Berita Nasional Terpercaya

Dosen UPN Jogja yang Terpapar Corona Tutup Usia

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) kehilangan putra terbaiknya. Almarhum yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menghembuskan napas terakhirnya di RSA UGM dalam usia 50 tahun, Selasa (13/10/2020) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Kasubbag Humas UPNVY, Marcus Koesnardijanto mengatakan, penyebabnya meninggal dunianya karena terpapar Covid-19, setelah beberapa waktu lalu Satgas Covid-19 RSA UGM menghubungi Satgas Covid-19 UPNVY untuk menanyakan, apakah pasien yang bersangkutan benar merupakan dosen di kampus tersebut.

“Kami tidak tahu kapan detail yang bersangkutan terkonfirmasi Covid-19. Hanya saja, kami baru tahu saat dihubungi oleh Gugus Covid-19 RSA UGM, klarifikasi apakah yang bersangkutan benar pegawai UPN,” katanya ketika dihubungi pada Kamis (14/10/2020).

Setelah itu, Satgas Covid-19 UPNVY langsung melakukan karantina wilayah lokal terhadap FISIP sejak Senin (12/10/2020) dan melakukan dekontaminasi di fakultas tersebut. Terkait riwayat penyakit penyerta (komorbid), Marcus menyebut ada. Ketika perawatan, Senin sore, pihak UPN juga dikabari dari Satgas Covid-19 RSA UGM bahwa pasien tersebut dipasangi ventilator.

“Almarhum meninggal kemarin (Selasa) sore, langsung dimakamkan malam hari dengan protokol Covid-19 di pemakaman khusus Covid-19 di Prambanan,” imbuhnya.

Selain melakukan sterilisasi, Satgas Covid-19 UPN juga tengah melakukan penelusuran kontak pada dosen tersebut. Sejak perkuliahan semester gasal dimulai pada 28 Oktober lalu, ia masih mengajar perkuliahan daring.

Marcus juga mengabarkan saat mertuanya meninggal pada 6 Oktober kemarin, saat pihak UPN melayat, Almarhum tidak ikut pemakaman. “Info dari keluarga saat itu beliau tidak enak badan,” kata dia.

Untuk meminimalisir penularan, Marcus mengatakan tracing dilakukan terhadap pelayat yang datang pada pemakaman mertua dosen tersebut. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.