Berita Nasional Terpercaya

Indonesia Jadi Tuan Rumah, Forum Kebencanaan Dunia Bahas Penanganan Pandemi Covid-19

0

BERNAS.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyampaikan penanganan pandemi Covid-19 akan menjadi salah satu bahasan dalam forum yang digagas Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Pengurangan Risiko Bencana atau United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR). Dalam forum tersebut dibahas tentang bencana alam dan nonalam. Pandemi Covid-19 yang dihadapi berbagai negara selama berbulan-bulan ini masuk dalam kategori bencana nonalam.

Forum ini bertujuan untuk meningkatkan upaya pengurangan risiko bencana melalui komunikasi dan koordinasi antara pemangku kepentingan. Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Doni Monardo menyampaikan pada pertemuan tersebut dapat saling berbagi pengalaman dalam merumuskan panduan strategis untuk pelaksanaan kerangka kerja global pengurangan risiko bencana. Indonesia didapuk menjadi tuan rumah forum kebencanaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada tahun 2022 mendatang.

?Nanti tim panitia akan berkoordinasi dengan pihak UN (Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk membahas studi kasus negara mana yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan langkah-langkah penanganan yang telah dilakukan, sehingga memberikan suatu keberhasilan dalam mengendalikan wabah Covid-19 ini,? kata Doni Monardo dalam Rapat Terbatas melalui konferensi video mengenai Persiapan Penyelenggaraan GPDRR Tahun 2022, Kamis (15/10/2020). 

Doni yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 nasional menjelaskan ada empat klaster ancaman bencana yang akan dibahas pada forum tersebut. Pertama, ancaman bencana alam klaster geologi dan vulkanologi. Bencana dari gunung berapi dan gempa bumi masuk dalam kategori pertama. Kedua, ancaman hidrometeorologi kering berupa kekeringan dan kebakaran hutan maupun lahan. Ketiga, ancaman hidrometeorologi basah, yakni banjir, tanah longsor, banjir bandang, abrasi pantai, dan angin puting beliung. 

?(Klaster) yang terakhir adalah ancaman bencana nonalam, seperti halnya sekarang yang kita hadapi, pandemi (Covid-19),? tegasnya. 

Ia menyebutkan dalam GPDRR pemerintah juga akan menyampaikan mengenai peran TNI/Polri dalam menangani berbagai bencana alam maupun nonalam di Indonesia. Operasi militer selain perang adalah keterlibatan dalam penanganan bencana. Doni menegaskan bahwa TNI/Polri merupakan salah satu kekuatan negara Indonesia. 

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk menyiapkan penyelenggaraan GPDRR Tahun 2022 di Bali. Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu, forum internasional tersebut akan dihadiri oleh 193 negara.

?Ini akan menjadi sebuah forum besar dan dihadiri kurang lebih nanti 5.000-7.000 peserta. Oleh sebab itu, ini harus dipersiapkan dengan baik,? kata Jokowi melalui konferensi video di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Acara berskala internasional ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan nasional sekaligus menegaskan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana di dunia. Indonesia bisa mempromosikan sektor pariwisata kepada para tamu konferensi yang hadir. 

?Tentu saja jangan sampai lupa, bahwa kehadiran 190-an negara tadi dapat kita gunakan untuk momentum mempromosikan pariwisata Indonesia,? tegasnya. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.