Berita Nasional Terpercaya

Marketing Digital Mutlak Dimanfaatkan Para Pelaku UMKM

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Lokasi yang pasti sebuah usaha sangat penting untuk mempermudah konsumen menemukan barang atau jasa yang dicari. Untuk itu, pemanfaatan aplikasi pemetaan Google Maps sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha karena banyak dipakai orang.

Betti Yuniasih, SSi, MSc., Dosen Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis Instiper Yogyakarta ini tak memungkiri pentingnya suatu usaha bisa muncul diaplikasi pemetaan seperti Google Map sehingga mudah dicari oleh konsumen. Hal itu diungkapkan dalam Pelatihan Kewirausahaan dan Digital Marketing bagi UMKM di Kecamatan Imogiri, Bantul yang diikuti 100 orang pelaku UMKM. 

?Lokasi tempat usaha sebisa mungkin muncul di Google Map, karena saat ini orang jika mencari informasi kebanyakan akan mencari melalui Google. Lokasi koordinat itu bersifat spesifik dan akurat sehingga mengurangi potensi salah alamat meskipun tempat usaha kita berdekatan dengan tempat usaha orang lain,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/11/2020).

Selain itu, ia juga menyarankan pelaku usaha pintar-pintar memilih media pemesanan online yang disesuaikan dengan target market dari produk yang dimiliki oleh UMKM. “Tidak semua marketplace cocok untuk setiap jenis produk. Oleh karena itu setiap pelaku UMKM harus mengenali target market dari produk atau jasa yang dijualnya,” ucapnya.

“Bisa jadi pemasaran melalui Instagram untuk sebagian orang lebih bagus daripada Facebook karena target marketnya anak muda, atau sebaliknya ada yang lebih bagus penjualannya melalui Facebook karena target marketnya orang tua yang lebih sering menggunakan Facebook,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut Betti, juga telah tersedia berbagai macam online marketplace yang bisa diakses oleh pelaku UMKM seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lainnya. Untuk itu, dalam pelatihan UMKM, ia mengajarkan pelatihan membuat konten untuk pemasaran digital dengan praktek memfoto produk.

?Pada pemasaran digital, konten menjadi hal yang sangat penting untuk dipersiapkan oleh pelaku UMKM. Konten yang bagus baik itu foto, video, maupun caption keterangan dari produk akan sangat menentukan untuk konsumen membeli produk tersebut. Sehingga setiap pelaku UMKM harus mempersiapkan konten dengan sebaik-baiknya dan tidak boleh asal-asalan,” bebernya.

Selain itu pada pelatihan tersebut juga dilakukan praktek untuk membuat akun Google Bisnisku sehingga lokasi usaha dapat muncul di Google Map dan pelaku usaha dapat mengelola websitenya masing-masing. “Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa penjualan produk maupun jasa yang dilakukan secara digital telah meningkatkan omzet berkali-kali lipat dibandingkan saat masih melakukan pemasaran secara konvensional. Namun tidak semua pemilik usaha telah paham akan manfaat dan cara melakukan digital marketing,” bebernya.

Camat Imogiri, Sri Kayatun, mengapresiasi pelatihan yang menjadi wujud pengabdian akademisi kepada masyarakat tersebut karena bisa meningkatkan motivasi belajar digital marketing. “Sudah saatnya setiap UMKM go digital. Handphone yang biasanya cuma buat mengirim pesan atau telepon, kini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pemasaran secara online,” tutupnya. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.