Berita Nasional Terpercaya

Kasus Positif Aktif Menurun, Doni Monardo: Semua Harus Belajar

0

BERNAS.ID – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo turut mengingatkan masyarakat perlu belajar dari pengalaman pada libur panjang sebelumnya yang memunculkan kenaikan kasus. Saat libur, orang-orang cenderung bepergian bahkan sampai ke kampung halaman. Ia kembali menceritakan pemerintah dengan tegas mengajak masyarakat untuk menahan diri tidak berpergian termasuk mudik pada libur panjang Lebaran. Saat itu hasilnya bisa menekan peningkatan kasus positif meski ada setiapnya hari ada penambahan kasus baru.

Berbeda saat libur Idul Adha mulai ada pelonggaran sehingga terjadilah lonjakan kasus positif baru. Ditegaskan Doni Monardo, kasus positif aktif di Indonesia periode 20 September hingga 21 Oktober 2020 mengalami penurunan dan menjadi 6,79 persen. Sementara itu, angka kesembuhan di Indonesia juga mengalami peningkatan menjadi 79,63 persen. Hal ini menandakan bahwa upaya menekan penyebaran Covid-19 selama 7 bulan perlahan telah membuahkan hasil. 

“Banyak misteri yang belum terungkap, teka-teki belum terjawab, namun semua harus mau belajar dari yang terjadi di masa sebelumnya,” ungkap Doni yang juga Kepala BNPB itu.

 Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah menyiapkan langkah antisipasi libur panjang akhir bulan Oktober supaya tidak menimbulkan kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia. Ia memprediksi jika libur ditambah cuti bersama mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020 akan terjadi peningkatan penumpang sekitar 10-20 persen. Operator transportasi udara, laut, dan darah diminta untuk menambah jumlah keberangkatan serta menerapkan protokol kesehatan. 

“Saya wanti-wanti agar menambah flight di udara kereta dan bus. Karena sekarang masih kapasitas 43% untuk kereta dan 30% pesawat, jadi mereka punya cadangan untuk menambah,” ungkap Menhub dalam talkshow “Potensi Penyebaran Covid-19 Ketika Libur Panjang” di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Rabu (21/10/2020) kemarin. 

Ia menyampaikan maskapai udara dan kereta api sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan dari Satgas Penanganan Covid-19. Meski begitu, ia menyadari perlu mengantisipasi masyarakat yang melakukan perjalanan darat dengan kendaraan pribadi. 

Menhub Budi Karya Sumadi mengaku telah menjalin komunikasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Panglima TNI, Kapolri, dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam rapat terbatas kemarin supaya penegakkan protokol kesehatan tidak sebatas di angkutan umum saja, melainkan di lokasi wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Meski sudah diimbau di rumah saja saat libur panjang tentu saja ada masyarakat yang memutuskan pergi. 

“Keterlibatan TNI dan Polri di tempat wisata, seperti Ancol dan Ragunan, memang harus dijaga. Tidak terbatas di angkutan saja. Besok atau lusa kami akan koordinasi kembali, tidak ada alasan untuk melanggar protokol kesehatan, itu panglima kita yang jarus dijaga,” ungkapnya dikutip Bernas.Id dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.