Berita Nasional Terpercaya

Siasati Pandemi, PMII Kelola Empat Kolam Lele, Bantuan dari Polda DIY

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Menyikapi pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya, Polri melalui Polda DIY memberikan bantuan empat kolam Lele untuk organisasi mahasiswa (ormawa) Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Dukuh Kopatan, Desa Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat (23/10/2020).

Selain membentuk jiwa entrepreneurship, program ini sebagai langkah lanjutan untuk membantu program peningkatan ketahanan pangan masyarakat yang sebelumnya sudah disalurkan ke banyak pihak. Peresmian secara simbolis ditandai dengan penebaran bibit ikan Lele oleh Kapolda DIY yang diwakili oleh Dirbinmas Kombes Pol Drs Anjar Gunadi MM, didampingi Dirintelkam Kombes Pol Solehan SIK., MH, yang diwakili oleh Kasubdit V Ditintelkam AKBP Moch Nawawi S.Pd., MSi.

Kombes Pol Anjar Gunadi menyampaikan bahwa Polda DIY telah menginisiasi terbentuknya Kampung Tangguh Nusantara (KTN). “Sampai dengan Oktober 2020, sudah ada 89 KTN se-DIY. KTN mengusung lima ketangguhan, yakni tangguh kesehatan, tangguh kamtibmas, tangguh ekonomi, tangguh pendidikan, dan tangguh informasi,” jelasnya.

Ia berharap proyek percontohan berupa paket bantuan empat kolam Lele bisa mendorong ketangguhan ekonomi. “Ini merupakan hasil kolaborasi antara Polda DIY dengan Ormawa DIY. Disadari, pandemi Covid-19 dampaknya memang sangat terasa oleh masyarakat, terutama dalam hal ekonomi. Solusi ketahanan pangan budidaya lele ini, selain untuk menjalin kemitraan dan membantu meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19, sekaligus juga meningkatkan ketahanan pangan,” bebernya. 

“Keunggulan kolam berbahan terpal bisa tahan sampai 7 tahun. Sedangkan Lele dipilih karena mudah dan cepat panen, juga tahan penyakit, dan mudah pemasarannya sehingga hasilnya bisa langsung dirasakan. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan ketangguhan ekonomi, dan menjaga ketersediaan dan kualitas konsumsi pangan, dan kecukupan gizi bagi anggota,” tambah Kombes Pol Anjar Gunadi.

Kombes Pol Anjar Gunadi menyampaikan saat ini Polda DIY sudah memberikan bantuan 100 ton beras, 50 kolam lele, dan 200 ember budidaya Lele untuk rumah tangga.

Sedangkan, Ketua PMII DIY, Yanju Sahara mengapresiasi adanya bantuan kolam lele ini karena bisa memberdayakan anggota ormawa DIY dan warga sekitar. “Program bansos yang bisa dirasakan langsung manfaatnya seperti ini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk survive secara ekonomi saat ini,” ungkapnya.

“Tidak dinafikan, Organisasi Mahasiswa bisa berdiri di atas kaki sendiri dalam sektor ekonomi melalui usaha-usaha yang jelas, yang tidak mengikat serta dapat dikelola oleh organisasi itu sendiri,” imbuhnya. 

Ia sangat bersyukur dengan adanya program ketahanan pangan ini. “Ini wujud nyata kepedulian dari jajaran Polda DIY dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan sinergi yang solid bersama masyarakat untuk menghadapi pandemi Covid-19. “Budidaya lele ini hanya awal dari usaha yang akan dilaksanakan, tidak menutup kemungkinan kita akan mengembangkan pada jenis usaha kreatif yang lain, dengan catatan kemanfaatan dari usaha ini dirasakan oleh kader dan anggota PMII DIY sendiri, serta untuk kemaslahatan organisasi,? tuturnya. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.