Relawan Dan Bantuan Logistik Harus Melalui Posko Pakem Untuk Minimalisir Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Relawan dan masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan logistik tidak bisa langsung ke barak pengungsian Kalurahan Glagaharjo. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di area pengungsian.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta, Biwara Yuswantono mengatakan, pemberian bantuan logistik dan pendaftaran relawan bisa melalui posko utama Pakem. Ia menjelaskan pelarangan untuk datang langsung ke barak pengungsian karena Kapanewon Cangkringan merupakan zona hijau. "Harapannya pengungsi yang berada di Balai Desa Glagaharjo tetap bebas Covid-19," jelas Biwara saat ditemui, Jumat (20/11/2020).

Di Posko Utama, lanjut Biwara, relawan dan bantuan logistik akan didata terlebih dahulu oleh petugas. Setelah itu, baru akan disalurkan langsung ke barak pengungsian. Pendataan bantuan logistik dan relawan dilakukan agar tidak terjadi penumpukan logistik di barak pengungsian. "Jangan sampai, relawan banyak dan kumpul-kumpul, bisa berpotensi menyebarkan virus Covid-19," ujarnya.

"Saat ini, relawan yang ada masih difokuskan yang berasal dari wilayah Cangkringan," imbuhnya. 

Petugas posko utama, menurut Biwara juga harus memperhatikan relawan dan petugas dari luar wilayah Cangkringan agar diperiksa terlebih dahulu untuk dipastikan bebas Covid-19 sebelum bertugas di barak pengungsian.

Panewu Cangkringan Suparmono menyebutkan saat ini relawan yang bertugas di barak pengungsian Kalurahan Glagaharjo berjumlah 60 orang dengan 70 persen merupakan warga lokal. "Dan relawan yang dari luar sudah dipastikan bebas Covid-19 dengan sudah dikoordinasikan dengan posko utama Pakem," terangnya.

Jumlah tersebut, menurut Suparmono, sudah dirasa cukup untuk membantu kegiatan di barak pengungsian. Relawan lokal maupun dari BPBD, juga sudah dibuatkan jadwal untuk melakukan pergantian shift. Untuk masyarakat yang memberikan bantuan logistik, saat ini sudah diserahkan ke posko utama Pakem. (jat


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up