Berita Nasional Terpercaya

Meski PSBB Transisi, Satgas Penanganan Tekankan Berkerumun Berisiko Tinggi Tularkan COVID-19

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan meskipun pemerintah daerah menerapkan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, bukan berarti sudah sepenuhnya bebas dari Covid-19. PSBB transisi yang diterapkan pemerintah daerah merupakan salah satu perkembangan penanganan ke arah yang baik di suatu daerah. 

“PSBB transisi didasarkan pada perkembangan penanganan yang sudah lebih baik, tercermin dari menurunnya kasus positif, meningkatnya angka kesembuhan dan angka kematian yang dapat ditekan,” terang Wiku saat menjawab pertanyaan media saat memberi keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020) kemarin. 

Kendati begitu, saat PSBB transisi kegiatan masyarakat pun masih harus berpedoman pada protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan. Selain itu, ada ketentuan lainnya yang dimaksudkan untuk memutus rantai penularan Covid-19. Satgas Penanganan Covid-19 di daerah juga diminta untuk mempertimbangkan pembukaan beberapa sektor terutama yang berisiko menciptakan kerumunan orang. 

“Oleh karena itu, tahapan prinsip pembukaan sektor berdasarkan Covid-19 ini, perlu sangat hati-hati serta terus dievaluasi keadaannya di lapangan,” ungkapnya. 

Wiku menambahkan Satgas Penanganan Covid-19 berharap masyarakat jangan egois dengan tidak berkerumun. Ditegaskan Wiku, ketika ada orang berkerumun dapat membawa sumber penularan di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, masyarakat harus menghindari kerumunan karena menyulitkan untuk menjaga jarak apalagi tidak menggunakan masker. Hal ini memperbesar risiko penularan virus Corona. 

Penularan kasus Covid-19 yang tinggi dalam suatu daerah, juga mencerminkan masyarakat yang masih lengah dan tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tak bosan-bosannya Wiku berpesan agar masyarakat selalu menerapkan 3M dalam kesehariannya guna mencegah tertular ataupun menularkan virus Corona. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.