Berita Nasional Terpercaya

Karang Kepanjen Dicanangkan Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

0

SLEMAN, BERNASTV – Bupati Sleman, Sri Purnomo, kembali mengukuhkan Kampung Tangguh Nusantara. Kali ini, dilakukan di Padukuhan Karang Kepanjen, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Sleman, yang dilaksanakan melalui pengguntingan pita dan pemukulan kentongan pada Selasa (24/11).

Pengukuhan Kampung Tangguh Nusantara ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan ketangguhan masyarakat menghadapi berbagai resiko atau permasalahan yang dihadapi masyarakat. Salah satunya kondisi yang saat ini terjadi yaitu pandemi Covid-19.

Untuk memastikan partisipasi dan ketangguhan masyarakat Padukuhan Karang, rombongan yang terdiri dari berbagai unsur pemerintahan termasuk dari Polres, Polsek, Koramil dan KUA Sleman melakukan kunjungan ke sejumlah tempat, mulai pos kamling, sampai pos pengolahan sampah organik (pembuatan pupuk kompos).

Kegiatan dihadiri oleh Kapolsek Sleman AKP Irwantoro, SH, Kasat Binmas Polres Sleman AKP Yulianto SH, Danramil Sleman Kapten Arm Wahyu Kuncoro, Panewu Sleman Mustadi, S.Sos, MM didampingi
Lurah Trimulyo, Suharjono HK, S.Pd.

Kampung Tangguh Nusantara sendiri merupakan program khusus Kapolri dan Panglima TNI dalam rangka penanganan COVID-19 di bidang kesehatan, keamanan dan sosial ekonomi.

Rombongan juga berkeliling meninjau pos pengolahan sampah plastik memanfaatkan limbah plastik yang diolah menjadi meja dan meubel lain. Selain itu juga melihat pemanfaatan lahan kosong PKK Padukuhan Karang yang ditanami tanaman obat-obatan, dan kegiatan mengajar organisasi remaja atau Oremka. Dilanjutkan dengan meninjau ternak lele, seni karawitan, posyandu, jual jamu, donat, angkringan, jamur, outbond Ledok karang, taman lesung, kegiatan senam lansia, pelepasan bibit ikan lele dan nila serta pembuatan layangan.

 

Oremka turut menyisipkan nilai-nilai kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker. Bupati juga menyatakan dukungannya terhadap program yang sudah dijalankan Padukuhan Karang, dan berharap warga Karang senantiasa menjaga kondisi alam agar tetap asri. (nch)

Leave A Reply

Your email address will not be published.