close

Tips dan Trik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Audio Visual

Tips dan Trik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Audio Visual

BERNAS.ID - Pembelajaran daring menjadi model pembelajaran baru dengam adanya pandemi yang mewabah di Indonesia bahkan dunia.

Pembelajaran daring mewajibkan siswa dan guru untuk menjalankan sebuah sistem operasi baru guna menunjang proses pembelajaran. Untuk itu, proses belajar mengajar membutuhkan sebuah inovasi baru untuk mencapai tujuan dari pembelajaran sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pendidikan.

Guru atau pendidik dituntut untuk memberikan materi pembelajaran dengan cara yang efektif dan tidak membosankan. Seperti yang kita tahu, pemebelajaran daring tidak serta-merta diawasi oleh guru atau pendidik secara langsug.

Guru tidak mengetahui kondisi peserta didik secara sempurna karena tidak mampu mengawasi langsung proses pembelajaran yang ada. Selain itu, siswa akan mengalami kesulitan konsenterasi saat mendengar penjelasan dari guru walaupun melalui aplikasi meeting. Hal tersebut dikarenakan adanya godaan seperti bermain game, bersosial media, susah jaringan, dan lain sebagainya. Untuk itu, pendidik harus mampu berpikir kreatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Media pembelajaran adalah alat untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran oleh pendidik. Media pembelajaran interaktif dapat dibuat dengan alat yang sederhana namun memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan alat yang digunakan pendidik dalam pembelajaran tatap muka di kelas. Perbedaannya adalah media pembelajaran interaktif yang digunakan mampu digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi. Mengingat situasi dan kondisi saat ini, kurikulum dan modul pendidikan mengalami sejumlah perbedaan besar dikarenakan pandemi.

Terkait hal tersebut, penggunaan media pembelajaran interaktif terutama audio visual akan sangat membantu proses pembelajaran di sekolah. Untuk itu, pada pembahasan kali ini Bernas akan memaparkan bagaimana tips dan trik pembuatan media pembelajaran audio visual yang mudah dan murah.

1. Konsep

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memikirkan tentang konsep media pembelajaran yang ingin dibuat. Konsep tersebut berupa bentuk video yang akan ditampilkan apakah video saja atau dengan narasi. Selain itu, bentuk video apakah berupa slide atau gambar bergerak, biasanya dengan menampilkan materi di dalamnya.

Pemilihan konsep media tersebut juga perlu mempertimbangkan waktu pembuatan dan tingkat kemahiran penggunaan alat pembuat video seperti kamera dan alat editing. Untuk itu perlu mempertimbangkan konsep tersebut secara matang.

2. Materi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

JONGGOL, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

Rp.60,000,000

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah pembuatan materi pembelajaran yang ingin disampaikan. Materi pembelajaran ini haruslah disesuaikan dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) serta tujuan dari pelaksanaan pembelajaran. Seperti kita ketahui proses pembelajaran mengacu pada silabus dan RPP yang telah dibuat oleh pendidik mengikuti instruksi dari Kemendikbud.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan belajar yang harus disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didiknya karena setiap peserta didik memiliki kemampuan dan pemahaman yang berbeda. Untuk itu, pemilihan bahan pembelajaran harus berada ditingkat sedang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Hal tersebut dimaksudkan agar peserta didik tidak terlalu kesulitan dalam memahami bahan pembelajaran. Selain itu, pendidik memerlukan skrip narasi untuk menjelaskan materi dengan lebih sistematis.

3. Proses Pembuatan

Proses pembuatan media pembelajaran interaktif audio visual dengan menggunakan PPT dan narasi dibagi menjadi beberapa sub tahapan yaitu:

  1. Mengolah materi yang ingin disampaikan ke dalam power point. Pada tahap ini pendidik akan membuat sebuah power point dengan memperhatikan animasi, materi,  dan kesesuaian durasi narasi dengan materi yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  2.  Membuat video layar pada aplikasi power point. Video layar dapat dibuat langsung dengan menggunakan aplikasi power point. Langkah-langkah pembuatan sebagai berikut. Pertama, klik insert > klik screen recording > menyesuaikan ukuran layar video yang ingin dibuat > klik record. Selanjutnya anda dipersilahkan untuk berbicara sesuai dengan narasi yang telah dipersiapkan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif (disarankan untuk menggunakan headset atau clip on). Kemudian, untuk menyimpan video tersebut silahkan klik kanan pada video yang telah direkam tadi > klik save media as > pilih folder untuk menyimpan file tersebut.

4. Proses Pengeditan

Proses pengeditan video dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi editing seperti Filmora, Adobe Premiere, KineMaster, dan lain-lain. Namun, anda lebih disarankan menggunakan apilikasi editing video untuk pemula seperti KineMaster dan Filmora.

Anda juga diperkanankan untuk memberikan backsound tertentu sehingga materi yang anda paparkan menjadi lebih menyenangkan untuk didengar. Namun, disarankan untuk tidak mencampur backsound dengan narasi karena dapat menimbulkan suara yang timpang tindih. Alangkah lebih baiknya backsound ketika narasi sedang berjalan anda kecilkan.

Ketika proses editing telah selesai, selanjutnya proses rendering. Sebelum tahap ini anda dipersilahkan untuk melihat ulang hasil editing anda, apabila ada kekeliruan anda masih dapat memperbaikinya sebelum hasil editing anda diproses menjadi video jadi. Pada tahap rendering, pastikan anda menentukan kualitas video sebaik mungkin karena kualitas video tersebut akan menentukan hasil akhir tampilan video yang telah anda buat.

5. Pemostingan

Pada tahap ini anda akan memposting hasil video pembelajaran yang telah dirender kepada peserta didik. Video pembelajaran tersebut dapat disampaikan sebagai penunjang aktivitas belajar yang mampu diakses di mana saja dan kapan saja sehingga siswa mampu mempelajari media yang telah anda buat dengan lebih santai. Namun, perlu diingat bahwa peserta didik tetap harus mendapatkan pendampingan dari pendidik agar tujuan proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan maksimal.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi


Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan

Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan


Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru