Hasil Polling pilkada.bernas.id : Suharsono - Totok Sudarto : 3492 * Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo : 3307 * Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa : 1637 * Sri Muslimatun - Amin Purnomo : 1403 * Danang Wicaksana - Agus Cholik : 542 * Sutrisno Wibowo - Mahmud Ardi Widanto : 70395 * Bambang wisnu - Benyamin Sudarmadi : 141228 * Imawan Wahyudi - Martanti Soenar Dewi : 20760 * Sunaryanto - Heri Susanto : 69638 * Sri Mulyani - Yoga Hardaya : 356 * Arif Budiyono - Harjanto : 373 * Aji Setyawan - Windarti Agustina : 109 * One Krisnata - Muhammad Fajri : 437 * Muchammad Nur Aziz - KH M Mansyur : 348 * M Said Hidayat - Wahyu Irawan : 52 * Kotak - Kosong : 194 *

Kepala Desa yang Tak Tinggal di Desanya

Penulis : Risma Arista
Editor : Sabila J. Firda
Dibaca : 5 kali
08 November 2020

Sumber: Pixabay


Bernas.id - Sore itu, suasana di persidangan berakhir ricuh pada detik-detik terakhir. Namun, lelaki yang berjalan dengan diindungi beberapa lelaki tinggi besar lainnya adalah orang yang paling beruntung di antara semua yang hadir.
Ia baru saja selamat dari percobaan pembunuhan.
Meskipun pelipisnya masih dipenuhi peluh karena sisa-sisa ketegangan, raut wajahnya berganti menampakkan kemenangan. Bahkan, ia juga sempat tertawa dengan suara keras begitu sampai di ambang pintu ruang sidang.
Sekali lagi, lelaki itu hanya beruntung karena orang yang membawa senjata tajam dan hampir saja menikamnya tadi, diamankan oleh aparat.
Di sisi lain, banyak orang masih berteriak tak terima atas kepergian lelaki itu. Tangis mereka tak terbendung karena putusan pak hakim terasa sangat tidak adil. Tanah milik desa yang selama ini mereka perjuangkan, pada akhirnya jatuh ke tangan lelaki gila kuasa itu. Selama ini, kekuasaannya pun mungkin berkat menghalalkan segala cara.
Mungkin, lelaki yang telah duduk di kursi penumpang sebuah mobil sedan hitam dengan plat nomor warna merah itu belum menyadari. Bahwa karma berlaku tak pandang bulu.
***
Lima bulan yang lalu, situasi dan kondisi di Desa Kali Gedhe masih baik-baik saja. Para warga bersosialisasi dengan baik. Perekonomian berjalan lancar. Para petani menikmati hasil panen mereka dengan hati gembira. Para peternak juga sejahtera dengan adanya koperasi yang diinisiasi oleh Kepala Desa sebelumnya. Anak-anak kecil bermain layang-layang di pematang sawah dengan riangnya. Saat sore hari tiba, mereka akan bermain di sekitaran surau agar bisa melaksanakan jemaah salat Magrib bersama.
Para warga Desa Kali Gedhe merasa beruntung bisa hidup di desa tersebut. Jika diberi kesempatan untuk pindah ke kota pun, mereka enggan. Karena Desa Kali Gedhe adalah desa impian semua orang. Dalam kurun waktu dua tahun kurang lima bulan menjabat saja, Pak Darminto sudah menjadikan desanya sebagai salah satu desa terbaik di Kabupaten Manggilan. Namun, buah dari kerja keras itu rupanya tidak bertahan lama.
Pada bulan kelima menjelang berakhirnya masa jabatan Pak Darminto, ia mendadak divonis mengidap virus aneh yang belum ditemukan obatnya oleh dokter. Hal tersebut menyebabkan Pak Darminto tidak bisa menjalankan kewajiban sebagai Kades di Desa Kali Gedhe. Ia justru terbaring lemah tak sadarkan diri di rumah sakit. Para warga juga menjadi cemas karena kursi Kades kosong selama satu bulan terakhir. Pembangunan gedung serbaguna yang telah direncanakan pun terhenti karena belum adanya komando dari atasan.
Meskipun kegiatan warga tetap berjalan seperti biasa, lain halnya di Balai Desa. Para perangkat desa disibukkan oleh tumpukan surat masuk yang belum disetujui oleh Pak Kades, juga penyusunan jadwal acara yang melibatkan Pak Kades sebagai salah satu pembuka maupun pengisi acara. Mereka hampir menyerah dengan keadaan tersebut. Tidak ada kemajuan berarti yang dialami oleh Pak Kades dari penyakitnya.
“Kalau begini terus, lama-lama situasi desa kita bisa kacau! Satu bulan itu sudah cukup lama!” ucap Bu Kaur Perencanaan.
Para perangkat desa melaksanakan rapat khusus dan tertutup di Balai Desa.
“Betul. Meskipun peran beliau bisa digantikan sesekali oleh Pak Sekdes, tetapi kita tidak boleh terus-terusan seperti ini,” timpal Pak Kasi Pemerintahan.
“Seperti ini bagaimana? Toh, Pak Sekdes juga masih menyanggupi. Masa jabatan Pak Kades dan kita ‘kan juga tinggal empat bulan saja!” seru Bu Kaur Keuangan membantah argumen Pak Kasi Pemerintahan.
“Memang betul, Bu Kaur. Namun empat bulan itu waktu yang sangat lama dengan kekosongan kursi Kades. Padahal, peran pemimpin itu sangat krusial bagi sebuah lembaga. Apalagi, kita ini lembaga pemerintahan. Selain itu, masih banyak program kerja kita yang juga belum terlaksana. Waktu empat bulan itu cukup untuk melaksanakan program kerja yang masih terbengkalai itu,” jelas Pak Kasi Pemerintahan tak kalah berapi-api.
“Baiklah kalau begitu. Jadi, bagaimana menurut Pak Sekdes?” Bu Kaur Keuangan terlihat mengalah dengan pernyataan Pak Kasi Pemerintahan. Semua ucapan beliau memang benar adanya.
Di sisi lain, Pak Sekdes justru terlihat diam dan berpikir keras. Ruangan rapat itu hening selama beberapa menit. Para perangkat desa menunggu jawaban Pak Sekdes.
“Mungkin sudah saatnya saya menggantikan Pak Kades.”
Ruangan yang semula hening itu tiba-tiba riuh oleh tepuk tangan para perangkat desa. Mereka semua bersuka cita dan menyalami Pak Sekdes yang mulai saat itu menjadi Kades. Namun, wajah Pak Kasi Pemerintahan justru datar tanpa ekspresi.
Pak Sekdes yang akhirnya menggantikan posisi Pak Darminto sebagai Kepala Desa Kali Gedhe itu bernama Amin bin Sarmin. Dedikasinya untuk pembangunan desa sudah ia mulai sejak lima tahun yang lalu. Karirnya sebagai bagian dari perangkat desa pun bisa dibilang merangkak dari bawah. Dulu, tugasnya hanyalah sebagai pembantu umum di Kantor Kecamatan. Namun, tak disangka tahun berikutnya ia diangkat menjadi salah satu perangkat desa, sehingga tempat kerjanya pun bukan lagi di Kecamatan melainkan di Balai Desa.
Seiring berjalannya waktu, nasibnya semakin membaik dan karirnya pun kian memuncak. Pada awalnya, banyak warga yang percaya pada Pak Amin karena kinerjanya memang bagus. Hal tersebut disambut baik oleh istrinya, yang sampai setelah suaminya dilantik menjadi Kepala Desa masih tetap dipanggil Bu Carik oleh para warga.
“Kayaknya, warga belum rela kalau sekarang aku jadi istrinya Pak Kades,” ucap istri Pak Amin kepada suaminya saat mereka sedang bersantai di ruang keluarga pada malam Minggu.
“Ah, Ibu ini. Ya ‘kan Bapak hanya menjadi pengganti sementara Pak Darminto. Kalau masa jabatan beliau habis, otomatis Bapak juga bukan Kades lagi. Udahlah, ndak usah dipikir.”
“Apa Bapak ndak kepengen nyalon Kades beneran?”
“Hahaha. Ibu ini ada-ada aja, lho! Bapak itu sebenernya ndak bakat mimpin warga. Ini pun juga karena terpaksa.”
Pak Amin menyudahi tawanya melihat ekspresi sang istri yang justru datar dan seolah hendak menerkam.
“Apa Bapak pikir jabatan Kades itu buat bercandaan?”
Pak Amin hanya menggeleng, tak berani menjawab lebih jauh.
“Kebutuhan kita makin banyak, Pak. Si Minah butuh uang buat biaya kuliah. Si Riski kepengen sepeda motor karena cuma dia yang berangkat sekolah masih naik angkot. Ibu juga butuh uang belanja buat masak dan lain-lain.”
“Apa yang Bapak berikan tiap bulan itu masih kurang?”
“Kalau Bapak cuma jadi bawahannya Pak Kades terus, kapan kita bisa nabung buat yang lain-lainnya?”
Tak ada jawaban dari Pak Amin selanjutnya. Sementara itu, istrinya berganti menatap sebal dan segera bangkit dari duduknya.
“Lho, Ibu marah?” tanya Pak Amin menahan tangan istrinya. Namun, Bu Amin menangkis tangan suaminya dengan secepat kilat. Lalu, ia melanjutkan berjalan menuju kamar.
“Hari ini Bapak tidur di luar!”
Pada malam Minggu yang semula hangat itu, Pak Amin kedinginan karena tidur di sofa ruang keluarga tanpa selimut atau kain sarung. Anak-anaknya juga tak berani keluar kalau ibu mereka sedang marah. Namun, kejadian itu memantik api yang perlahan membesar pada rumah tangga mereka. Sampai akhirnya, Bu Amin benar-benar mengancam suaminya.
“Kalau Bapak ndak bisa nurutin kata-kata ibu, mendingan saya cari Bapak baru buat anak-anak.”
Kata-kata itu bagaikan sambaran petir di siang bolong. Pak Amin di ambang perasaan dilema luar biasa. Jabatan Kades tak lagi istimewa di matanya. Pada saat seperti itu, sebenarnya ia lebih memilih kehilangan jabatannya saja, daripada keluarganya. Namun, jika demikian yang terjadi, bisa-bisa ia justru tak akan mendapatkan dua-duanya.
“Beri Bapak waktu, Bu.” Itu janjinya pada diri sendiri.
Sejak hari itu, Pak Amin sering melampiaskan kemarahannya di tempat kerja. Ia berubah menjadi manusia berdarah dingin yang seolah tak punya perasaan terhadap orang lain. Orang-orang yang dulu menganggap Pak Amin sebagai sosok yang pantas menggantikan posisi Pak Darminto pun, mulai berkurang satu per satu. Namun, masih ada juga orang-orang yang mendukung Pak Amin untuk mencalonkan diri sebagai Kades pada periode berikutnya. Kebanyakan dari orang-orang itu, sering mendapat traktiran atau uang saku dari Pak Amin.
Lambat laun, hubungan Pak Amin dengan istrinya semakin membaik. Ia juga telah membelikan anak laki-lakinya sepeda motor. Istrinya bahagia. Mereka kembali menjadi keluarga harmonis. Namun, di sisi lain, para warga banyak yang tidak terima dan suasana desa menjadi kacau.
Salah satu penyebabnya ialah laporan yang menyebutkan bahwa tanah desa yang rencananya akan dibuat gedung serbaguna, justru dipasang pathok-pathok dari batang pohon ketela. Selain itu, ada orang-orang tinggi besar—yang bukan warga Desa Kali Gedhe—yang setiap hari menjaga tanah itu. Kecurigan warga tak terelakkan lagi.
Kades sementara itu mencuri tanah warga!
Begitulah spekulasi yang berlaku. Namun, saat masa jabatan Pak Amin tinggal satu bulan lagi, sesuatu yang tak terduga terjadi.
***
“Terima kasih atas kerja samanya, Pak. Berkat bantuan Anda, kami jadi bisa melaksanakan tugas dengan baik.”
“Sama-sama. Itu sudah tugas saya, Mas.”
Laki-laki muda berseragam perawat itu menjabat tangan laki-laki yang berseragam khaki di depannya. Jika dilihat-lihat, mereka seperti bapak dan anak. Perawat itu anaknya. Mereka saling tersenyum satu sama lain.
“Baik, Pak. Kalau begitu saya izin pamit dulu,” ucap si perawat yang hendak beranjak dari tempatnya.
“Eh, sebentar dulu, Mas. Saya mau tanya, sebenarnya bagaimana kondisi Pak Amin yang sebenarnya?” tanya laki-laki berseragam khaki itu menahan si perawat.
“Oh. Sampai detik ini, kami masih menganalisis pasien serta trauma yang dialaminya. Namun, beliau sering menyuruh pasien lain untuk memanggilnya Pak Kades.”
Laki-laki berseragam khaki itu menahan tertawa sebisa mungkin.
“Hahaha, dasar halu,” gumamnya. “Oh, iya. Sampaikan salam saya pada istrinya juga, ya,” ucapnya pada si perawat. Perawat itu hanya tersenyum lalu kembali izin pamit.

"Oh ya. Ngomong-ngomong, selamat juga atas dilantiknya Pak Kasi Pemerintahan, eh maksud saya Pak Irwan sebagai Kades baru di Desa Kali Gedhe,” ucap si perawat lalu berjalan menuju mobil yang bertuliskan “Ambulance Rumah Sakit Jiwa CEMPAKA”.

“Hehehe. Sama-sama, Mas. Hati-hati di jalan, ya, Mas.”
***

Sejak kemenangan kasus Pak Amin di persidangan itu, banyak warga yang tak terima dan nekat membakar rumah Pak Amin dan istrinya. Semua yang mereka punya habis dilalap si jago merah. Meskipun tak ada korban jiwa setelah kejadian itu, tetapi tak ada lagi harta mereka yang tersisa. Orang-orang yang dulunya menjilat Pak Amin, ikut-ikutan pergi dari sisinya. Ia dan istrinya menjadi tidak waras. Sementara itu, anaknya dikirim ke panti asuhan.


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Kemensos RI Bekerjasama dengan ISRI Kota Yogyakarta Salurkan Bantuan Sembako

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka meringankan beban rakyat maka IKATAN SARJANA RAKYAT INDONESIA (ISRI) DPC Kota Yogyakarta mendata warga Kota Yogyakarta yang terdampak Covid19 untuk dapat diajukan mendapatkan bantuan sosial berwujud semb ...

Internasional

Indonesia Terpilih Sebagai Presiden Dewan Pembangunan Industri UNINDO

WINA, BERNAS.ID - Indonesia terpilih sebagai Presiden pada pertemuan Sesi ke-48 Dewan Pembangunan Industri (Industrial Development Board/IDB) pada Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO). Pemilihan dimaksud dilan ...

Pendidikan

Fakultas Bioteknologi UKDW Kembangkan Iklim Riset di Sekolah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta telah menjadi mitra Asosiasi Guru Pembimbing Penelitian Indonesia (AGPPI) dalam pengembangan iklim riset dan kualitas riset guru dan siswa sejak ...

Bernas TV

Bahas Intoleransi dan Pilkada, Dit Intelkam Polda DIY Kunjungi Pimpinan Ponpes Nurul Ummah Kotagede

YOGYAKARTA, BERNASTV — Jajaran Polda DIY senantiasa melaksanakan tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Yogyakarta, termasuk di masa Pilkada saat ini. Disamping selalu menjaga silaturahmi dengan berbagai ...

Pendidikan

Januari 2021, Siswa di Sleman Boleh Belajar Tatap Muka

SLEMAN, BERNAS.ID - Sekolah-sekolah di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mulai menerapkan pembelajaran tatap muka di Semester Genap Tahun Ajaran (TA) 2021. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Wida ...

Analisa Pilkada

Tim 38 Akan Awasi Pilkada DIY Agar Bersih dan Patuhi Prokes

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan advokat  yang tergabung dalam Tim 38 mendeklarasikan Advokat Pilkada Bersih untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tim ini akan memantau dan mengawasi pelaksanaan pilkada agar bersih dan mematuhi pr ...

Pendidikan

Mengadu ke Dewan, Puluhan Guru dan Tenaga Honorer Minta Kejelasan Nasib

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Puluhan guru dan tenaga honorer yang tergabung dalam Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non Kategori Usia 35 Tahun ke Atas (GTKHNK35+) melakukan audiensi dengan pimpinan DPRD DIY, Senin (23/11/2020). Mereka ya ...

Pilkada

Walau Pandemi, Target Partisipasi Pilkada DIY Tetap Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 memang menghantui pelaksanaan pilkada tahun ini. Meski demikian, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan telah meminta KPU Sleman, Bantul dan Gunungkidul untuk menaikkan target partisipasi di atas nasional, 7 ...

Bernas TV

Terkait Ceramah Rizieq Shihab, PB MDHW Ajak Semua Elemen Bangsa Tetap Bersatu Demi NKRI

JAKARTA, BERNASTV - Baru-baru ini sedang viral beberapa potongan video Ketua FPI, Muhammad Rizieq Shihab, yang kembali menyedot perhatian publik. Ceramah yang disampaikannya dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, menurut P ...

Analisa Pilkada

Pelanggaran Akun Twitter KPU Sleman Diteruskan ke DKPP

SLEMAN, BERNAS.ID - Bawaslu Kabupaten Sleman memutuskan meneruskan pelanggaran akun Twitter KPU Kabupaten Sleman yang hanya mengunggah salah satu program pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 ke Dewan Kehormatan ...

Budaya

Asyiknya Belajar Nyinden Secara Online di Yogyakarta Gamelan Festival

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berbagai cara bisa ditempuh agar semangat berkarya selama pandemi masih menyala. Salah satunya dilakukan lewat ajang Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) yang kembali digelar tahun ini. YGF ke-25 send ...

Wiradesa

Tragedi Penari Jathilan

WIRADESA - Tugimin sekarat, sementara istrinya masih berjuang melahirkan anak mereka. Puskesmas Suka Esih mendadak dipenuhi orang-orang yang tadi mengantar pasangan suami istri itu ke ambang pintu UGD. Namun, Sulastri langsung dilarikan ke ...

Bernas TV

Diresmikan GKR Hemas, PT Pos Indonesia Regional 6 Luncurkan Bebakulan Expo

Yogyakarta.BERNASTV - Dalam rangka mendukung optimalisasi Jogja Bangkit 2020, PT Pos Indonesia Region 6 Jawa Tengah-DIY meluncurkan berbagai program bagi para pelaku UMKM untuk mendukung pergerakan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi ...

Pilkada

KPU Sleman Simulasi Pencoblosan Sesuai Protokol Kesehatan, Ada Bilik Khusus

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman telah melakukan berbagai persiapan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember nanti. Salah satunya, melakukan simulasi pemungutan suara dengan penerapan protokol keseh ...

DIY

Belasan Mobil Koleksi Presiden Sukarno Sambangi Balaikota

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Belasan mobil kuno koleksi Presiden RI yang pertama, Sukarno, mengunjungi kawasan Balaikota Yogyakarta, Minggu (22/11/2020) pagi. Ini adalah mobil-mobil yang ditampilkan dalam Pameran Arsip Alat Transportasi Bersejar ...

Daerah

Pemkab Magelang Gunakan Aplikasi Janoko Guna Pantau Kebutuhan Pengungsi Merapi

MAGELANG, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang membuat aplikasi 'Janoko Pengungsi' yang berfungsi memantau apa saja kebutuhan terkait dengan pengungsian. "Kita sedang siapkan dan sebentar lagi akan dilaunching," ka ...

Ekonomi

Kelurahan Gunungketur Menggelar GunFest 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna mengembangkan perekonomian di masyarakat, Kelurahan Gunungketur menggelar Gunungketur Festival (GunFest) 2020 yang digelar Sabtu ( 21/11/2020) bertempat di depan kantor Kelurahan Gunungketur. Acara ini dimeriahk ...

Bernaswara

Ini Sosok Sella Selly TikTok yang Kian Bersinar Setelah Bergabung Nagaswara

BERNAS.ID | BERNASWARA - Pedangdut Sella Selly dan rekan duetnya Gladys yang tergabung dalam duo grup 2TikTok perlahan dikenal masyarakat Indonesia. 2TikTok membawakan lagu dangdut dengan gaya baru yang lebih kekinian dan millenial.  ...

DIY

Musim Hujan, Bupati Sleman Berpesan ke Pengelola Grojogan Watu Purbo tentang Potensi Laka Air

SLEMAN, BERNAS.ID - Bupati Sleman, Sri Purnomo, meresmikan obyek wisata Grojogan Watu Purbo yang berada di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman, Sabtu (21/11/2020). Namun, ia memberikan pesan ke pengelola agar memperhatikan keselamatan p ...

DIY

Relawan dan Bantuan Logistik Harus Melalui Posko Pakem untuk Minimalisir Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Relawan dan masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan logistik tidak bisa langsung ke barak pengungsian Kalurahan Glagaharjo. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di area pengungsian. Kepala Pel ...

Daerah

Kepala BNPB Tinjau Tempat Pengungsi Merapi di Magelang

MAGELANG, BERNAS.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan Bupati Magelang Zaenal Arifin meninjau lokasi pengungsian di Balai Desa Deyangan ...

Pendidikan

Wacana Sekolah Tatap Muka, Pemda DIY Tak Mau Gegabah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan sampai hari ini Pemda DIY belum merencanakan sekolah tatap muka. Namun jika ada pernyataan Menteri Pendidikan RI bahwa sekolah tatap muka akan dilakukan mulai Januari 2021 ...

DIY

Sejumlah Kawasan Kumuh Kota Jogja Ditata Tahun Depan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta kembali mengusulkan program penataan kawasan kumuh di sejumlah lokasi yang sempat tertunda pada 2020 karena refocusing anggaran untuk penanganan C ...

DIY

Tidak Benar RS Sardjito Heboh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Beredarnya pesan WA yang berisikan kehebohan RS Sardjito karena banyaknya paramedis yang terpapar virus covid-19, diakui Kepala Bagian Hukormas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, bahwa pesan WA tersebut tidak benar. ...

Bernas TV

KGPAA Pakualam X Apresiasi Donasi Masker Medis GP Ansor dan Aice Group untuk Pengungsi Merapi

SLEMAN, BERNASTV - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X mengapresiasi misi kemanusiaan pembagian 5 juta masker medis yang dijalankan oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor ...

Film

3 Selebriti Indonesia Jadi Pengisi Suara Film Disney “Mulan”

BERNAS.ID | ENTERTAINTMENT - Film “Mulan” merupakan salah satu garapan Disney yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia, tak terkecuali oleh para penggemar Disney di Indonesia. Sejak tayang pada 4 September lalu di ...

Bernaswara

Enam Artis Nagaswara Akan Shooting Video Klip di Jogja

BERNASWARA - Musik Indonesia berkembang sangat pesat. Tak sedikit orang yang ingin menjadi penyanyi, selain karena popularitas juga untuk mengekspresikan diri dan berkarya agar bisa dinikmati oleh banyak orang. Sejak tahun 2000an ba ...

Pendidikan

Mendikbud: Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021 dengan Persetujuan Pemda dan Orangtua Siswa

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah akan dimulai kembali per Januari 2021. Hal ini berlaku untuk semua zona meski pandemi Covid-19 belum red ...

Budaya

20 Kelompok Ikuti Festival Bregada Rakyat 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dengan adanya pembatasan pengumpulan massa lantaran pandemi covid19, maka ajang tahunan Festival Bregada Rakyat Ke-7 tahun 2020 dilaksanakan dengan metode tapping. Peserta tampil tanpa pawai dimuka umum untuk dilakuk ...

Daerah

Gelar Tradisi Penerimaan Warga Baru, Danyonarmed: Jadilah Prajurit Masa Depan

NGAWI, BERNAS.ID - Setelah melaksanakan lari sejauh 5 km dari Kesatrian Unit III (Benteng Van Den Bosch) sebagai cikal bakal satuan, 18 warga baru akhirnya disambut di Mako Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad dengan acara tradisi penerimaan warga b ...

Inovasi

UKDW Ambil Bagian dalam InnoXJogja 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Block71 Yogyakarta bekerja sama dengan Centrino UKDW, AMIKOM Business Park, Akademi Inovatif UGM, HUB Kreatif UGM, Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama UII, serta Jogja Digital Valley menyelenggarakan InnoXJogja 2020 ...

Analisa Pilkada

KPU Sleman Masih Mencari Skema Pilkada yang Pas untuk Warga Lereng Merapi

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mengatakan masih mencari skema untuk penyelenggaraan pilkada di wilayah lereng Merapi yang berstatus Siaga. Hal tersebut perlu menjadi perhatian karena mayoritas warga memilik ...

Desa

Kelangkaan Pupuk di DIY Masih Terus Terjadi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sekitar dua hingga tiga bulan lalu, muncul banyak keluhan dan aduan dari petani di DIY kepada DPRD DIY terkait kelangkaan pupuk. Hal ini terjadi karena banyak faktor. Ketua Komisi B DPRD DIY Danang Wahyu Broto, ya ...

DIY

Sosialisasi Siap Dilakukan, Pengusaha Diharapkan Penuhi Nilai UMK 2021

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menyiapkan dua kegiatan sosialisasi mengenai pemberlakuan ketentuan upah minimum kota (UMK) tahun 2021 pada bulan ini. "Seluruh kegiata ...

Pariwisata

Terinspirasi Wayang Timplong Khas Nganjuk, Sanggar Seni Candraning Ayu Bayu Smata Juarai Olimpiade Pariwisata 2020

Bernas.id - Terinspirasi kesenian wayang Timplong khas Nganjuk, sanggar seni Candraning Ayu Bayu Smata (CABS) SMA Negeri 3 Nganjuk juarai Olimpiade Pariwisata 2020 yang diumumkan kemarin (19/11) secara daring melalui akun instagram Olimpiad ...

DIY

Kisah Relawan Dekontaminasi, Sehari Bisa 16 Mobil Ambulans

SLEMAN, BERNAS.ID - Terpanggil rasa kemanusiaan dalam sanubarinya, Diyono (42), warga Blunyah Gede, Sinduadi, Mlati, Sleman melakoni kesehariannya sebagai petugas dekontaminasi ambulans yang membawa pasien atau jenasah Covid-19. Ia menjadi ...

Pariwisata

Pengurus baru DPP AELI DIY Resmi Dilantik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - DPD AELI DIY Kamis (19/11), melakukan pelantikan pengurus baru untuk periode 2020-2023. Pelantikan dilakukan di Ndelik ndeso, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta dan disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom. ...

Pariwisata

Pemandu Wisata Punya Peran Penting dalam Memajukan Sektor Pariwisata di Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Keberadaan pemandu wisata atau pramuwisata dinilai sangat penting dalam memajukan sektor andalan Kota Yogyakarta tersebut. Dengan begitu, pramuwisata dituntut mengantongi sertifikasi. "Pramuwisata harus memil ...

Nasional

WFP Lanjutkan Dukungan kepada Pemerintah dalam Upaya Ketahanan Pangan dan Gizi

JAKARTA, BERNAS.ID - United Nations World Food Programme (WFP), Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2020, hari ini kamis (19/11/2020) merilis Rencana Strategis Negara (CSP) 2021-2025 yang baru, menyatakan kembali dukungannya kepada P ...

Internasional

Mr. Norimasa Shimomura Resmi Menjabat sebagai Kepala Perwakilan UNDP Indonesia

JAKARTA, BERNAS.ID – Mr. Norimasa Shimomura hari ini Kamis (19/11/2020) resmi menjabat sebagai Kepala Perwakilan UNDP Indonesia yang baru, menyusul pemberian surat kepercayaan kepada Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, H ...

Ekonomi

Kadin Indonesia akan Gelar Munas 2020 pada Bulan Desember

JAKARTA, BERNAS.ID - Menjelang musyawarah nasional (Munas) 2020 Kadin Indonesia meminta amanat dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, hal tersebut kiranya agar Munas 2020 dapat menghasilkan rumusan yang sejalan dan komplimenta ...

Politik

Asosiasi Pengajar Hukum Adat Indonesia Gelar Pertemuan dengan Wakil Ketua Baleg DPR RI

JAKARTA, BERNAS.ID - Asosiasi Pengajar Hukum Adat (APHA) Indonesia melakukan pertemuan dengan Baleg DPR RI dan diterima oleh Wakil Ketua Baleg DPR RI, Willy Aditya. Ketua Umum APHA Indonesia, Dr. Laksanto Utomo, SH., MH mengemukakan, bahwa ...

Budaya

Garin Nugroho Hingga Peter Carey Terima Anugerah Kebudayaan DIY 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sineas kawakan kelahiran Jogja, Garin Nugroho, bersama sejumlah pelaku seni lainnya menerima Anugerah Kebudayaan DIY 2020 dalam kategori Pelestari dan/atau Pelaku Seni, yang diberikan langsung oleh Gubernur DIY, Sri ...

DIY

Pelantikan Anggota & Pengurus Baru DPD AELI DIY 2020-20203. Kadispar DIY: AELI Garda Terdepan Pemulihan Periwisata Yogyakarta

Yogyakarta, Bernas.id - Era pandemi membawa tantangan baru untuk industri pariwisata. Industri ini menjadi sektor yang paling cepat terdampak dan diprediksi menjadi yang paling lambat untuk kembali normal. Tantangan ini tidak menyurutkan ...

Pendidikan

Menkes Terawan: Kampus Sehat Berperan Cegah Penyebaran Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Putranto menyebutkan kampus sehat dapat berkontribusi melalui berbagai inovasi dalam promosi kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Mahasiswa sebagai generasi muda yang produktif berp ...

Ekonomi

Prawirotaman Jadi Pasar Perdana di Jogja yang Punya Fasilitas Wifi Gratis

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasar Prawirotaman yang sudah selesai direvitalisasi bakal menjadi pasar tradisional pertama di Kota Yogyakarta yang dilengkapi dengan jaringan wifi. Ini sebagai sarana untuk mempermudah transaksi digital d ...

DIY

Warga Ngampilan Tolak Pemberlakuan Jalan Satu Arah di Jl Letjen Suprapto

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Warga Ngampilan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Ngampilan (FKMN) menolak pemberlakuan jalan satu arah di Jalan Letjen Suprapto, Ngampilan, Yogyakarta. Karena dinilai oleh mereka, dengan pemberlakukan ...

Olahraga

Joan Mir Sesumbar Ingin Hentikan Dominasi Marc Marquez

Bernas.id – MotoGP musim kompetisi 2020 memang masih menyisakan satu seri pamungkas di Portimao, Portugal akhir pekan mendatang. Namun, pemilik gelar juara dunia musim ini sudah dikantongi oleh pembalap Suzuki, Joan Mir yang menyegel ...

DIY

5 Mitos Gunung Merapi yang Masih Menjadi Cerita Hingga Hari Ini

Bernas.id - Gunung Merapi kini kembali menjadi pusat perhatian publik lantaran informasi mengenai naiknya level dari status waspada menjadi siaga. Gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini dikenal sebagai gunung yan ...

Olahraga

Peluncuran Jersey Ketiga Timnas, Ini penampakannya.

JAKARTA, BERNAS - Timnas Indonesia dan PSSI meluncurkan jersey ketiga Garuda pada Selasa (17/11). Seragam ketiga pemain utama berwarna hitam, sedangkan kiper berwarna kuning. Jersey tersebut berisi segi lima dan di dalamnya terdapat burung ...