Berita Nasional Terpercaya

Lewat Sepeda, Pemkot Jogja Coba Terus Kembangkan Wisata di Masa Pandemi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemkot Yogyakarta  berupaya untuk tetap mengembangkan berbagai potensi daya tarik pariwisata di masa pandemi Covid-19. Salah satu upayanya adalah kerja sama dengan pelaku usaha perhotelan untuk mengenalkan potensi wilayah di sekitar hotel dengan menyiapkan rute wisata sepeda.

?Sedang dikaji, apakah memungkinkan hotel di Kota Yogyakarta memiliki rute wisata sepeda, paling tidak rutenya berada di wilayah sekitar hotel sehingga potensi wilayah pun terangkat,? kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Sabtu (31/10/2020).

Ia meneruskan, pihak hotel lantas akan merekomendasikan jalur wisata sepeda tersebut kepada tamu yang menginap sehingga tamu atau wisatawan pun mengenal kampung di sekitar hotel.

?Tidak perlu terlalu jauh, cukup dua sampai tiga kilometer. Saya kira, banyak hotel yang berada di wilayah yang cukup strategis sehingga hal ini sangat mungkin diwujudkan,? katanya.

Menurut Haryadi, dengan begitu berbagai potensi yang dimiliki kampung pun bisa terangkat dan dikenal lebih luas oleh wisatawan. Misalnya, potensi wisata budaya hingga wisata kuliner.

?Ini sebagai bagian dari dukungan pelaku usaha hotel untuk mengapresiasi wilayah di sekitar tempat mereka berusaha. Semacam CSR,? katanya.

Saat ini Pemkot Yogyakarta sudah memiliki lima rute wisata sepeda yang masing-masing memiliki tema, keunikan, dan daya tarik tersendiri. Wisatawan akan diajak untuk melihat secara langsung kehidupan masyarakat di sejumlah perkampungan di kota wisata tersebut.

Kelima rute wisata sepeda tersebut dapat diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Meski begitu, Haryadi mengingatkan bahwa pengembangan pariwisata di Kota Yogyakarta tetap harus didasarkan pada pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.