Hasil Polling pilkada.bernas.id : Suharsono - Totok Sudarto : 3493 * Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo : 3308 * Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa : 1638 * Sri Muslimatun - Amin Purnomo : 1403 * Danang Wicaksana - Agus Cholik : 542 * Sutrisno Wibowo - Mahmud Ardi Widanto : 70396 * Bambang wisnu - Benyamin Sudarmadi : 141230 * Imawan Wahyudi - Martanti Soenar Dewi : 20761 * Sunaryanto - Heri Susanto : 69639 * Sri Mulyani - Yoga Hardaya : 356 * Arif Budiyono - Harjanto : 373 * Aji Setyawan - Windarti Agustina : 109 * One Krisnata - Muhammad Fajri : 437 * Muchammad Nur Aziz - KH M Mansyur : 348 * M Said Hidayat - Wahyu Irawan : 52 * Kotak - Kosong : 194 *

Pemberdayaan Masyarakat Bali Melalui Urban Farming

Penulis : Kontributor
Editor : Redaktur Bernas
Dibaca : 0 kali
19 Oktober 2020

sumber: webinar Kagama - Pemberdayaan Masyarakat


JAKARTA, BERNAS.ID - PP Kagama menggelar webinar Pemberdayaan Masyarakat #2 lewat aplikasi Zoom meeting berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Bali dengan Urban Farming & Kebun Berdaya di Tengah Wabah Covid-19” pada hari Sabtu (17/10) kemarin, yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta.

Webinar menghadirkan 3 narasumber yaitu Ir. Gde Ambara Putra (Kepala Dinas Pertanian Denpasar), Th. Triza Yusino (pegiat urban farming di Bali) dan Gede Mantrayasa (inisiator Kebun Berdaya Denpasar). Sebagai moderator adalah Dr. Nyoman Sukma Arida, Msi dan Dr. Isma Kurniatanty sebagai MC. Turut hadir Anak Agung Gde Agung, SH, Anggota DPD RI 2019-2024, sebagai keynote speaker.

Anak Agung Gde Agung, SH, Anggota DPD RI 2019-2024
Tampil di awal acara Anak Agung Gde Agung mengatakan efek pandemi Covid-19 memang sangat berdampak pada turunnya pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia, termasuk di Bali yang sangat tergantung pada sektor pariwisata. Dampaknya merembet ke sektor pertanian, ditandai dengan turunnya secara tajam permintaan pada produk-produk pertanian. Yang lebih parah adalah meningkatnya jumlah pengangguran baru.

Bali yang sangat bergantung pada sektor parisiwisata, tentulah harus memikirkan sektor lain yang bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi baru, seperti sektor agraris, bertani dan bercocok tanam baik di pedesaan maupun di perkotaan. Yang menjadi masalah adalah kian lama lahan pertanian di Bali semakin menyusut akibat alih fungsi lahan. Sementara itu sumber daya manusia di sektor pertanian juga menjadi kendala, yang mana karena rendahnya minat kaum muda untuk menjadi petani. Hal itu tentunya akan menjadi ancaman bagi kebutuhan pangan di masyarakat.

Salah satu cara untuk mengantipasi adanya kemungkinan krisis pangan adalah dengan melaksanakan urban farming atau memanfaatkan lahan terbuka di perkotaan menjadi lahan hijau yang produktif. Kegiatan urban farming di Bali selama pandemi setidak-tidaknya bermanfaat secara sosiologis. Kegiatan yang bisa mereduksi tingkat stress serta meminimalisir dampak psikis akibat wabah covid-19. Juga bermanfaat bagi aspek lingkungan dan secara ekonomis sanggup menjawab krisis pangan, minimal hasilnya untuk mencukupi kebutuhan dirinya sendiri.

Berbagai manfaat akan diperoleh dari urban farming. Jika dikelola dengan baik dan benar tentu akan memiliki keuntungan yang besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Namun apabila tidak dikelola dengan baik ada kemungkinan akan mengakibatkan hal yang tidak baik pula. Ke depannya barangkali pemerintah perlu mengeluarkan instrumen kebijakan buat mengatur urban farming. Namun tidak perlu terlalu mengintervensi, biarkan berkembang secara natural dan penuh inovasi.

Ir. Gde Ambara Putra, Kepala Dinas Pertanian Denpasar

Gde Ambara Putra, Kepala Dinas Pertanian Denpasar, yang menjadi narasumber menggantikan Walikota Denpasar yang kebetulan tidak bisa hadir, memaparkan materi tentang urban farming atau pemanfaatan lahan pekarangan guna mewujudkan ketahanan pangan keluarga. Hal itu erat kaitannya dengan keterpurukan ekonomi rumah tangga akibat terdampak pandemi. Manfaat urban farming atau pertanian perkotaan adalah selain menjaga ketahanan pangan keluarga, juga untuk pemberdayaan masyarakat sekaligus meningkatkan taraf perekonomian keluarga.

Sedangkan konsep urban farming adalah sistem penanaman tanaman dengan beberapa teknik seperti vertikultur, hidroponik, aquaponik sehingga tidak memerlukan lahan yang luas. Sistem penanamannya dapat meminimalisir pemakaian pestisida, sehingga hasil panennya aman dan baik untuk kesehatan. Biasa dilakukan di halaman rumah, sehingga mengedukasi anggota keluarga untuk melakukan aktifitas fisik di masa pandemi dan mampu menjadi media pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga. Yang terakhir urban farming mampu menyediakan lahan terbuka hijau di tengah sempitnya lahan dan padatnya bangunan di perkotaan.

Ambara menjelaskan bahwa vertikultur adalah teknik menanam secara bertingkat pada lahan sempit, dengan jenis tanaman yang cocok yaitu seledri, bayam dan sawi. Lalu hidroponik adalah teknik menanam dengan media air, dengan jenis tanaman yang dapat dikembangkan yaitu pokcay, selada, kangkung dan bayam merah. Berikutnya aquaponik adalah konsep menanamnya dengan kombinasi budidaya ternik perairan, semisal budidaya tanaman kangkung yang dikombinasikan dengan ternak lele memakai media tong atau ember. Yang terakhir adalah wall gardening yaitu teknik penanaman menggunakan media dinding / tembok.

Di Denpasar untuk memberdayakan keluarga menerapkan urban farming ditempuh melalui program PKK. Melalui gerakan HATINYA PKK (Halaman Teratur Indah dan Nyaman) memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan sebagai kebun gizi keluarga. HATINYA PKK dapat mengotimalkan manfaat lahan pekarangan melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan sehingga dapat menjamin ketersediaan bahan pangan bagi keluarga. Salah satu implementasi edukasi HATINYA PKK adalah TAPAKARA (Ketahanan Pangan Pekarangan Alit) yaitu pemanfaatan lahan pekarangan sempit dengan teknik urban farming.

Selain lewat HATINYA PKK, pemanfaatan ketahanan pangan keluarga juga dilakukan dengan pemanfaatan lahan yang disebut Kebun Berdaya, sebuah konsep yang diinisiasi oleh Gde Mantrayasa. Lalu masih banyak cara yang ditempuh yang kesemuanya bertujuan agar optimalisasi pemanfaatan tanah pekarangan dapat meningkatkan taraf perekonomian keluarga.

Theresia Triza Yusino, penggiat urban farming

Narasumber Triza Yusino yang biasa disapa Yusi lebih banyak bercerita tentang pengalaman pribadinya dalam berbagi kepada masyarakat lewat pembagian benih dan urban farming di tengah pandemi. Pada bulan Maret 2020 sebenarnya ia sudah melakukan kegiatan urban farming secara mandiri. Perkenalannya dengan Sulastama Raharja (Aktivis Kagama Care), Drajat Wibawa (Aktivis Kagama Care-Ketahanan Pangan), Dedy Kusuma (Ketua Kagama Pengcab Denpasar), membuat Yusi menjadi ikut terlibat kegiatan urban farming dengan Kagama Care. Koordinasi awal dengan mereka bertiga yang kemudian direstui oleh I Gusti Ngurah Agung  Diatmika, Ketua Kagama Pengda Bali, membuat Yusi menjadi Tim Operasional Lapangan KC-KP di Bali bersama Gede Mantrayasa (inisiator Kebun Berdaya).

Donasi awal yang diterima dari KC-KP berupa dana operasional Rp. 750.000 dan benih berbagai jenis sayur sejumlah 165 pack yang disebut “Sheet of Hope”. Untuk benih Yusi juga memperoleh donasi dari individu dan dinas pertanian. Selain benih juga ada donasi berupa polibag, media tanam dan pupuk kandang, dan lainnya.

Yusi sadar ia tidak bisa bekerja sendirian. Maka ia bersama teman-teman muda menjalin kerja sama dengan tokoh agama dan masyarakat setempat, Komunitas Orang Muda (Rumah Pelangi, Gabungan Pemuda Bali, Aliansi Bali Lawan Covid-19, THS THM), Komunitas Eco Enzym Nusantara, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali, dinas terkait, serta pemda setempat.

Kegiatan urban farming yang dilakukan Yusi dan kawan-kawan meliputi membagikan benih dan bibit secara gratis; menyemai benih atau membuat bibit; membudidayakan  dan hasilnya dikonsumsi sendiri; pembuatan pupuk cair organic, mol nasi, pestisida alami, eco-enzym; memberi dan membagikan  motivasi untuk tumbuhnya  urban farming sekaligus mengedukasi  tentang urban farming; berjejaring, berkolaborasi & bersinergi antar pelaku urban farming, KC-KP, instansi terkait, pemda, dll; membagikan hasil panen (petik langsung dikebun); menjual hasil panen (segar atau dijadikan makanan matang).

Benih yang didapatkan dari KC-KP oleh Yusi dibagi ke 18 lahan atau pioneer. yang bersedia mengelola. Sebagai pilot project awalnya benih disemaikan di halaman rumah. Lalu ketika sudah berjalan sukses, dengan sendirinya beberapa kelompok masyarakat tertarik datang untuk ikut menduplikasinya. Selanjutnya ketika melihat adanya peluang atau prospek maka akhirnya dikembangkan ke lahan yang lebih besar bekerja sama dengan kelompok masyarakat yang sehati dalam mengembangkan urban farming. Yusi bersyukur semuanya bisa berjalan dengan baik dan ada beberapa yang perkembangannya sungguh luar biasa bagus.

Selain mengembangkan komunitas urban farming, Yusi juga bekerjasama dengan teman-teman yang tergabung dalam Kagama Muda Bali untuk kegiatan Canthelan Bali. Total ada 20 spot canthelan di wilayah Denpasar dan Kuta Selatan. Ada 6 spot canthelan yang melakukan sinergi dengan urban farming di wilayahnya masing-masing, yang mana paket canthelannya merupakan hasil panenan mereka sendiri ditambah dengan donasi dari berbagai pihak.

Dalam setiap kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat, Yusi selalu berprinsip pada pengelolaan Tiga Daya Jiwa atau 3H yaitu Heart (hati), Head (akal budi) dan Hand (aksi nyata). Dengan hati, ada perhatian dan kepedulian yang dikelola dengan akal budi sehingga memunculkan inisiatif, kreatifitas, inovasi dan solusi yang diaktualisasikan dalam bentuk tindakan atau karya nyata. Ia bersyukur bisa bertemu dengan orang-orang sehati atau sejalan yang bersedia belajar dan berjalan bersama dalam aktifitas urban farming yang difasilitasi oleh KC-KP.

Gede Mantrayasa, inisiator Kebun Berdaya Denpasar

Gede Mantrayasa sebagai narasumber terakhir menjelaskan tentang pemberdayaan masyarakat melalui Kebun Berdaya, yaitu sebuah kegiatan urban farming yang terintegrasi dengan banyak kegiatan positif. Gede mengakui bahwa Kebun Berdaya lahir di tengah wabah Covid-19. Ketika di kampungnya Banjar Tegeh Sari, Kel. Tonja, Kec. Denpasar Utara dibentuk Satgas Covid-19, langkah yang pertama kali dilakukan adalah melakukan survey ketahanan sosial ekonomi menghadapi pandemi. Tenyata 80% lebih warga menjawab pangan sebagai kebutuhan utama yang paling mendesak.

Dari hasil survey akhirnya diputuskan solusinya adalah membikin gerakan mina tani, dengan pertimbangan akan mendapatkan beras, sayur mayur, berikut lauk ikan. Namun kemudian timbul kendala karena faktor keterbatasan lahan. Beruntung akhirnya Gede dkk menemukan lahan kosong milik warga ukuran 10×10 m yang kemudian mendapatkan ijin dari pemiliknya untuk dijadikan lahan pertanian.

Untuk benih atau bibit, Gede sangat bersyukur karena mendapat support dari Kagama Care – Ketahanan Pangan (KC-KP), Drajat Wibawa (Aktivis KC-KP Bali), dan Dedy Kusuma (Ketua Kagama Pengcab Denpasar). Juga bantuan dari Triza Yusina, aktivis penggiat urban farming yang tinggal di Jimbaran. Hingga singkat cerita akhirnya terbentuklah 6 lahan hijau yang disebut Kebun Berdaya yaitu KB Sari Dewi, KB Krama, KB STT, KB Pinguin, KB Manukrawa dan KB Kampung Hijau.

Donasi bibit yag diperoleh disemaikan sendiri oleh Gede dkk. Karena rata-rata warga tidak punya lahan sendiri maka solusinya adalah dilakukan penyemaian di planter bag yang juga merupakan hasil donasi dari berbagai pihak. Satu KK mendapatkan 4 planter bag, dengan perhitungan hasilnya bisa mencukupi kebutuhan pangan mereka sehari-hari. Gede kagum pada kreatifitas warga, yang kemudian membuat media tanam sendiri dari banner-banner / spanduk, botol minuman mineral atau jerigen bekas.

Gede melihat Kebun Berdaya bisa menjadi strategis karena aspek ekologinya sangat membantu dalam perbaikan lingkungan. Lahan-lahan kosong yang semula banyak tumpukan sampah disulap menjadi lahan hijau produktif. Selain itu Kebun Berdaya bukan hanya sarana untuk bercocok tanam, namun juga mampu meningkatkan rasa sosial dan kebersamaan warga akibat merasa senasib. Juga di beberapa kebun bisa dimanfaatkan untuk ruang kreatif warga seperti berkesenian dan diskusi mambahas lingkungan. Lewat Kebun Berdaya, Gede juga melakukan edukasi yang menekankan bahwa berkebun itu tidak harus mahal. Seperti pupuk tidak harus membeli, dan bisa diusahakan sendiri.

Dari Kebun Berdaya lahir sub-kegiatan bernama Kebun Berbagi dengan banyak agenda positif pula. Seperti pada awal Oktober 2020 di KB “Pinguin” mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Mengenal Tamsalampot (Tanaman Sayur dalam Pot) dan Bola-bola Benih”, yang mampu menarik banyak peserta.

Kalau Kebun Berdaya mayoritas melibatkan bapak-bapak, maka berikutnya Gede mengajak ibu-ibu untuk mengelola sampah. Saat ini sudah terbentuk divisi edukasi, bank sampah dan pengelolaan kompos. Pengaruhnya sekarang ibu-ibu sudah pada tertib dalam penanganan sampah.

Di akhir pemaparan Gede menjelaskan mengapa kegiatannya diberi nama Kebun Berdaya. Karena lahan yang dikelola bukan sekedar untuk bercocok tanam, namun juga banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan di kebun dengan tujuan untuk memberdayakan warga. Kebun juga menjadi tempat berkegiatan bagi pemuda-pemudi di luar sanggar, serta dijadikan lokasi untuk mengadakan pelatihan dan edukasi tentang pertanian.

Saat ini Kebun Berdaya banyak menjalin kolaborasi dengan banyak fihak yang sama-sama menguntungkan. Ke depannya apabila kebutuhan sendiri sudah tercukupi, tidak tertutup kemungkinan akan bisa menjadi sebuah badan usaha, tentu saja dengan dianalisa terlebih dulu potensinya. Prosesnya mungkin masih butuh waktu, namun yang paling terpenting adalah paling tidak pemberdayaan berbasis komunitas yang sudah dilakukan selama ini akan membuat Banjar Tegeh Sari menuju ke kedaulatan pangan.
(Kontributor: Humas PP Kagama)
 


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Hukum dan Kriminal

Aktivis JCW Tuntut Penuntasan Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini tengah mendalami kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida APBD TA 2016-2017 di Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Merespons hal itu, ...

Pilkada

Logistik Pilkada Didistribusikan Tanggal 7 Desember

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejumlah logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sleman 2020 sudah berada di gudang KPU. Logistik yang sudah ada seperti kotak suara, tinta, formulir, serta surat suara. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman Tra ...

Hukum dan Kriminal

KPK Tangkap Tersangka Dugaan Korupsi Penerimaan Hadiah Atau Janji Oleh Penyelenggara Negara

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan kegiatan tangkap tangan terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji oleh Penyelenggara Negara terkait dengan perizinan tambak, usaha dan at ...

Bernaswara

Terkesan dengan Jogja, Trayen Lakukan Pembuatan Video Clip di Kota Gudeg

BERNASWARA | Yogyakarta - Artis solois pop muda Indonesia, Trayen Kaligis, selama beberapa hari ini sedang di Jogja. Trayen mengakui kota Jogja sangat berkesan. Bagi Trayen, Jogja itu kota yang sempurna karena memiliki unsur sejarah da ...

Ekonomi

Disperindag Kota Yogyakarta Gelar Jogja Mandiri Expo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kembali menggelar Jogja Mandiri Expo, namun berbeda dengan sebelumnya yang digelar di luar kota, tahun ini justru dilakukan di dala ...

Sintesa

Jalan Unik Kebahagiaan Seorang Sopir pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh:  Sudjarwadi Suatu saat Situtena merenungkan keadaan keluarga dan masyarakat yang mengalami banyak perubahan setelah pandemi virus Covid-19 di berbagai penjuru dunia. Sudah tujuh bulan Situtena tidak bepergian jauh ke kota lain ...

Nasional

Kapolri Berikan Arahan Tegas, Tegakkan Protokol Kesehatan

JAKARTA, BERNAS.ID - Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) seluruh Indonesia di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2020). Kegiatan ini diikuti oleh 34 Kapolda dan 493 Kapolres. ...

Nasional

Pushidrosal dan Diskumal Gelar Webinar Rancangan Perpres Survei Pemetaan Hidrografi

JAKARTA, BERNAS.ID - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskumal) menggelar Webinar tentang rancangan Peraturan Presiden (Perpres) survei dan pemetaan hidrografi. Kegiatan ...

Kesehatan

Pemda DIY Diminta Tingkatkan Sistem Pelayanan Kesehatan yang Dirasa Bisa 'Collapse'

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto merasa, dalam perjalanan penanganannya sejak Maret 2020, tren positif Covid-19 di DIY terus naik. Menurutnya ini sungguh mengkhawatirkan karena sistem pelayanan dan kesehatan di DI ...

DIY

Pecah Rekor! Kasus Positif COVID-19 di DIY Bertambah 150 Orang, Tertinggi Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Lonjakan kasus positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali mengalami peningkatkan fantastis. Per Rabu (25/11/2020) ada penambahan sebanyak 150 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.  &qu ...

Kesehatan

Dinkes DIY Segera Latih Vaksinator Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY siap menggelar latihan bagi Vaksinator Covid-19 di DIY. Meski demikian, belum dapat diketahui, kapan vaksinasi Covid-19 bakal dilakukan. Trisno Agung Wibowo selaku Kabid Sumber Daya Ke ...

Lifestyle

Whitehead, Milia, Fungal Ance, dan Jerawat Batu Apa bedanya ?

Bernas.id, Berbicara tentang masalah kulit dan kecantikan memang tidak ada habisnya. Banyak sekali permasalah-permasalahan yang dialami pada kulit terutama bagian wajah. Permasalahan tersebut mungkin akan menjadi suatu masalah besar bagi pa ...

Nasional

Hari Guru Nasional: Semangat Mengabdi di Tengah Pandemi

Bernas.id – Pada tanggal 25 November ini, setiap tahunnya Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Pada tahun 2020 ini, peringatan Hari Guru diselenggarakan dengan tema resmi "Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar” ...

DIY

BPPTKG: Erupsi Merapi Tidak Akan Sebesar Tahun 2010

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman meminta masyarakat tenang menyikapi perkembangan aktivitas gunung Merapi saat ini. Namun, masyarakat juga harus tetap waspada dengan memperhatikan arahan dari pihak yang ...

Inspirasi

Klinik Ananda : Berikan Pelayanan Terbaik dengan ‘Bidan Delima’

ADVERTORIAL | BERNAS.ID - Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan medis dasar dan/atau spesialistik dan diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (bidan dan/atau perawat) maupun tenaga ...

Daerah

Anggota DPR RI Bagikan 25 Ribu Masker Medis di Kabupaten Kendal

KENDAL, BERNAS.ID - Anggota DPR RI Fraksi PKS, KH Bukhori Yusuf, menyalurkan bantuan sebanyak 25 ribu masker medis kepada Puskesmas Kaliwungu Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Selain bantuan masker, Anggota Legislatif Dapil Jateng I ini juga m ...

Nasional

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Ini Reaksi Netizen

BERNAS.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Penangkapan Edhy Prabowo berlangsung di Bandara Soekarno-Hatta Cengkarang.  Diketahui, Edhy ...

Politik

Mendagri Tidak Bisa Pecat Kepala Daerah Gara-gara Tak Tegakkan Protokol Kesehatan

SLEMAN, BERNAS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan instruksi yang memuat ketentuan pemberhentian kepala daerah apabila terbukti melanggar protokol kesehatan. Kebijakan tersebut diatur dalam Instruksi Mendagri No.6 Tahun 2020 t ...

DIY

Begini Perubahan "VC Ratio" Akibat Penyearahan Arus Sekitar Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menilai penerapan sistem jalan searah di seputar Malioboro rupanya berpengaruh pada vc ratio atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan kepadatan lalu lintas atau arus lalu ...

Kesehatan

Zona Merah, Hotel dan Restoran DIY Covid-19 Diimbau Tetap Waspada

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Semua wilayah di DIY telah dinyatakan berstatus zona merah Corona. Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY kembali menekankan kewaspadaan dan kedisiplinan penerapan protokol pencegahan Covid-19 ...

DIY

Ramai Jejak Macan Tutul Merapi, TNGM Pastikan Itu Jejak Anjing

SLEMAN, BERNAS.ID - Ramai jejak macan tutul di jalur evakuasi Gunung Merapi Suruh -Singlar Dusun Ngancar, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman dibantah oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Hal ini dipastikan oleh Fungsional Pengendali ...

DIY

Kemensos RI Bekerjasama dengan ISRI Kota Yogyakarta Salurkan Bantuan Sembako

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka meringankan beban rakyat maka IKATAN SARJANA RAKYAT INDONESIA (ISRI) DPC Kota Yogyakarta mendata warga Kota Yogyakarta yang terdampak Covid19 untuk dapat diajukan mendapatkan bantuan sosial berwujud semb ...

Internasional

Indonesia Terpilih Sebagai Presiden Dewan Pembangunan Industri UNINDO

WINA, BERNAS.ID - Indonesia terpilih sebagai Presiden pada pertemuan Sesi ke-48 Dewan Pembangunan Industri (Industrial Development Board/IDB) pada Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO). Pemilihan dimaksud dilan ...

Pendidikan

Fakultas Bioteknologi UKDW Kembangkan Iklim Riset di Sekolah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta telah menjadi mitra Asosiasi Guru Pembimbing Penelitian Indonesia (AGPPI) dalam pengembangan iklim riset dan kualitas riset guru dan siswa sejak ...

Bernas TV

Bahas Intoleransi dan Pilkada, Dit Intelkam Polda DIY Kunjungi Pimpinan Ponpes Nurul Ummah Kotagede

YOGYAKARTA, BERNASTV — Jajaran Polda DIY senantiasa melaksanakan tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Yogyakarta, termasuk di masa Pilkada saat ini. Disamping selalu menjaga silaturahmi dengan berbagai ...

Pendidikan

Januari 2021, Siswa di Sleman Boleh Belajar Tatap Muka

SLEMAN, BERNAS.ID - Sekolah-sekolah di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mulai menerapkan pembelajaran tatap muka di Semester Genap Tahun Ajaran (TA) 2021. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Wida ...

Analisa Pilkada

Tim 38 Akan Awasi Pilkada DIY Agar Bersih dan Patuhi Prokes

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan advokat  yang tergabung dalam Tim 38 mendeklarasikan Advokat Pilkada Bersih untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tim ini akan memantau dan mengawasi pelaksanaan pilkada agar bersih dan mematuhi pr ...

Pendidikan

Mengadu ke Dewan, Puluhan Guru dan Tenaga Honorer Minta Kejelasan Nasib

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Puluhan guru dan tenaga honorer yang tergabung dalam Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non Kategori Usia 35 Tahun ke Atas (GTKHNK35+) melakukan audiensi dengan pimpinan DPRD DIY, Senin (23/11/2020). Mereka ya ...

Pilkada

Walau Pandemi, Target Partisipasi Pilkada DIY Tetap Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 memang menghantui pelaksanaan pilkada tahun ini. Meski demikian, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan telah meminta KPU Sleman, Bantul dan Gunungkidul untuk menaikkan target partisipasi di atas nasional, 7 ...

Bernas TV

Terkait Ceramah Rizieq Shihab, PB MDHW Ajak Semua Elemen Bangsa Tetap Bersatu Demi NKRI

JAKARTA, BERNASTV - Baru-baru ini sedang viral beberapa potongan video Ketua FPI, Muhammad Rizieq Shihab, yang kembali menyedot perhatian publik. Ceramah yang disampaikannya dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, menurut P ...

Analisa Pilkada

Pelanggaran Akun Twitter KPU Sleman Diteruskan ke DKPP

SLEMAN, BERNAS.ID - Bawaslu Kabupaten Sleman memutuskan meneruskan pelanggaran akun Twitter KPU Kabupaten Sleman yang hanya mengunggah salah satu program pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 ke Dewan Kehormatan ...

Budaya

Asyiknya Belajar Nyinden Secara Online di Yogyakarta Gamelan Festival

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berbagai cara bisa ditempuh agar semangat berkarya selama pandemi masih menyala. Salah satunya dilakukan lewat ajang Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) yang kembali digelar tahun ini. YGF ke-25 send ...

Wiradesa

Tragedi Penari Jathilan

WIRADESA - Tugimin sekarat, sementara istrinya masih berjuang melahirkan anak mereka. Puskesmas Suka Esih mendadak dipenuhi orang-orang yang tadi mengantar pasangan suami istri itu ke ambang pintu UGD. Namun, Sulastri langsung dilarikan ke ...

Bernas TV

Diresmikan GKR Hemas, PT Pos Indonesia Regional 6 Luncurkan Bebakulan Expo

Yogyakarta.BERNASTV - Dalam rangka mendukung optimalisasi Jogja Bangkit 2020, PT Pos Indonesia Region 6 Jawa Tengah-DIY meluncurkan berbagai program bagi para pelaku UMKM untuk mendukung pergerakan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi ...

Pilkada

KPU Sleman Simulasi Pencoblosan Sesuai Protokol Kesehatan, Ada Bilik Khusus

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman telah melakukan berbagai persiapan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember nanti. Salah satunya, melakukan simulasi pemungutan suara dengan penerapan protokol keseh ...

DIY

Belasan Mobil Koleksi Presiden Sukarno Sambangi Balaikota

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Belasan mobil kuno koleksi Presiden RI yang pertama, Sukarno, mengunjungi kawasan Balaikota Yogyakarta, Minggu (22/11/2020) pagi. Ini adalah mobil-mobil yang ditampilkan dalam Pameran Arsip Alat Transportasi Bersejar ...

Daerah

Pemkab Magelang Gunakan Aplikasi Janoko Guna Pantau Kebutuhan Pengungsi Merapi

MAGELANG, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang membuat aplikasi 'Janoko Pengungsi' yang berfungsi memantau apa saja kebutuhan terkait dengan pengungsian. "Kita sedang siapkan dan sebentar lagi akan dilaunching," ka ...

Ekonomi

Kelurahan Gunungketur Menggelar GunFest 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna mengembangkan perekonomian di masyarakat, Kelurahan Gunungketur menggelar Gunungketur Festival (GunFest) 2020 yang digelar Sabtu ( 21/11/2020) bertempat di depan kantor Kelurahan Gunungketur. Acara ini dimeriahk ...

Bernaswara

Ini Sosok Sella Selly TikTok yang Kian Bersinar Setelah Bergabung Nagaswara

BERNAS.ID | BERNASWARA - Pedangdut Sella Selly dan rekan duetnya Gladys yang tergabung dalam duo grup 2TikTok perlahan dikenal masyarakat Indonesia. 2TikTok membawakan lagu dangdut dengan gaya baru yang lebih kekinian dan millenial.  ...

DIY

Musim Hujan, Bupati Sleman Berpesan ke Pengelola Grojogan Watu Purbo tentang Potensi Laka Air

SLEMAN, BERNAS.ID - Bupati Sleman, Sri Purnomo, meresmikan obyek wisata Grojogan Watu Purbo yang berada di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman, Sabtu (21/11/2020). Namun, ia memberikan pesan ke pengelola agar memperhatikan keselamatan p ...

DIY

Relawan dan Bantuan Logistik Harus Melalui Posko Pakem untuk Minimalisir Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Relawan dan masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan logistik tidak bisa langsung ke barak pengungsian Kalurahan Glagaharjo. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di area pengungsian. Kepala Pel ...

Daerah

Kepala BNPB Tinjau Tempat Pengungsi Merapi di Magelang

MAGELANG, BERNAS.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan Bupati Magelang Zaenal Arifin meninjau lokasi pengungsian di Balai Desa Deyangan ...

Pendidikan

Wacana Sekolah Tatap Muka, Pemda DIY Tak Mau Gegabah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan sampai hari ini Pemda DIY belum merencanakan sekolah tatap muka. Namun jika ada pernyataan Menteri Pendidikan RI bahwa sekolah tatap muka akan dilakukan mulai Januari 2021 ...

DIY

Sejumlah Kawasan Kumuh Kota Jogja Ditata Tahun Depan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta kembali mengusulkan program penataan kawasan kumuh di sejumlah lokasi yang sempat tertunda pada 2020 karena refocusing anggaran untuk penanganan C ...

DIY

Tidak Benar RS Sardjito Heboh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Beredarnya pesan WA yang berisikan kehebohan RS Sardjito karena banyaknya paramedis yang terpapar virus covid-19, diakui Kepala Bagian Hukormas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, bahwa pesan WA tersebut tidak benar. ...

Bernas TV

KGPAA Pakualam X Apresiasi Donasi Masker Medis GP Ansor dan Aice Group untuk Pengungsi Merapi

SLEMAN, BERNASTV - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X mengapresiasi misi kemanusiaan pembagian 5 juta masker medis yang dijalankan oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor ...

Film

3 Selebriti Indonesia Jadi Pengisi Suara Film Disney “Mulan”

BERNAS.ID | ENTERTAINTMENT - Film “Mulan” merupakan salah satu garapan Disney yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia, tak terkecuali oleh para penggemar Disney di Indonesia. Sejak tayang pada 4 September lalu di ...

Bernaswara

Enam Artis Nagaswara Akan Shooting Video Klip di Jogja

BERNASWARA - Musik Indonesia berkembang sangat pesat. Tak sedikit orang yang ingin menjadi penyanyi, selain karena popularitas juga untuk mengekspresikan diri dan berkarya agar bisa dinikmati oleh banyak orang. Sejak tahun 2000an ba ...

Pendidikan

Mendikbud: Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021 dengan Persetujuan Pemda dan Orangtua Siswa

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah akan dimulai kembali per Januari 2021. Hal ini berlaku untuk semua zona meski pandemi Covid-19 belum red ...

Budaya

20 Kelompok Ikuti Festival Bregada Rakyat 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dengan adanya pembatasan pengumpulan massa lantaran pandemi covid19, maka ajang tahunan Festival Bregada Rakyat Ke-7 tahun 2020 dilaksanakan dengan metode tapping. Peserta tampil tanpa pawai dimuka umum untuk dilakuk ...