Hasil Polling pilkada.bernas.id : Suharsono - Totok Sudarto : 3493 * Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo : 3308 * Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa : 1638 * Sri Muslimatun - Amin Purnomo : 1403 * Danang Wicaksana - Agus Cholik : 542 * Sutrisno Wibowo - Mahmud Ardi Widanto : 70396 * Bambang wisnu - Benyamin Sudarmadi : 141230 * Imawan Wahyudi - Martanti Soenar Dewi : 20761 * Sunaryanto - Heri Susanto : 69639 * Sri Mulyani - Yoga Hardaya : 356 * Arif Budiyono - Harjanto : 373 * Aji Setyawan - Windarti Agustina : 109 * One Krisnata - Muhammad Fajri : 437 * Muchammad Nur Aziz - KH M Mansyur : 348 * M Said Hidayat - Wahyu Irawan : 52 * Kotak - Kosong : 194 *

G2R Tetrapreneur Meluaskan Jaringan Keilmuan dan Kemitraan dengan Semangat Sumpah Pemuda RI

Penulis : Kontributor
Editor : Redaktur Bernas
Dibaca : 0 kali
30 Oktober 2020

Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D. Dosen Senior FEB UGM; Founder, Konseptor & Tenaga Ahli G2RT


YOGYAKARTA, BERNAS - Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bisnis Jasa Makanan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, selenggarakan webinar  Peluang Bisnis Makanan Sehat dan Halal di Tengah Pandemi Covid-19.

Seminar daring yang dibuka oleh Dekan FEB UAD, Dr. Salamatun Asakdiyah, M.Si. ini bertujuan untuk membangkitkan semangat ekonomi Indonesia di tengah pandemi Corona Virus Diseas-19 (Covid-19). Dalam sambutannya, Dr. Salamatun Asakdiyah, M.Si., menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan pergeseran dalam perilaku masyarakat dalam melakukan transaksi ekonomi. Oleh karena itu, generasi milenial, para kaum muda hendaknya dapat menangkap peluang usaha.

"Jangan menunggu terciptanya peluang, tetapi harus mampu melihat kemudian menangkap peluang, karena dunia usaha adalah dunia yang selalu berkembang,' demikian terang Salamatun.

Acara webinar ini menghadirkan Hendri Hariyanto, S.Pd. (Founder & CEO PT. Buma Cipta Rasa Otamah dan ketua Entrepreneur Community) dan Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D. (Dosen Senior Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Universitas Gadjah Mada (UGM); Founder, Konseptor dan Tenaga Ahli Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur). Bertindak sebagai moderator acara adalah Retty Ikawati, S.T.P., M.Sc. (Dosen Bisnis Jasa Makanan, FEB UAD; Alumni Fakultas Teknologi Pangan (FTP) UGM).

Paparan pertama disampaikan oleh Hendri Hariyanto, S.Pd. yang menyampaikan tentang ‘Strategi dalam Menangkap Peluang Kuliner di Tengah Pandemi’. Hendri Hariyanto, S.Pd. menyampaikan bahwa dalam memulai berwirausaha, terdapat empat (4) kunci utama, yaitu niat, mimpi (dream), doa (pray), dan aksi (action).

Kunci yang pertama adalah niat, yaitu hal utama dan pertama yang melandasi semua tindakan. Tanpa adanya niat, tindakan lanjutan tidak akan dimulai. Kunci yang kedua adalah mimpi (dream), yaitu hal yang menjadi tujuan kita dalam melakukan suatu tindakan. Kunci ketiga adalah doa (pray) yaitu hal penting yang jarang diingat, karena doa merupakan salah satu ikhtiar penting dalam usaha seseorang. Tidak hanya doa dari diri sendiri, namun juga dari teman, kerabat, orang disekitar kita, dan yang terpenting adalah doa dari orang tua kita.

Kunci keempat, atau yang terakhir, adalah aksi (action), yaitu kunci terpenting dalam melakukan suatu tindakan. Tanpa adanya aksi, maka ketiga kunci lainnya tidak akan terlaksana dengan maksimal. Dalam memulai aksi ini terdapat dua (2) hal terpenting yaitu courage and connection atau keberanian dan jaringan atau relasi. Jaringan atau relasi tidak harus dibangun ketika akan memulai usaha, namun dapat dimulai sedari dini. Salah satu cara dalam memulai jaringan adalah dengan aktif dalam organisasi yang terdapat di kampus atau tempat tinggal sekitar. Selain itu, keuntungan dari para mahasiswa yaitu memiliki aset produktif yaitu usia muda.

Narasumber selanjutnya adalah Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D dalam paparannya berjudul ‘Sinergitas Pendidikan dalam Mendukung Keterampilan dalam Menangkap Peluang di Tengah (Era) Pandemi’ membedah konsep dan kata kunci dari pentingnya sinergitas keilmuan (pendidikan) untuk kemampuan menangkap peluang khususnya di era pandemi. Bedah konsep secara esensi dibahas tuntas utamanya pada dua aspek yaitu esensi sinergitas pendidikan dan kualitas. Sinergitas pendidikan pada hakikinya terdiri dari dua tindakan utama yaitu menerangkan dan memikirkan.    Pandemi membawa hikmah pergeseran bukan saja prilaku kehidupan namun juga menyentuh asepk konsep dan filosofisnya suatu bisnis. Keadaan saat ini hingga paska pandemik merupakan sesuatu yang berkelanjutan ‘diterangkan (eksplorasi)’ untuk kemudian ‘difikirkan (inovasi)’ baik dalam pengambilan keputusan dan bertindak strategik dan operasional dalam bisnis. Selanjutnya, bedah esensi kualitas pula terletak pada ukuran yang luwes dalam memenuhi kebutuhan konsumen (pasar). Era terbuka yang meskipun ada pembatasan bergeraknya publik di era pandemi namun justru menaikkan produktivitas, cipta karya dan karsa untuk terus bertahan. Ukuran tersebut salah satunya diperoleh dalam keterampilan dan kebiasaan budaya literasi.

Momentum Sumpah Pemuda hendaknya dapat dimaknai dengan menekankan yang keterampilan literasi merupakan pintu gerbang semangat keilmuan. Keilmuan ini bukanlah suatu yang teoritis belaka namun merupakan salah satu unsur pembeda bagi yang muda untuk bergerak terakselerasi kedepan. Keterampilan membaca kertas ilmiah seperti jurnal merupakan salah satu kunci sukses perusahaan dengan nama dan merek besarnya untuk selalu terdepan. Kecermatan pemerhatian yang perusahaan-perusahaan besar ini sangat kuat di Research & Development (R&D) sehingga selalu tampil sebagai pemimpin pasar. Prilaku instan yang cenderung berproses melalui pembacaan ‘kekinian’ saja belum mampu membuat gebrakan inovasi terdepan. Bonus demografi Indoensia sewajarnya mampu membuat bangsa ini menjadi pemimpin kebaruan jika kaum millennial dan mudanya mau untuk ‘membaca bacaan masa depan’ seperti jurnal dan kertas ilmiah lainnya yang sememangnya di tulis untuk beberapa puluh tahun kedepan.

Salah satu contoh hasil pembacaan kualitas dapat dilihat dari konsep bisnis makanan halal. Halal merupakan salah satu standarisasi sempurna dan diakui sebagai stadnarisasi pasar global. Porsi pasar halal dunia menempati lebih dari 80% yang merupakan suatu peluang bisnis yang fantastis. Namun demikian ekosistem bisnis halal di Indonesia belum menempati Top 10-nya dunia (Global Islamic Economic Report 2017/2018). Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D melanjutkan dalam paparannya yang selain halal kata yang mengikuti dan lebih banyak disebutkan dalam Al-Qur’an adalah kata kunci Thoyyib. Halal secara definisi merupakan segala sesuatu yang tidak diharamkan. Ketentuan hukum ini berlaku jelas dan sudah mutlak adanya. Namun demikian berbeda dengan kata kunci thoyyib yang mengikutinya. Thoyyib dapat dimaknai sebagai sesuatu yang baik yang jika diterjemahkan dalam bahas operasional bisnis baik dari aspek rasa, visual, manfaat dan sebagainya. Jika di tarik secara konsepnya maka dalam bisnis makanan halal maka pendekatan thoyyib inilah yang disebut dengan inovasi.

Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D menjelaskan dalam implementasi G2R Tetrapreneur, unsur halal ini masuk di Tetra 3 sebagai salah satu syarat melayakkan produk juga manajerial melalui proses sertifikasi. Salah satu sertifikasi yang dimaksudkan adalah sertifikasi halal MUI. Sertifikasi halal ini bukan hanya diperuntukan bagi kaum muslim namun sudah merupakan permintaan (demand) pasar global dalam emnjawab isu Keselamatan Makanan atau Food Safety. Keselamatan yang diperlukan bukan hanya dari aspek proses produksinya namun juga proses bisnisnya juga gaya hidup pelakunya sebagai front liners bisnisnya yang amanah dan mengedepankan kualitas serta adab berbisnis.

Salah satu praktek terbaik bisnis dan wirausaha berbasis keilmuan dan kualitas oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dana Keistimewaan (DANAIS) mengusung G2R Tetrapreneur dalam memberdayakan ekonomi masyarakat yang sarat makna dan filosofis dalam visi dan misi membangun Desa Mandiri Budaya. Model G2R Tetrapreneur membangun kolaborasi jaringan (network/silaturahim) dalam membuka rezeki yang bukan sekadar uang sebagai ukurna pencapaian. Beberapa peluang yang dapat ditekuni kaum millennial dan muda adalah turut aktif berjejaring bersama G2R Tetrapreneur melalui berbagai aspek kewirausahaan dan bisnisnya seperti menjadi distributor produk G2R Tetrapreneur (G2RT), inovator produk G2RT, pendamping desa G2RT, Research & Development produk G2RT, influencer produk G2RT, mitra desa G2RT, akuntan keuangan desa G2RT, blogger/youtuber produk G2RT, designer kemasan produk G2RT, inovator teknologi terapan desa G2RT, eksportir produk G2RT, dan investor pengembangan G2RT. (/BOY)

 

 

 

 

 

 

Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur: Bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia

Pada Rabu, 28 Oktober 2020, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves RI) melalui kunjungan mandirinya Bapak Mielyon E. Detty, A.Pi, selaku Kepala Bidang Tata Kelola Penangkapan Ikan Kemenko Marves RI bersama tim ke salah satu desa G2R Tetrapreneur yaitu Desa Donoharjo. Bapak Mielyon E. Detty, A.Pi mengatakan tertarik dengan Konsep Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur ini. Beliau menjelaskan bahwasanya pula tertarik dengan aktivitas G2R Tetrapreneur di desa Donoharjo. Harapannya kedepan sejauhmana aktivitas tersebut yang bisa di dorong oleh pemerintah pusat karena di Kemenko Marves RI memiliki program yang selaras dengan Konsep G2R Tetrapreneur.

Senada dengan apa yang disampaikan pihak kementrian, Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D (Sekretariat G2R Tetrapreneur) menekankan yang proses berjejaring yang berketerusan dan komunikasi kesatuan visi-misi yang sama antara G2R Tetrapreneur dan Kemenko Marves RI telah membawa kunjungan Kemenko Marves RI tersebut yang juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda RI. Selain itu, Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D menyampaikan yang kunjungan tersebut juga merupakan salah satu kemajuan dalam perluasan kemitraan G2R Tetrapreneur yang sejak 2018 di usung sebagai salah satu Program Unggulan Bapak Gubernur dan Pemda DIY melalui DANAIS DIY. Peran media publik serta sinergitas kemitraan industri dan universitas di DIY yang telah terjalin selama ini semakin mengukuhkan kapasitas desa untuk mampu tampil dan ‘lebih terlihat sebagai pergerakan besar’ karena dilakukan secara bersama-sama dan bergotong royong.

Desa Donoharjo merupakan Desa Tetra 1 dalam tahapan G2R Tetrapreneur yang berjumlah empat yaitu Tetra 1-4. Adanya kunjungan dari pihak kementrian merupakan salah satu dampak ‘bergerak besarnya’ G2R Tetrapreneur bersama 16 desa di 4 kabupaten DIY sejak 2018. Desa Donoharjo yang terletak di Kabupaten Sleman juga merupakan salah satu desa G2R Tetrapreneur binaan Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat (Bermas) Sekretariat Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melalui Dana Keistimewaan pada tahun 2020. Selain itu, Bapak Mielyon E. Detty, A.Pi mengatakan bahwasanya bidang yang dikelolanya di Kemenko Marves RI berkepenmtingan untuk mendorong ke kementerian teknis, termasuk didalamnya ada kementerian kelautan, kementerian perhubungan, lingkungan hidup dan lain-lain dengan total 8 kementrian. Salah satu contoh pada Kementerian Ekonomi terdapat ‘lembaga penanaman modal usaha’ yang berpotensi untuk dapat bersinergi untuk percepatan kemajuan G2R Tetrapreneur Donoharjo. Kedepan beliau mengatakan bahwasanya agar kegiatan G2RT ini bersama pemerintah pusat bisa saling melengkapi demi kemajuan Desa Donoharjo besreta seluruh Desa G2R Tetrapreneur lainnya secara khusus dan Desa Indoensia secara umumnya ke arah lebih baik.

Kunjungan diterima oleh Bapak Anang’ S.T. (Sekretaris Desa Donoharjo) dan Bapak Yunus (Ketua G2R Tetrapreneur Donoharjo) berserta Tim 15 G2R Tetrapreneur Donoharjo dan elemen desa lainnya. Penerimaan tersebut juga di dampingi oleh Bapak Setyo Warjiyana (Biro Bermas, Sekda DIY) dan Tim Sekretariat G2R Tetrapreneur. Kunjungan tersebut berpusat di Embung Jetis Suruh yang juga merupakan salah satu Produk Unggulan G2R Tetrapreneur yang diusung dari Desa Donoharjo selain olahan pepaya. Kunjungan dibuka dengan sambutan dari Bapak Setyo Warjiyana (Biro Bermas Setda DIY) dan dilanjutkan dengan pengenalan Tim G2R Tetrapreneur Donoharjo beserta produk unggulannya G2R Tetrapreneur Donoharjo yaitu Olahan Papaya dan Embung Jetis Suruh. Kegiatan selanjutnya adalah observasi tempat wisata Embung Jetis Suruh dan dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah produksi olahan pepaya.


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Bertekad Menjaga Persatuan dan Kesatuan, FKLB Menggelar Apel Siaga Kebangsaan

SLEMAN, BERNAS.ID - Berawal dari keprihatinan akan kondisi Bangsa akhir-akhir ini, sejumlah komunitas ormas dan relawan di Yogyakarta yang tergabung dalam Forum Komunitas Lintas Bangsa (FKLB) menggelar Apel Siaga Kebangsaan, Kamis (26/11/20 ...

Bernaswara

Meski Kini Menjadi Artis, Denias Tidak Melupakan Kuliahnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Deni Faisal Ismail atau yang kerap di kenal dengan nama Denias baru-baru ini melakukan syuting video klip single terbarunya yang berjudul Cinta Tanpa Alasan.  "Lagu  Cinta Tanpa Alasan ini bercerita ...

Lingkungan

Kementerian ATR/BPN Pasang Papan Imbauan di Kawasan Perkotaan Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memasang papan himbauan pengawasan dan pengendalian terhadap pemanfaatan ruang di Kawasan Perkotaan Kabupaten Sle ...

DIY

Inilah Rangkaian Peringatan Hari Anti Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini mulai menggelar rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Yogyakarta 2020. Acara digelar 25 November hingga 16 Desember 2020. Kepala Dinas Pemberdayaan Mas ...

Hukum dan Kriminal

Aktivis JCW Tuntut Penuntasan Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini tengah mendalami kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida APBD TA 2016-2017 di Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Merespons hal itu, ...

Pilkada

Logistik Pilkada Didistribusikan Tanggal 7 Desember

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejumlah logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sleman 2020 sudah berada di gudang KPU. Logistik yang sudah ada seperti kotak suara, tinta, formulir, serta surat suara. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman Tra ...

Hukum dan Kriminal

KPK Tangkap Tersangka Dugaan Korupsi Penerimaan Hadiah Atau Janji Oleh Penyelenggara Negara

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan kegiatan tangkap tangan terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji oleh Penyelenggara Negara terkait dengan perizinan tambak, usaha dan at ...

Bernaswara

Terkesan dengan Jogja, Trayen Lakukan Pembuatan Video Clip di Kota Gudeg

BERNASWARA | Yogyakarta - Artis solois pop muda Indonesia, Trayen Kaligis, selama beberapa hari ini sedang di Jogja. Trayen mengakui kota Jogja sangat berkesan. Bagi Trayen, Jogja itu kota yang sempurna karena memiliki unsur sejarah da ...

Ekonomi

Disperindag Kota Yogyakarta Gelar Jogja Mandiri Expo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kembali menggelar Jogja Mandiri Expo, namun berbeda dengan sebelumnya yang digelar di luar kota, tahun ini justru dilakukan di dala ...

Sintesa

Jalan Unik Kebahagiaan Seorang Sopir pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh:  Sudjarwadi Suatu saat Situtena merenungkan keadaan keluarga dan masyarakat yang mengalami banyak perubahan setelah pandemi virus Covid-19 di berbagai penjuru dunia. Sudah tujuh bulan Situtena tidak bepergian jauh ke kota lain ...

Nasional

Kapolri Berikan Arahan Tegas, Tegakkan Protokol Kesehatan

JAKARTA, BERNAS.ID - Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) seluruh Indonesia di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2020). Kegiatan ini diikuti oleh 34 Kapolda dan 493 Kapolres. ...

Nasional

Pushidrosal dan Diskumal Gelar Webinar Rancangan Perpres Survei Pemetaan Hidrografi

JAKARTA, BERNAS.ID - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskumal) menggelar Webinar tentang rancangan Peraturan Presiden (Perpres) survei dan pemetaan hidrografi. Kegiatan ...

Kesehatan

Pemda DIY Diminta Tingkatkan Sistem Pelayanan Kesehatan yang Dirasa Bisa 'Collapse'

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto merasa, dalam perjalanan penanganannya sejak Maret 2020, tren positif Covid-19 di DIY terus naik. Menurutnya ini sungguh mengkhawatirkan karena sistem pelayanan dan kesehatan di DI ...

DIY

Pecah Rekor! Kasus Positif COVID-19 di DIY Bertambah 150 Orang, Tertinggi Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Lonjakan kasus positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali mengalami peningkatkan fantastis. Per Rabu (25/11/2020) ada penambahan sebanyak 150 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.  &qu ...

Kesehatan

Dinkes DIY Segera Latih Vaksinator Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY siap menggelar latihan bagi Vaksinator Covid-19 di DIY. Meski demikian, belum dapat diketahui, kapan vaksinasi Covid-19 bakal dilakukan. Trisno Agung Wibowo selaku Kabid Sumber Daya Ke ...

Lifestyle

Whitehead, Milia, Fungal Ance, dan Jerawat Batu Apa bedanya ?

Bernas.id, Berbicara tentang masalah kulit dan kecantikan memang tidak ada habisnya. Banyak sekali permasalah-permasalahan yang dialami pada kulit terutama bagian wajah. Permasalahan tersebut mungkin akan menjadi suatu masalah besar bagi pa ...

Nasional

Hari Guru Nasional: Semangat Mengabdi di Tengah Pandemi

Bernas.id – Pada tanggal 25 November ini, setiap tahunnya Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Pada tahun 2020 ini, peringatan Hari Guru diselenggarakan dengan tema resmi "Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar” ...

DIY

BPPTKG: Erupsi Merapi Tidak Akan Sebesar Tahun 2010

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman meminta masyarakat tenang menyikapi perkembangan aktivitas gunung Merapi saat ini. Namun, masyarakat juga harus tetap waspada dengan memperhatikan arahan dari pihak yang ...

Inspirasi

Klinik Ananda : Berikan Pelayanan Terbaik dengan ‘Bidan Delima’

ADVERTORIAL | BERNAS.ID - Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan medis dasar dan/atau spesialistik dan diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (bidan dan/atau perawat) maupun tenaga ...

Daerah

Anggota DPR RI Bagikan 25 Ribu Masker Medis di Kabupaten Kendal

KENDAL, BERNAS.ID - Anggota DPR RI Fraksi PKS, KH Bukhori Yusuf, menyalurkan bantuan sebanyak 25 ribu masker medis kepada Puskesmas Kaliwungu Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Selain bantuan masker, Anggota Legislatif Dapil Jateng I ini juga m ...

Nasional

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Ini Reaksi Netizen

BERNAS.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Penangkapan Edhy Prabowo berlangsung di Bandara Soekarno-Hatta Cengkarang.  Diketahui, Edhy ...

Politik

Mendagri Tidak Bisa Pecat Kepala Daerah Gara-gara Tak Tegakkan Protokol Kesehatan

SLEMAN, BERNAS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan instruksi yang memuat ketentuan pemberhentian kepala daerah apabila terbukti melanggar protokol kesehatan. Kebijakan tersebut diatur dalam Instruksi Mendagri No.6 Tahun 2020 t ...

DIY

Begini Perubahan "VC Ratio" Akibat Penyearahan Arus Sekitar Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menilai penerapan sistem jalan searah di seputar Malioboro rupanya berpengaruh pada vc ratio atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan kepadatan lalu lintas atau arus lalu ...

Kesehatan

Zona Merah, Hotel dan Restoran DIY Covid-19 Diimbau Tetap Waspada

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Semua wilayah di DIY telah dinyatakan berstatus zona merah Corona. Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY kembali menekankan kewaspadaan dan kedisiplinan penerapan protokol pencegahan Covid-19 ...

DIY

Ramai Jejak Macan Tutul Merapi, TNGM Pastikan Itu Jejak Anjing

SLEMAN, BERNAS.ID - Ramai jejak macan tutul di jalur evakuasi Gunung Merapi Suruh -Singlar Dusun Ngancar, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman dibantah oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Hal ini dipastikan oleh Fungsional Pengendali ...

DIY

Kemensos RI Bekerjasama dengan ISRI Kota Yogyakarta Salurkan Bantuan Sembako

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka meringankan beban rakyat maka IKATAN SARJANA RAKYAT INDONESIA (ISRI) DPC Kota Yogyakarta mendata warga Kota Yogyakarta yang terdampak Covid19 untuk dapat diajukan mendapatkan bantuan sosial berwujud semb ...

Internasional

Indonesia Terpilih Sebagai Presiden Dewan Pembangunan Industri UNINDO

WINA, BERNAS.ID - Indonesia terpilih sebagai Presiden pada pertemuan Sesi ke-48 Dewan Pembangunan Industri (Industrial Development Board/IDB) pada Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO). Pemilihan dimaksud dilan ...

Pendidikan

Fakultas Bioteknologi UKDW Kembangkan Iklim Riset di Sekolah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta telah menjadi mitra Asosiasi Guru Pembimbing Penelitian Indonesia (AGPPI) dalam pengembangan iklim riset dan kualitas riset guru dan siswa sejak ...

Bernas TV

Bahas Intoleransi dan Pilkada, Dit Intelkam Polda DIY Kunjungi Pimpinan Ponpes Nurul Ummah Kotagede

YOGYAKARTA, BERNASTV — Jajaran Polda DIY senantiasa melaksanakan tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Yogyakarta, termasuk di masa Pilkada saat ini. Disamping selalu menjaga silaturahmi dengan berbagai ...

Pendidikan

Januari 2021, Siswa di Sleman Boleh Belajar Tatap Muka

SLEMAN, BERNAS.ID - Sekolah-sekolah di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mulai menerapkan pembelajaran tatap muka di Semester Genap Tahun Ajaran (TA) 2021. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Wida ...

Analisa Pilkada

Tim 38 Akan Awasi Pilkada DIY Agar Bersih dan Patuhi Prokes

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan advokat  yang tergabung dalam Tim 38 mendeklarasikan Advokat Pilkada Bersih untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tim ini akan memantau dan mengawasi pelaksanaan pilkada agar bersih dan mematuhi pr ...

Pendidikan

Mengadu ke Dewan, Puluhan Guru dan Tenaga Honorer Minta Kejelasan Nasib

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Puluhan guru dan tenaga honorer yang tergabung dalam Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non Kategori Usia 35 Tahun ke Atas (GTKHNK35+) melakukan audiensi dengan pimpinan DPRD DIY, Senin (23/11/2020). Mereka ya ...

Pilkada

Walau Pandemi, Target Partisipasi Pilkada DIY Tetap Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 memang menghantui pelaksanaan pilkada tahun ini. Meski demikian, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan telah meminta KPU Sleman, Bantul dan Gunungkidul untuk menaikkan target partisipasi di atas nasional, 7 ...

Bernas TV

Terkait Ceramah Rizieq Shihab, PB MDHW Ajak Semua Elemen Bangsa Tetap Bersatu Demi NKRI

JAKARTA, BERNASTV - Baru-baru ini sedang viral beberapa potongan video Ketua FPI, Muhammad Rizieq Shihab, yang kembali menyedot perhatian publik. Ceramah yang disampaikannya dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, menurut P ...

Analisa Pilkada

Pelanggaran Akun Twitter KPU Sleman Diteruskan ke DKPP

SLEMAN, BERNAS.ID - Bawaslu Kabupaten Sleman memutuskan meneruskan pelanggaran akun Twitter KPU Kabupaten Sleman yang hanya mengunggah salah satu program pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 ke Dewan Kehormatan ...

Budaya

Asyiknya Belajar Nyinden Secara Online di Yogyakarta Gamelan Festival

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berbagai cara bisa ditempuh agar semangat berkarya selama pandemi masih menyala. Salah satunya dilakukan lewat ajang Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) yang kembali digelar tahun ini. YGF ke-25 send ...

Wiradesa

Tragedi Penari Jathilan

WIRADESA - Tugimin sekarat, sementara istrinya masih berjuang melahirkan anak mereka. Puskesmas Suka Esih mendadak dipenuhi orang-orang yang tadi mengantar pasangan suami istri itu ke ambang pintu UGD. Namun, Sulastri langsung dilarikan ke ...

Bernas TV

Diresmikan GKR Hemas, PT Pos Indonesia Regional 6 Luncurkan Bebakulan Expo

Yogyakarta.BERNASTV - Dalam rangka mendukung optimalisasi Jogja Bangkit 2020, PT Pos Indonesia Region 6 Jawa Tengah-DIY meluncurkan berbagai program bagi para pelaku UMKM untuk mendukung pergerakan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi ...

Pilkada

KPU Sleman Simulasi Pencoblosan Sesuai Protokol Kesehatan, Ada Bilik Khusus

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman telah melakukan berbagai persiapan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember nanti. Salah satunya, melakukan simulasi pemungutan suara dengan penerapan protokol keseh ...

DIY

Belasan Mobil Koleksi Presiden Sukarno Sambangi Balaikota

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Belasan mobil kuno koleksi Presiden RI yang pertama, Sukarno, mengunjungi kawasan Balaikota Yogyakarta, Minggu (22/11/2020) pagi. Ini adalah mobil-mobil yang ditampilkan dalam Pameran Arsip Alat Transportasi Bersejar ...

Daerah

Pemkab Magelang Gunakan Aplikasi Janoko Guna Pantau Kebutuhan Pengungsi Merapi

MAGELANG, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang membuat aplikasi 'Janoko Pengungsi' yang berfungsi memantau apa saja kebutuhan terkait dengan pengungsian. "Kita sedang siapkan dan sebentar lagi akan dilaunching," ka ...

Ekonomi

Kelurahan Gunungketur Menggelar GunFest 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna mengembangkan perekonomian di masyarakat, Kelurahan Gunungketur menggelar Gunungketur Festival (GunFest) 2020 yang digelar Sabtu ( 21/11/2020) bertempat di depan kantor Kelurahan Gunungketur. Acara ini dimeriahk ...

Bernaswara

Ini Sosok Sella Selly TikTok yang Kian Bersinar Setelah Bergabung Nagaswara

BERNAS.ID | BERNASWARA - Pedangdut Sella Selly dan rekan duetnya Gladys yang tergabung dalam duo grup 2TikTok perlahan dikenal masyarakat Indonesia. 2TikTok membawakan lagu dangdut dengan gaya baru yang lebih kekinian dan millenial.  ...

DIY

Musim Hujan, Bupati Sleman Berpesan ke Pengelola Grojogan Watu Purbo tentang Potensi Laka Air

SLEMAN, BERNAS.ID - Bupati Sleman, Sri Purnomo, meresmikan obyek wisata Grojogan Watu Purbo yang berada di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman, Sabtu (21/11/2020). Namun, ia memberikan pesan ke pengelola agar memperhatikan keselamatan p ...

DIY

Relawan dan Bantuan Logistik Harus Melalui Posko Pakem untuk Minimalisir Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Relawan dan masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan logistik tidak bisa langsung ke barak pengungsian Kalurahan Glagaharjo. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di area pengungsian. Kepala Pel ...

Daerah

Kepala BNPB Tinjau Tempat Pengungsi Merapi di Magelang

MAGELANG, BERNAS.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan Bupati Magelang Zaenal Arifin meninjau lokasi pengungsian di Balai Desa Deyangan ...

Pendidikan

Wacana Sekolah Tatap Muka, Pemda DIY Tak Mau Gegabah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan sampai hari ini Pemda DIY belum merencanakan sekolah tatap muka. Namun jika ada pernyataan Menteri Pendidikan RI bahwa sekolah tatap muka akan dilakukan mulai Januari 2021 ...

DIY

Sejumlah Kawasan Kumuh Kota Jogja Ditata Tahun Depan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta kembali mengusulkan program penataan kawasan kumuh di sejumlah lokasi yang sempat tertunda pada 2020 karena refocusing anggaran untuk penanganan C ...

DIY

Tidak Benar RS Sardjito Heboh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Beredarnya pesan WA yang berisikan kehebohan RS Sardjito karena banyaknya paramedis yang terpapar virus covid-19, diakui Kepala Bagian Hukormas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, bahwa pesan WA tersebut tidak benar. ...

Bernas TV

KGPAA Pakualam X Apresiasi Donasi Masker Medis GP Ansor dan Aice Group untuk Pengungsi Merapi

SLEMAN, BERNASTV - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X mengapresiasi misi kemanusiaan pembagian 5 juta masker medis yang dijalankan oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor ...