Berita Nasional Terpercaya

Bahas Intoleransi dan Pilkada, Dit Intelkam Polda DIY Kunjungi Pimpinan Ponpes Nurul Ummah Kotagede

0

YOGYAKARTA, BERNASTV ? Jajaran Polda DIY senantiasa melaksanakan tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Yogyakarta, termasuk di masa Pilkada saat ini. Disamping selalu menjaga silaturahmi dengan berbagai pihak, Polda DIY juga tidak henti-hentinya memberikan dukungan terhadap setiap kegiatan yang bertujuan menjaga keutuhan NKRI. 

Seperti kegiatan yang dilakukan pada Rabu siang (18/11/2020), Jajaran Dit Intelkam Polda DIY mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Ummah, di kawasan Kotagede. Dipimpin Kanit C Subdit IV Dit Intelkam Polda DIY, Kompol Harijanto, para anggota bersilaturahmi dengan pimpinan Ponpes, KH. Abdul Muhaimin, yang juga dikenal sebagai tokoh pluralisme Yogyakarta. 

Selain memberikan bantuan paket sembako serta alat kesehatan bagi para santriwati Ponpes Nurul Ummah, jajaran Dit Intelkam Polda DIY dalam kesempatan itu juga melakukan sinergi dengan KH. Abdul Muhaimin untuk bersama-sama berupaya menangkal setiap bentuk tindakan intoleransi, radikalisme serta terorisme di wilayah lingkungan Yogyakarta. 

?Kiai Muhaimin selama ini dikenal sebagai sosok yang getol memerangi intoleransi, radikalisme bahkan terorisme. Hal itu sejalan dengan program yang dilaksanakan Polda DIY dalam hal ini Direktorat Intelejen. Karena itu kita kesini untuk bisa saling bersinergi. Apalagi di tengah situasi pandemi serta menjelang Pilkada serentak seperti saat ini,? ujar Kompol Harijanto. 

Untuk meringankan dampak akibat pandemi Covid-19, jajaran Dit Intelkam Polda DIY juga memberikan bantuan berupa paket sembako seperti beras, minyak, gula pasir, masker, hand sanitizer serta vitamin bagi seluruh santri Ponpes Nurul Ummah. 

Diharapkan bantuan tersebut bisa membantu para santri yang terdampak Covid-19, sehingga program yang selama ini dilakukan pengasuh Ponpes bisa terus berlanjut. Dengan begitu imbasnya tentu akan semakin mempermudah kerja kepolisian di masa yang akan datang. 

Sementara itu, KH. Abdul Muhaimin mengapresiasi dukungan moral maupun teknis dengan adanya silaturahmi ini. Ia pun berharap ke depan bisa terus saling bersinergi satu sama lain, terutama dalam mencegah perilaku-perilaku intoleransi, ekstrimisme maupun terorisme di wilayah Yogyakarta, sesuai kapasitas dan concern masing-masing. 

?Tentu ini menjadi sebuah penguatan. Saya merasa mendapatkan dukungan moral, maupun mungkin nanti secara teknis di lapangan. Dimana hal seperti ini jauh lebih penting daripada sekedar omong-omong. Karena komitmen kita sama, yakni tema besarnya adalah menjaga keutuhan NKRI,? katanya. 

Lebih lanjut Kiai Muhaimin juga berharap dalam waktu dekat ini masyarakat bisa mengikuti Pemilukada serentak sebagai bagian dari proses demokrasi. Ia menilai pentingnya memberikan pemahaman dan kesadaran pada masyarakat agar pengalaman dalam pemilu selama ini bisa menjadi pengalaman berharga dalam memilih figur-figur pemimpin yang betul-betul mempunyai komitmen pada masyarakat dan nilai-nilai moral. (nch)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.