Berita Nasional Terpercaya

Sistem Transportasi Malioboro Harus Ditata Secara Komprehensif

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengakui, ujicoba pedestarian kawasan Malioboro selaku jantung pariwisata dan perekonomian Jogja memang patut dihargai, karena merupakan upaya untuk menjadikan Malioboro semakin menarik. Namun menurut pantauannya di lapangan, meski wisatawan senang, PKL dan pedagang umumnya merasa dirugikan, karena semakin sedikitnya transaksi perdagangan.

“Golnya adalah bagaimana wisatawan ramai, perekonomian juga. Evaluasinya perlu kita perbaiki ke depan, termasuk transportasinya, karena mau masuk Malioboro menjadi sulit,” kata Huda, Sabtu (7/11/2020).

Ia menegaskan, semestinya ada kebijakan yang signifikan dan komprehensif terkait Malioboro. Tidak sekadar menata jalur kendaraan, tapi juga menata transportasi secara menyeluruh.

“Kalau mau sekalian ditata juga sistem transportasinya, termasuk untuk becak dan becak motor,” katanya.

Ia mengusulkan, becak motor diintegrasikan oleh Pemda menjadi kendaraan wisata. Jadi karena bentor dilarang, maka diberi fasilitas mesin listrik, sehingga tidak melanggar aturan.

“Tetap dikayuh tapi pakai listrik juga,” ujarnya.

Ini menurutnya bisa dilakukan memakai dana subsidi untuk Trans Jogja. Menurut Huda, masih banyak tersedia dana untuk itu.

“Masih banyak solusi yang bisa dikembangkan bersama untuk Malioboro,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.