor pasar modal yang terus meningkat, sebagai salah ...

Olahraga

Realistis, Tidak Akan Ada Kompetisi Liga 1 2020

SLEMAN, BERNAS.ID - Melihat fakta-fakta yang ada, sampai Desember 2020 hampir pasti tidak akan ada kompetisi Liga 1 2020. Paling realistis itu pada Januari 2021, itu pun pertengahan bulan dan merupakan turnamen pemanasan untuk kompetisi 202 ...

DIY

Elemen Ormas Jogja Tolak Unjuk Rasa Anarkis

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan organisasi massa (Ormas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan deklarasi menolak anarkisme di Monumen Jogja Kembali (Monjali), Kamis pagi (22/10/2020). Mereka sepakat untuk bersama-sama menolak dan akan mela ...

Kesehatan

Indonesia melalui BKKBN Terpilih Sebagai Executive Committee Organisasi Partners in Population and Development

JAKARTA, BERNAS.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menghadiri pertemuan the 25th Partners in Population and Development Annual Board Meeting yang merupakan Pertemuan Tahunan Dewan Partners in Population and Deve ...

Sintesa

Satu Potret Super Mikro Peristiwa di Daerah Perbatasan antara Kota dan Desa

Oleh:  Profesor Sudjarwadi    Pada suatu hari Minggu pertengahan bulan September 2020,  Situtena menghadiri pertemuan anak-anak muda di sebuah rumah di daerah perbatasan antara kota dan desa. Pertemuan dihadiri o ...

Budaya

WJNC #5: Babat Alas Mertani

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Perayaan puncak hari ulang tahun ke 264 Kota Yogyakarta dimeriahkan dengan acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #5 dengan tema Babat Alas Mertani, Rabu (21/10/2020) di halaman Air Mancur Balaikota Yogyakarta. ...

DIY

Berkarya di Tengah Pandemi: Ormawa FBS UNY Siap Laksanakan Pentas Kolaborasi Internasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Organisasi Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, UNY siap melaksanakan pentas kolaborasi. Pada beberapa tahun sebelumnya, pentas ini ditiadakan namun diganti dengan Festival Bahasa dan Seni yang dilaksanakan selama ...

Kesehatan

Stunting di Tengah Covid-19, Wapres: Pemerintah Daerah Harus Inovatif

JAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepala daerah Kabupaten/Kota tidak melonggarkan upaya percepatan pencegahan stunting ditengah pandemi virus corona ( Covid-19). Berbagai program dan kegiatan yang diperlukan untu ...

DIY

Pemda DIY Tak Fasilitasi Pengganti Lahan yang Terdampak Tol Jogja-Solo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Karena hanya diberi uang ganti rugi tanpa disediakan lahan, sejumlah warga terdampak tol Jogja-Solo mengeluhkan kebingungan mencari lahan pengganti. Merespons hal ini, Pemda DIY menegaskan tidak bisa memfasilitasi pe ...

Pilkada

Akademisi Nilai Program Mbangun Dusun Nganti Wangun Dinilai Realistis

SLEMAN, BERNAS.ID - Akademisi, Edy Chrisjanto menilai program Mbangun Dusun Nganti Wangun dari Pasangan calon bupati/wakil bupati Sleman, Sri Muslimatun-Amin Purnama (MuliA) cukup realistis. Rencananya, program ini akan didukung dengan angg ...

Ekonomi

Sultan Bakal Ubah Hotel Mutiara Jadi Sentra UMKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan kunjungan lapangan ke Hotel Mutiara yang terletak di Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu (21/10/2020). Kunjungan dilakukan terkait rencana Pemda DIY untuk pembelian da ...

Ekonomi

Ekosistem Digital Menyangga Ekonomi Yogyakarta di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ekonomi Digital seperti GoFood tak dipungkiri menjadi penyangga ekonomi di Kota Yogyakarta bagi mereka yang penghasilannya terdampak pandemi terutama pekerja swasta dan profesional. Riset terbaru Lembaga Demografi Fa ...

Politik

UU Cipta Kerja Berpotensi Melemahkan Perlindungan bagi Konsumen Produk Halal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Baleg Fraksi PKS, Bukhori Yusuf meminta pemerintah tidak abai terhadap aspek perlindungan konsumen produk halal. Peringatan ini ia sampaikan mengingat UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan berpotensi merugikan ...

Kesehatan

Perkantoran Diminta Rutin Evaluasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta mengingatkan perkantoran untuk rutin melakukan evaluasi atas penerapan protokol kesehatan. Ini guna mengantisipasi potensi munculnya penularan di lingkungan kerja Pemerintah Kota Yogya ...

DIY

Mahasiswa Kembali Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law di Bunderan UGM

SLEMAN, BERNAS.ID - Ratusan elemen mahasiswa dari sejumlah universitas di Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) mulai berkumpul di Bunderan UGM, mulai jam 1 siang, Selasa (20/10/2020). Massa aksi ini berencana melaku ...

Budaya

Wayang Jogja Night Carnival 2020 Siap Disajikan Secara Virtual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski masih berada dalam masa pandemi Covid-19, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2020 ini tetap diadakan. Namun yang membedakan dari WJNC tahun-tahun sebelumnya, WJNC #5 kali ini digelar secara virtual. ...