Hasil Polling pilkada.bernas.id : Suharsono - Totok Sudarto : 3516 * Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo : 3315 * Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa : 1640 * Sri Muslimatun - Amin Purnomo : 1406 * Danang Wicaksana - Agus Cholik : 544 * Sutrisno Wibowo - Mahmud Ardi Widanto : 70397 * Bambang wisnu - Benyamin Sudarmadi : 141241 * Imawan Wahyudi - Martanti Soenar Dewi : 20761 * Sunaryanto - Heri Susanto : 69641 * Sri Mulyani - Yoga Hardaya : 356 * Arif Budiyono - Harjanto : 374 * Aji Setyawan - Windarti Agustina : 109 * One Krisnata - Muhammad Fajri : 438 * Muchammad Nur Aziz - KH M Mansyur : 349 * M Said Hidayat - Wahyu Irawan : 52 * Kotak - Kosong : 195 *

Tips dan Trik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Audio Visual

Penulis : Kontributor
Editor : Redaktur Bernas
17 Oktober 2020

E-Learning menjad kebiasaan baru dalam proses belajar karena adanya pandemi


BERNAS.ID - Pembelajaran daring menjadi model pembelajaran baru dengam adanya pandemi yang mewabah di Indonesia bahkan dunia.

Pembelajaran daring mewajibkan siswa dan guru untuk menjalankan sebuah sistem operasi baru guna menunjang proses pembelajaran. Untuk itu, proses belajar mengajar membutuhkan sebuah inovasi baru untuk mencapai tujuan dari pembelajaran sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pendidikan.

Guru atau pendidik dituntut untuk memberikan materi pembelajaran dengan cara yang efektif dan tidak membosankan. Seperti yang kita tahu, pemebelajaran daring tidak serta-merta diawasi oleh guru atau pendidik secara langsug.

Guru tidak mengetahui kondisi peserta didik secara sempurna karena tidak mampu mengawasi langsung proses pembelajaran yang ada. Selain itu, siswa akan mengalami kesulitan konsenterasi saat mendengar penjelasan dari guru walaupun melalui aplikasi meeting. Hal tersebut dikarenakan adanya godaan seperti bermain game, bersosial media, susah jaringan, dan lain sebagainya. Untuk itu, pendidik harus mampu berpikir kreatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Media pembelajaran adalah alat untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran oleh pendidik. Media pembelajaran interaktif dapat dibuat dengan alat yang sederhana namun memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan alat yang digunakan pendidik dalam pembelajaran tatap muka di kelas. Perbedaannya adalah media pembelajaran interaktif yang digunakan mampu digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi. Mengingat situasi dan kondisi saat ini, kurikulum dan modul pendidikan mengalami sejumlah perbedaan besar dikarenakan pandemi.

Terkait hal tersebut, penggunaan media pembelajaran interaktif terutama audio visual akan sangat membantu proses pembelajaran di sekolah. Untuk itu, pada pembahasan kali ini Bernas akan memaparkan bagaimana tips dan trik pembuatan media pembelajaran audio visual yang mudah dan murah.

1. Konsep

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memikirkan tentang konsep media pembelajaran yang ingin dibuat. Konsep tersebut berupa bentuk video yang akan ditampilkan apakah video saja atau dengan narasi. Selain itu, bentuk video apakah berupa slide atau gambar bergerak, biasanya dengan menampilkan materi di dalamnya.

Pemilihan konsep media tersebut juga perlu mempertimbangkan waktu pembuatan dan tingkat kemahiran penggunaan alat pembuat video seperti kamera dan alat editing. Untuk itu perlu mempertimbangkan konsep tersebut secara matang.

2. Materi

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah pembuatan materi pembelajaran yang ingin disampaikan. Materi pembelajaran ini haruslah disesuaikan dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) serta tujuan dari pelaksanaan pembelajaran. Seperti kita ketahui proses pembelajaran mengacu pada silabus dan RPP yang telah dibuat oleh pendidik mengikuti instruksi dari Kemendikbud.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan belajar yang harus disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didiknya karena setiap peserta didik memiliki kemampuan dan pemahaman yang berbeda. Untuk itu, pemilihan bahan pembelajaran harus berada ditingkat sedang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Hal tersebut dimaksudkan agar peserta didik tidak terlalu kesulitan dalam memahami bahan pembelajaran. Selain itu, pendidik memerlukan skrip narasi untuk menjelaskan materi dengan lebih sistematis.

3. Proses Pembuatan

Proses pembuatan media pembelajaran interaktif audio visual dengan menggunakan PPT dan narasi dibagi menjadi beberapa sub tahapan yaitu:

  1. Mengolah materi yang ingin disampaikan ke dalam power point. Pada tahap ini pendidik akan membuat sebuah power point dengan memperhatikan animasi, materi,  dan kesesuaian durasi narasi dengan materi yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  2.  Membuat video layar pada aplikasi power point. Video layar dapat dibuat langsung dengan menggunakan aplikasi power point. Langkah-langkah pembuatan sebagai berikut. Pertama, klik insert > klik screen recording > menyesuaikan ukuran layar video yang ingin dibuat > klik record. Selanjutnya anda dipersilahkan untuk berbicara sesuai dengan narasi yang telah dipersiapkan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif (disarankan untuk menggunakan headset atau clip on). Kemudian, untuk menyimpan video tersebut silahkan klik kanan pada video yang telah direkam tadi > klik save media as > pilih folder untuk menyimpan file tersebut.

4. Proses Pengeditan

Proses pengeditan video dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi editing seperti Filmora, Adobe Premiere, KineMaster, dan lain-lain. Namun, anda lebih disarankan menggunakan apilikasi editing video untuk pemula seperti KineMaster dan Filmora.

Anda juga diperkanankan untuk memberikan backsound tertentu sehingga materi yang anda paparkan menjadi lebih menyenangkan untuk didengar. Namun, disarankan untuk tidak mencampur backsound dengan narasi karena dapat menimbulkan suara yang timpang tindih. Alangkah lebih baiknya backsound ketika narasi sedang berjalan anda kecilkan.

Ketika proses editing telah selesai, selanjutnya proses rendering. Sebelum tahap ini anda dipersilahkan untuk melihat ulang hasil editing anda, apabila ada kekeliruan anda masih dapat memperbaikinya sebelum hasil editing anda diproses menjadi video jadi. Pada tahap rendering, pastikan anda menentukan kualitas video sebaik mungkin karena kualitas video tersebut akan menentukan hasil akhir tampilan video yang telah anda buat.

5. Pemostingan

Pada tahap ini anda akan memposting hasil video pembelajaran yang telah dirender kepada peserta didik. Video pembelajaran tersebut dapat disampaikan sebagai penunjang aktivitas belajar yang mampu diakses di mana saja dan kapan saja sehingga siswa mampu mempelajari media yang telah anda buat dengan lebih santai. Namun, perlu diingat bahwa peserta didik tetap harus mendapatkan pendampingan dari pendidik agar tujuan proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan maksimal.


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia. https://unmaha.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Nasional

Warga Kepulauan Talaud Rasakan Guncangan Kuat Gempa M7,0

JAKARTA, BERNAS.ID – Warga Kepulauan Talaud merasakan guncangan kuat saat gempa terjadi pada Kamis (21/1/2021), sekitar pukul 19.23 WIB. BMKG melaporkan pemutakhiran parameter gempa pada magnitudo 7,0 serta berada 132 km timur laut Me ...

Hukum dan Kriminal

Sengketa Tambang Pasir, Kedua Pihak Klaim Kebenaran

BANTUL, BERNAS.ID - Puluhan warga Padukuhan Nengahan-Srandakan Bantul menghadiri sidang gugatan terbitnya ijin operasi produksi pertambangan yang dikeluarkan Dinas Perijinan dan Penanaman Modal (DPPM) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DI ...

DIY

Kepala Dinas Kesehatan Beri Penjelasan Terkait Positifnya Bupati Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Menanggapi Bupati Sleman, Sri Purnomo yang positif Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo menyatakan tidak ada hubungannya dengan pemberian vaksin pada tanggal 14 Januari 2021 bersamaan dengan 10 tokoh Sl ...

Nasional

Ini Harapan Partai Gelora Kepada Listyo Sigit Sebagai Kapolri Baru

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo disetujui sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis usai menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI. Seluruh fraksi menye ...

Hukum dan Kriminal

Pasca Ditetapkan Sebagai Tersangka Atas Pengadaan CSRT, PRK dan MUM Langsung Ditahan

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia telah melakukan penetapan serta penahanan atas dugaan tindak pidana korupsi terkait Pengadaan Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT) pada Badan Informasi dan Geospasia ...

DIY

Bupati Sleman Positif Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Bupati Sleman, Sri Purnomo mengkonfirmasi dirinya positif COVID-19, Kamis (22/1/2021). Sebelumnya, Rabu kemarin (20/1/2021), ia menjalani tes swab antigen dengan hasilnya positif. Kemudian, dilanjutkan tes swab PCR, hasi ...

DIY

Soal Perpanjangan PPKM, DIY Ikuti Pusat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memutuskan akan memperpanjang Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua minggu setelah 25 Januari mendatang di sejumlah daerah dengan indikator tertentu ...

Daerah

Begini Suasana Uji Coba Terbatas KRL Jogja Solo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo mulai diujicobakan secara terbatas Rabu (20/1/2021). Uji coba terbatas ini direncanakan akan berlangsung hingga Minggu (31/1/2021), dan untuk masyarakat umum dapat mengi ...

DIY

Galang Dana Bencana, GIPI Gelar Lelang dan Baca Puisi

Yogyakarta, BERNAS.ID - Lelang Lukisan litografi ke 104 dari 200 karya Maestro Lukis Affandi dalam acara Pariwisata DIY Peduli musibah dan bencana di Indonesia, yg digelar GIPI DIY (rabu 20/1) kemarin menjadi menarik. Sebab beberapa asosias ...

Budaya

Bangkitkan Semangat Pelukis Daerah di Tengah Pandemi, IPI Menggelar Pameran Akbar

BANTUL, BERNAS.ID - Ikatan Pelukis Indonesia (IPI) cabang Yogyakarta menggelar Pameran Akbar #2 IPI, yang berlangsung selama sepekan, mulai tanggal 16 hingga 23 Januari 2021 bertempat di Pendhapa Art Space, Bantul. Diakui Wakil Ketua IPI ...

Nasional

Presiden Jokowi Apresiasi Tim SAR Gabungan Evakuasi Pesawat Sriwijaya Air SJ182

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)  melakukan peninjauan posko darurat evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,  Selasa(20/1/2021). Dalam keterangan pers usai ...

DIY

Erupsi Efusif, Merapi Luncurkan Awan Panas dengan Jarak Bervariasi

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan 8 kali awan panas guguran Gunung Merapi pada hari Rabu (20/1/2021). Terjadi pada periode pukul 12.00-18.00 WIB. BPPTKG mencatat gug ...

DIY

Selama PTKM Jam Layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta Dibatasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah beberapa hari pelaksanaan kebijakan Pembatasan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) yakni mulai tanggal 11-25 Januari 2021 pengunjung yang datang ke Perpustakaan Kota Yogyakarta mengalami penurunan, nam ...

Lingkungan

Menteri LHK Luruskan Kesimpangsiuran Soal Banjir Di Kalsel

JAKARTA, BERNAS. ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluruskan terkait terjadi kesimpangsiuran tudingan kebijakan yang mengakibatkan banjir di Kalimantan Selatan.  Kondisi dan dinamika penutupan hutan (lahan ...

Hukum dan Kriminal

Berawal dari Nyanyian, Warga Jogja Terancam Hukuman

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Polsek Tegalrejo Yogyakarta menangkap pria berinisial CF (19) atas kasus penganiyaan anak. Warga Pringgokusuman tersebut telah memukul teman main sekampungnya yang berusia 15 tahun berinisial AAW. Kejadian b ...

Nasional

Masyarakat Dapat Ikuti Uji Coba KRL Jogja-Solo dengan Tarif Rp1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo akan melakukan operasional secara terbatas mulai Rabu (20/1/2021) – Minggu (31/1/2021). Dan untuk masyarakat umum dapat mengikuti uji coba mulai Senin (1/2/2021) &ndash ...

DIY

Jalan Tol Jogja-Solo Sudah Dibahas Sejak Tahun 90-an

SLEMAN, BERNAS.ID - Patok trase jalan tol Yogyakarta-Bawen, mulai dipasang di Desa Banyurejo, Kecamatan Tempel, Sleman, Selasa (19/1/2021). Lokasi tepatnya terletak di Selokan Mataram, selatan SMP Negeri 2 Tempel Sleman. Proses pemasanga ...

Daerah

Perubahan Dampak Erupsi Merapi, Pemkab Magelang Siapkan Skenario Baru

MAGELANG, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menyiapkan skenario baru terkait perubahan potensi dampak erupsi Gunung Merapi. Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto ...

DIY

Jarak Luncur Awan Panas 1,8 Kilometer, Masih Kategori Kecil

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyampaikan saat ini Gunung Merapi memasuki masa erupsi efusif sejak 4 Januari 2021. Masa erupsi efusif akan ditandai dengan lelehan lava pijar. ...

Nasional

PMI Bantu Korban Bencana Gempa Bumi di Sulbar

JAKARTA, BERNAS.ID -  Ambulans dan petugas kesehatan Palang Merah Indonesia (PMI) hadir untuk menangani masyarakat yang terdampak gempa bumi di Sulawesi Barat. Bantuan berupa makanan, air bersih, serta terpaulin telah didatangkan be ...

Hukum dan Kriminal

Aksi Dibatasi, Gubernur DIY Disomasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Aliansi Rakyat untuk Demokrasi Yogyakarta (ARDY) mengirim somasi terbuka pada Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang mengesahkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 1 Tahun 2021. Ini adalah Pergub tentang Pengendalian ...

Nasional

Presiden Instruksikan Menteri PUPR Segera Perbaiki Kerusakan Infrastruktur Akibat Banjir di Kalsel

KALSEL, BERNAS.ID - Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (18/1/2021), guna meninjau lokasi terdampak banjir di sejumlah wilayah di provinsi tersebut. Dalam keterangan persnya Presiden me ...

Kesehatan

Masyarakat Kembali Diingatkan Potensi Penularan COVID-19 Lewat Keluarga dan Kantor

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta kembali mengingatkan potensi penularan kasus di keluarga dan kantor atau tempat kerja yang masih harus tetap diwaspadai. Pasalnya kejadian semacam itu masih t ...

DIY

Radius Awan Panas Merapi Tambah Sejauh, 1,8 Kilometer

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat awan panas guguran 1 kali dengan jarak luncur 1,8 kilometer ke Kali Krasak dan Kali Boyong pada pukul 02.27 WIB, Selasa dini hari (19/1/ ...

Nasional

Seluruh Korban Ditemukan, Operasi SAR Longsor Sumedang Ditutup

SUMEDANG, BERNAS.ID - Tim SAR gabungan berhasil menemukan seluruh korban tanah longsor di Sumedang, Senin (18/1/2021). Dua korban terakhir, berhasil ditemukan pukul 19.59 WIB dan pukul 21.13 WIB. Kedua korban masih anak-anak, berjenis kelam ...

Nasional

Partai Gelora Lepas Armada Pangan untuk Korban Gempa Mamuju

JAKARTA, BERNAS.ID - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menyatakan, konsen dalam membantu penanganan korban bencana alam yang terjadi di berbagai daerah. Salah satu langkah kongkret Gelora Indonesia dalam menangani bencana adalah me ...

Lingkungan

Menteri KKP Tebar 7200 Bibit Ikan di Ngaglik Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono menebar 7.200 bibit ikan lokal di Embung Gadingan, Sinduharjo, Ngaglik, Senin (18/1/2021). Penebaran bibit 5.000 ekor nila dan 2.200 ekor nilem dilakukan bersam ...

DIY

Gubernur DIY Dorong Rumah Sakit Tambah Tempat Tidur Pasien Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X mendorong penambahan tempat tidur (TT) di Rumah Sakit untuk pasien Covid-19. Penambahan TT rumah sakit ini diprioritaskan untuk pasien dengan kriteria ...

Ekonomi

Harga Sayuran Ini di Pasar Tradisional Masih Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Harga cabai di pasar tradisional Yogyakarta masih tinggi dalam satu bulan ini. Pasalnya, curah hujan yang tinggi membuat kualitas cabai ataupun jumlah panen menurun. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, D ...

Nasional

Muhammadiyah Sepakat Pembunuhan 6 Anggota FPI adalah Pelanggaran HAM

JAKARTA, BERNAS.ID - PP Muhammadiyah telah mempelajari Keterangan Pers Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia Nomor 003/Humas/KH/I/2021 tertanggal 08 Januari 2021 tentang peristiwa kematian 6 anggota Laskar FPI ya ...

Hukum dan Kriminal

Kuasa Hukum IM Anggap Pihak UII Tidak Independen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam persidangan terakhir untuk acara pembuktian gugatan ke pihak Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta (12/1/2021), Kuasa Hukum IM menyatakan pihak tergugat tidak independen. Pasalnya, psikolog atau konselor ...

Politik

APHA Indonesia Minta Segera Sahkan RUU Masyarakat Hukum Adat

JAKARTA, BERNAS.ID - Asosiasi Pengajar Hukum Adat atau APHA Indonesia berkomitmen, untuk terus mengawal dan mendorong penuntasan proses pembahasan RUU Masyarakat Hukum Adat di DPR RI. Hal ini menanggapi sikap Fraksi Partai Golk ...

DIY

Kapolri yang Baru Dituntut Selesaikan Kasus Udin Bernas

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit melakukan silaturahmi ke sejumlah mantan Kapolri untuk minta doa restu. Tak hanya itu, ia juga meminta wejangan sebelum mengemban tugas menjadi orang nomor satu di Korps Bha ...

Ekonomi

Rp 1,25 Miliar Dianggarkan untuk Fasilitasi Gratis Ongkir UMKM DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Koperasi dan UKM DIY kembali memberikan fasilitas ongkos kirim gratis (ongkir) yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM. Ini untuk untuk meringankan beban finansial UMKM di DIY di masa pandemi COVID-19. Kepal ...

DIY

Jembatan Baru Depan GL Zoo Akhirnya Segera Difungsikan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Jembatan baru yang terletak depan Gembira Loka Zoo sebentar lagi bakal difungsikan. Usai mengalami penyempurnaan sejak Mei 2019, jembatan tersebut akan segera bisa dilintasi kendaraan umum. Kepala Bidang Lalu Lint ...

Politik

Kenangan Rizal Ramli Untuk Gerakan 77/78

JAKARTA, BERNAS. ID - Ekonom Rizal Ramli, memulai puncak karir politiknya saat menjadi salah seorang tokoh gerakan mahasiswa pada era 77/78. Ia bersama para mahasiswa lainnya kritis terhadap orde baru. Ia pun menganggap eranya tersebut ...

DIY

Semalam Merapi Luncurkan 56 Guguran Lava Pijar, Terjauh 1,5 Kilometer

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat 56 kali guguran lava pijar sejak Sabtu (16/1/2021) malam-Minggu dini hari (17/1/2021). Meski terus erupsi puluhan kali, Gunung Merapi ma ...

Nasional

Kerahkan Ratusan Relawan, Muhammadiyah Dirikan 7 Pos Pelayanan Bantu Korban Banjir Kalsel

KALSEL, BERNAS.ID - Banjir yang melanda Kalimantan Selatan sejak tanggal 10 Januari 2021 silam hingga kini belum surut, bahkan intensitas hujan tinggi masih sering terjadi. Ini mengakibatkan di banyak daerah ketinggian air bisa mencapai 2 - ...

Nasional

Gunung Semeru Meletus, Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

LUMAJANG, BERNAS.ID - Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer pada Sabtu (16/1/2021) sore pukul 17.24 WIB. Menurut laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke ...

DIY

Polri Kirim Sejumlah Bantuan Tangani Gempa Sulbar

JAKARTA, BERNAS.ID - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengirimkan sejumlah bantuan dalam penanganan gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat yang terjadi pada Jumat dini hari, 15 Januari 2021. Hal tersebut tertuang dalam sura ...

Kesehatan

Pemda DIY Diminta Segera Rekrut Tenaga Kesehatan Tambahan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemda DIY diminta untuk segera melakukan rekrutmen tenaga kesehatan baru. Ini untuk meningkatkan kemampuan penanganan COVID-19 di berbagai rumah sakit di DIY. "Kapasitas rumah sakit dan tenaga kesehatan dalam ...

Kesehatan

Baru 10 Persen Nakes di Kota Yogyakarta yang Sudah Divaksin COVID-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta terus diadakan khususnya untuk tenaga kesehatan di fasilitas layanan kesehatan. Tercatat ada sekitar 475 tenaga kesehatan atau baru 10 persen dari total terdata yang sudah divaks ...

Nasional

Berikut Cara Registrasi Penerima Vaksin Covid-19 Via WA

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan layanan registrasi bagi penerima vaksinasi COVID-19 melalui Chatbot whatsapp (WA) di nomor 081110500567. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah penerima vaksinasi COVID-19 m ...

DIY

Awan Panas Merapi Sudah Sejauh 1,5 Kilometer

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat luncuran awan panas guguran satu kali sejauh 1,5 kilometer pada pukul 04.00 WIB, Sabtu (16/1/2021). Diiringi Teramati kolom erupsi setin ...

Kesehatan

Pemkab Boyolali Siapkan Laboratorium Untuk Diagnosis PCR

BOYOLALI, BERNAS.ID – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) masih menyebar ke berbagai wilayah di Kabupaten Boyolali dan menyasar lebih luas. Sebagian besar laboratorium untuk tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau tes swab di rum ...

Inovasi

Menristek Sebut GeNose Kurangi Ketergantungan Alat PCR Covid-19 Impor

SLEMAN, BERNAS.ID - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan kehadiran GeNose untuk skrining Covid-19 melalui embusan napas menjadi solusi dalam ketergantungan alat Po ...

Kesehatan

Wakil Walikota Pejabat Pemkot Jogja Pertama yang Divaksin, Sebelumnya Tak Enak Badan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Program vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta mulai dilaksanakan pada Jumat (15/1/2021) di Rumah Sakit Pratama. Pada tahap pertama vaksin diberikan kepada para tenaga kesehatan yang diawali oleh Forum Komunikasi Pimp ...

Nasional

Sulawesi Barat Diguncang Gempa, Muhammadiyah Kerahkan Sumber Daya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Merespon gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang terjadi Sulawesi Barat (Sulbar), Jum’at (15/1/2021) pukul 02.28 WITA dini hari, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah segera berkoordinasi ...

Kesehatan

Pakar UGM Jelaskan Alasan Orang Yang Pernah Terinfeksi Covid-19 Tidak Divaksin

SLEMAN, BERNAS.ID - Ahli Imunologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PD, KAI(K), menyampaikan penjelasan terkait pasien yang pernah terpapar Covid-19 tidak perlu divaksin. Dia memaparkan pada orang ...

Nasional

Operasi SAR Sriwijaya SJ-182 Diperpanjang Selama 3 Hari

JAKARTA, BERNAS.ID - Operasi SAR jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 diperpanjang selama 3 hari. “Siang ini diputuskan bahwa Operasi SAR kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 diperpanjang tiga hari, sampai hari Senin (17/1/2021),& ...